Tuesday, April 10, 2018

Monitor : Pengertian, Jenis, Ukuran, Ratio Dan Resolusinya

Monitor : Pengertian, Jenis, Ukuran, Ratio Dan Resolusinya




Monitor : Pengertian, Jenis, Ukuran, Ratio Dan Resolusinya - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika pastinya sudah faham tentang hardware ini, Hardware ini biasanya digunakan pada banyak alat elektronik seperti Televisi dan Komputer. Layar berfungsi sebagai media penampil output video atau grafik kepada layar agar data dapat dibaca oleh user. Pada zaman yang modern ini, sudah banyak sekali layar lebar teknolgi terbaik dan dijual secara murah meriah karena dirasa sangat mudah dalam membuatnya di zaman maju, tak heran harganya sudah sama bersaing murah. Namun, jangan salah sangka meski harganya yang murah belum tentu tidak memiliki kemampuan yang sama dengan lainnya.

Monitor - adalah perangkat paling digemari manusia karena mampu menampilkan data Grafik sehingga manusia dapat melihat dengan nyaman video, data, operasi sistem dan lain sebaginya yang membuat pekerjaan manusia terbantu dan juga menjadi sarana hiburan. Selain itu, sekarang ini sudah banyak monitor yang sudah dilengkapi dengan fitur port HDMI(High-Definition Multimedia Interfaces) yang mana port tersebut dapat digunakan untuk menghubungkan antara Komputer dengan Monitor, sehingga anda dapat mengoperasikan komputer yang memiliki layar kecil kedalam Monitor anda yang lebar. Tentunya akan sangat nyaman apabila anda ingin menonton film di harddisk anda secara lebar di monitor, ini dapat dilakukan di monitor yang terhungun ke komputer melalui HDMI.

Berikut ini merupakan jenis-jenis monitor yang digunakan untuk perangkat elektronik.


Jenis-Jenis Monitor


CRT - adalah jenis tabung pada komputer lawas, jenis ini sudah dipakai karena sudah sangat tua dan belum mampu mengeluarkan berjuta-juta warne sehingga monitor ini tidak memuaskan pengguna.

LCD - adalah singkatan dari Liquid Crystal Display(LCD) ini merupakan jenis layar generasi dari sebelumnya akan tetapi memiliki banyak perubahan yakni dari segi ukuran yang sudah tipis. Layar ini menggunakan Cairan liquid untuk membentuk berbagai warna didalamnya, sehingga tak jarang apabila anda menekan layar monitor jenis ini akan menimbulkan warna pelangi sesaat setelah di tekan layarnya.

Plasma - adalah tipe layar yang menggunakan gas kecil didalamnya dan bekerja mirip lampu untuk menampilkan warnanya, sehingga dapat membuat beragam warna dengan mudah dalam satu waktu, namun layar ini masih sangat mahal dan tidak cocok digunakan oleh komputer.

LED - adalah singkatan dari Light Emitting Display(LED), tipe ini menawarkan kontras yang bik dan mampu memperlihatkan gambar gelap menjadi tidak begitu menggangu dengan adanya kontras yang baik. Monitor jenis ini dahulu memang sangat mahal, akan tetapi sekarang ini sudah berani diusung untuk berbagai teknologi media seperti laptop maupun televisi. Untuk membedakannya apabila ditekal layarnya maka tidak akan menimbulkan warna pelangi maka dapat dipastikan itu adalah layar LED.


Ukuran Monitor


Di pasaran ada banyak sekali ukuran layar yang disediakan mulai dari paling kecil 12 Inchi sampai dengan yang terbesar saat ini 40 Inchi. Namun ini menyesuaikan budget dan kebutuhan anda, selain itu ukuran yang besar tidak menjamin kualitas gambar baik. Untuk mendapatkan hasil yang bagus anda harus meninjau Ratio dan Resolusi.


Rasio Monitor


Adalah kerapatan warna, sehingga hal ini dapat membuat warna lebih bagus dan tajam. Semakin besar maka akan semakin baik, ada berbagai jenis Aspek Ratio monitor yang banyak beredar di pasaran yakni :
  • 4:3
  • 5:4
  • 16:9
  • 19:10


Resolusi Monitor


Adalah jenis ukuran gambar yang dihasilkan, apabila anda seorang gamers pastinya akan menginginkan gambar lebih nyata bukan? semakin besar pixel maka gambar akan semakin nyata. Baik video ataupun game.

Resolusi yang biasa ada dipasaran adalah :
  • 800x600
  • 1024x768
  • 1280x720
  • 1366x768
  • 1400x900
  • 1600x900
  • 1920x1080


Dan akan ada resolusi yang lebih besar seiring berkembangnya zaman.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Monitor : Pengertian, Jenis, Ukuran, Ratio Dan Resolusinya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang perangkat layar monitor.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • lcd andromax r
  • led zeppelin
  • led darah
  • monitoring span
  • monitor check signal cable
  • monitor compare
  • monitor error




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments