Tuesday, April 24, 2018

Mengenal Apa Itu Teknologi ART(Android Runtime) Pada Android

Mengenal Apa Itu Teknologi ART(Android Runtime) Pada Android




Mengenal Apa Itu Teknologi ART(Android Runtime) Pada Android - JOKAM INFORMATIKA

Tahukah sobat Jokam Informatika tentang teknologi yang digagas oleh google tentang kinerja Android ? Teknologi ini dinamakan ART(Android Runtime).

Pada sebuah acara Google I/O (25 Juni 2014), google merancang sebuah metode android terbaru. yang mana ART Android Runtime digadang diterapkan pada setiap komponen agar perangkat dapat lebih cepat menjalankan berbagai aplikasi. Sehingga hal ini menggeser keberadaan Dalvik Virtual Machine (DVM) yang mana metode itu diterapkan pada seluler android, dan kini tergeser tengan teknologi ART Android Runtime.

ART - adalah singkatan dari Android Runtime, Keunggulan dari teknologi ART Android Runtime adalah kinerjanya yang menggunakan metode AOT (Ahead Of Time) yakni melakukan kompilasi kode dan data aplikasi sebelum aplikasi dijalankan kemudian mengubahnya menjadi nativa aplikasi di Android. Dengan adanya metode ini maka seluler Android tidak usah memerlukan bantuan dari mesin virtual untuk menerjemahkan kode pemrograman pada aplikasi sehingga hal ini akan mempersingkan kinerja Seluler didalam melakukan startup Aplikasi.

Sedangkan apabila seluler masih menggunakan metide Dalvik maka seluler akan terasa sangat berat saat sedang mengoperasikan sebuah Aplikasi, karena metode Dalvik menggunakan JIT(Just In Time) yang selalu mengompilasi ulang data aplikasi setiap akan dijalankan, ini memakan tak sedikit waktu dan hal ini menjadikan performa handphone android anda terasa sangat buruk.

Pada performa grafik bahwa ART lebih unggul 2 s/d 4 kali lipat daripada menggunakan Dalvik, selain itu ART juga dapat mendukung seluler berteknologikan ARM, x86, MIPS dan berbagai teknologi 64bit. Selain itu piihak google menyatakan tidak ada perlakuan khusus dari segi pemrograman aplikasi android agar dapat berjalan di metode seluler ART, karena ART juga mendukung bahasa standard Java.

Akan tatapi kelemahan teknologi ART Android Runtime adalah apabila paket aplikasi diinstall maka akan menambah ukuran berkas dengan pembengkakan sekitar 10 s/d 15 persen dari ukuran aseli. hal ini karena diperlukan pendukung agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Berbeda dengan dalvik yang sangat cepat dalam installasi dan paket yang terinstall juga sesuai dengan ukuran berkas aplikasi.

Kembali dengan keuntungan ART Android Runtime yang meningkatkan kinerja jalannya aplikasi maka pembengkakan ukuran berkas mungkin tidak cukup bermasalah bagi anda, karena ART menjadikan seluler anda lebih memiliki performa baik, lebih responsif serta hemat baterai tentunya ketimbang masih menggunakan Dalvik.

Perangkat yang sudah mulai menggunakan metode ini dipasaran adalah dengan jenis Operating System mulai dari Kitkat keatas yakni (Kitkat, Lollipop, Marsmellow, Nougat keatas).


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Mengenal Apa Itu Teknologi ART(Android Runtime) Pada Android.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang ART Android Runtime.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • android runtime blackberry
  • android runtime for chrome




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments