Friday, April 20, 2018

Modem : Pengertian, Cara Kerja Dan Keunggulan

Modem : Pengertian, Cara Kerja Dan Keunggulan




Modem : Pengertian, Cara Kerja Dan Keunggulan - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika yang memiliki laptop atau komputer dirumah pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya Modem. Ya, ini adalah sebuah hardware yang dapat dijadikan sebagai media data yang ada didalam SIM card kita. Memang pada umumnya hampir semua Seluler android sudah dapat atau bisa digunakan sebagai media Modem, karena terdapat fitur modem pada handphone. Akan tetapi kita juga tidak dapat melupakan bahwa modem adalah perangkat yang murah dan fokus untuk kinerjanya sebagai media data daripada handphone yang umumnya tidak memiliki kecepatan secepat modem.


Karena hanya dengan budget 400 ribu anda sudah dapat mendapatkan modem dengan kecepatan tinggi, sedangkan handphone 400 ribu belum tentu memiliki sinyal yang baik untuk memproses data yang ada pada SIM Card anda. Namun, untuk kelengkapan sudah jelas tidak dapat dipungkiri bahwasannya Handphone memang hardware yang multifungsi dan Modem yang fokus hanya data koneksi.

Lalu seperti apakah itu modem dan apa kegunaanya ? 
Apa saja keunggulannya apabila kita menggunakannya ?

Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya,

Modem - adalah singkatan dari Modulator-Demodulator. Modulator adalah proses yang dapat berfungsi untuk menerjemahkan/mentransmisikan data dari digital ke analog, sedangkan Demodulator adalah proses dimana modem dapat menerjemahkan arus data dari analog menjadi digital. Hal ini diperlukan untuk kebutuhan Download dan Upload data.


Kinerja Modem


Pada awalnya Modulator bertugas sebagai pengubah sinyal informasi kepada sinyal pembawa yang dijuluki sebagai "Carrier" kemudian dikirim keluar. Sedangkan Demodulator bertugas sebagai pengurai informasi yang sudah masuk kedalam Modem yang mana didalamnya terdapat pesan dan data.

Modem bekerja pada 2 fungsi sekaligus yakni mengirim dan menerima sinyal yang diproses dalam waktu sesingkat-singkatnya. Dengan cara mengambil data yang ada pada SIM card baik jaringan, info, kuota dan pesan. Kemudian akan di transmisikan kedalam jaringan melalui Modulator dan dibawah oleh sinyal perantara dan diterima oleh server internet, kemudian dibalas oleh server dan masuklah kembali kedalam modem dengan membawa sinyal perantara serta balasan dari server. Setelah diterima oleh modem maka ini adalah tugas dari Demodulator untuk memisah antara data balasan server dengan sinyal perantara sebelum dibaca dan dibawa ke sistem komputer anda.

Semakin majunya zaman maka penggunaan data akan semakin cepat dan komponen Modulator-Demodulator tentunya akan semakin cepat kinerjanya dengan perkembangan teknologi Modem apabila para ilmuan IT mau mengembangkan Modem menjadi lebih canggih, Namun di wilayah indonesia penyebaran jaringan tower internet yang canggih masih sangat minim sekali sehingga modem yang memiliki kecepatan tinggi akan mau tidak mau memanfaatkan jaringan yang ada.


Keunggulan Modem


Modem memiliki keuntungan apabila kita menggunakannya, Berikut ini adalah beberapa Keuntungannya :
  • Kita akan jauh lebih leluasa berinternet tanpa adanya gangguan dari pihak ketiga.
  • Lebih hemat biaya daripada berlangganan bulanan telpon kabel, ISP dan lain sebagainya.
  • Dapat digunakan oleh banyak perangkat hanya dengan menggunakan HUB/Switch.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Modem : Pengertian, Cara Kerja Dan Keunggulan.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Perangkat Modem.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments