Friday, April 6, 2018

Kartu Debit : Pengertian, Penggunaan Dan Cara Mengamankan

Kartu Debit : Pengertian, Penggunaan Dan Cara Mengamankan




Kartu Debit : Pengertian, Penggunaan Dan Cara Mengamankan - JOKAM INFORMATIKA

Tahukah sobat Jokam Informatika tentang Kartu Debit ? Bagi sobat yang ingin memperoleh kemudahan dalam bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai tentu sangat menguntungkan karena akan sangat merepotkan tentunya apabila anda harus membayar dalam jumlah yang besar, akan dibutuhkan koper atau kantung dompet yang tebal agar pembayaran anda dapat tertampung. Namun dengan adanya kartu debit tersebut dapat membentuk uang anda menjadi saldo yang akan anda gunakan sebagai alat pembayaran yang sah meski tidak nampak uang secara fisik.

Bagi anda yang tidak mengetahui atau pengguna yang baru maka anda sangat tepat berada disini, ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum menjalani atau melakukan transaksi-transaksi menggunakan Kartu Debit agar anda tidak salah dalam penggunaanya.


Apa Itu Kartu Debit ?


Kartu Debit adalah sebuah sistem pembayaran elektronik yang berupa saldo pada saat bertransaksi, kartu debit sendiri banyak diterbitkan oleh bank di indonesia. Uang tunai yang ada didalamnya berupa saldo dari uang anda maka anda bebas menggunakannya untuk bertransaksi apa saja yang berbasis elektronik. Kartu debit sudah sah untuk digunakan di indonesia sehingga anda tidak akan mendapatkan perlawanan untuk mencegah anda menggunakannya sesuai wewenang anda secara baik dengan syarat tidak melanggar peraturan yang dikeluarkan oleh bank.

Selain itu anda juga bebas mengisi ulang saldo anda kepada cabang bank agar saldo anda terisi ulang, apabila anda menghendaki untuk mencairkannya maka anda dapat mengambil saldo anda dengan cara tarik tunai kepada Mesin ATM sesuai bank yang anda gunakan atau berlogo khusus yang mendukung kartu anda.

Setiap transaksi anda pastinya akan diberikan bukti pembayaran secara sah yaitu struk pembayaran apabila anda menggunakan secara nyata dan anda tetap mendapatkan bukti pembayaran apabila anda menggunakan dengan cara E-banking.


Cara Penggunaan Kartu Debit


Kartu Debit pada awal pembuatannya biasanya anda akan mendapatkan digit keamanan atau PIN untuk proses keamanan dalam penggunaan Kartu Debit anda nantinya, harap diganti sesuai keinginana anda yang mudah anda ingat akan tetapi tidak mudah diingat orang lain.

Untuk penggunaan transaksi nyata maka anda dapat menggesekan pada Mesin EDC di outlet atau tempat pembayaran pembelian yang anda lakukan pada saat itu, harap tutupi pin dari petugas untuk keamanan dan harap simpan struk dari petugas apabila pembayaran telah usai.

Untuk transaksi secara online anda bisa menggunakan akun elektronik banking anda melalui SMS dan Internet, anda juga tetap mendapatkan bukti yang tersimpan yang dapat di print out atau tidak untuk bukti pembayaran anda.

Untuk transaksi tarik tunai maka anda dapat melakukannya pada mesin ATM yang biasanya tersedia di pinggir jalan, namun keamanan harus tetap anda perhatikan agar anda dapat terhindar dari pencurian data atau uang beserta saldo anda sesaat atau sesudah penggunaan kartu anda. jangan lupa untuk menutupi bagian hitam kartu dan juga pada saat menginputkan PIN (Personal Identification Number) dengan cara menutupinya.


Menjaga Keamanan Kartu Debit


Pengguna adalah salah satu orang yang paling bertanggung jawab didalam menjaga atau penggunaan saldo didalam Kartu Debit. bank dibebaskan dari segala tuntutan apabila anda menyalahgunakan atau menghilangkan aset anda secara sengaja. akan tetapi pihak bank tetap bertanggung jawab apabila terjadi kebocoran data sehingga anda kehilangan saldo separuh atau keseluruhan saldo yang anda miliki.

Berikut ini adalah beberapa keadaan yang dapat anda lakukan apabila anda mengalaminya :
  1. Anda harus mengajukan pemblokiran kartu apabila anda telah mengalami kehilangan kartu.
  2. Tutupi bagian CVV dan juga bagian hitam kartu untuk menghindari Skimming card pada mesin yang sudah dipasangi sebelumnya oleh orang yang jahat.
  3. Pastikan bubuhan tanda tangan anda mirip dengan kartu dan memiliki kartu identitas pendukung seperti KTP, SIM dan passport.
  4. Simpan bukti pembayaran 3 bulan kedepan.
  5. Harap cek saldo yang ada didalam akun anda melalui internet banking atau SMS banking.
  6. Simpan dengan baik buku tabungan maupun kartu ATM anda.



Anda harus tetap melindungi identitas dan juga informasi yang anda miliki agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan oleh anda sehingga menyebabkan anda mengalami kerugian.


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Kartu Debit : Pengertian, Penggunaan Dan Cara Mengamankan.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui atau ingin lebih mudah bertransaksi dalam pembayarannya.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • kartu debit bank mega
  • kartu debit bca visa
  • kartu debit bca platinum
  • debit card bca
  • debit card number
  • debit card no
  • debit card cvv
  • debit card and credit card definition
  • debit card account number
  • debit card billing address
  • debit card cvv code
  • debit card cvv number
  • debit card cimb
  • debit card declined
  • debit card declined for no reason
  • debit card define
  • debit card design chase
  • debit card deutsch




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments