Saturday, April 7, 2018

Peripheral Komputer : Fungsi, Jenis dan Contohnya

Peripheral Komputer : Fungsi, Jenis dan Contohnya




Peripheral Komputer : Fungsi, Jenis dan Contohnya - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika pastinya bertanya tentang Perangkat Peripheral Komputer ? Kalau sobat berada disini berarti sobat sudah tepat dan tidak salah tempat. Karena saya akan membahas tentang apa itu yang dinamakan dengan Perangkat Peripheral komputer, dari segi bahasa apabila sobat belum mengenal pastinya sobat harus mempelajari sampai mengerti agar dapat mengetahui arti dari bahasa yang cukup asing di telinga orang awam seperti sobat.

Perangkat Peripheral - Adalah suatu perangkat keras yang berguna sebagai pendukung I/O (Input/Output) pada komputer. Perangkat ini dapat berguna sebagai input atau output tambahan yang tidak dimiliki oleh komputer akan tetapi sangat dibutuhkan apabila anda sedang mengalaminya, data yang diinputkan dan dikeluarkan juga beranekaragam tergantung projek anda.

Perangkat peripheral dapat mendukung kinerja utama dari inti arsitektur komputer namun peripheral tidak termasuk bagian dari inti. Sedangkan inti dari arsitektur komputer adalah Power Suply, CPU dan Motherboard. Sehingga perangkat selain ketiganya itu akan dianggap sebagai peripheral komputer atau perangkat tambahan sebagai pendukung inti arsitektur.

Sedangkan Arsitektur Peripheral utama yang harus dimiliki suatu komputer agar dapat bekerja adalah sebagai berikut :
  • Monitor
  • RAM
  • Harddisk
  • Keyboard
  • Mouse

Meski dikatakan Peripheral, akan tetapi perangkat diatas sangat dibutuhkan sebagai syarat komputer sudah siap beroperasi. Nah, selain Arsitektur Inti dan Peripheral utama itu dikatakan perangkat pendukung atau Peripheral Pendukung.


Jenis Perangkat Peripheral Device


Ada 3 jenis Perangkat Peripheral device yang dapat anda ketahui yakni :

(1). Input Device


Input Device merupakan perangkat pendukung komputer yang berguna untuk memberikan sebuah input data atau perintah tertentu kepada komputer sesuai keinginan user, Perangkat ini banyak digunakan karena dapat membantu para pengguna dan biasanya ditujukan untuk suatu kinerja pekerjaan atau permainan. Perangkat tersebut meliputi :

  • Mouse Dan Joystick

Mouse adalah perangkat masukan utama yang tidak lepas dari tangan kita apabila kita user dari Operasi sistem jenis GUI(Grapically User Interfaces). Perangkat ini disebut Mouse atau bahasa inggris dari tikus karena memang bentuknya yang kecil mungil dan memiliki ekor yakni kabel penghubung dengan komputer.

Perangkat ini berguna memberikan suatu perintah untuk menggerakan cursor pada komputer sesuai kehendak kemana akan bergerak, perintah tersebut dilakukan oleh tangan user dan tombol sebagai pengeksekusinya. Selain itu Mouse sudah dilengkapi dengan scroll yang mana memudahkan user untuk beralih kehalaman bawah atau atas suatu halaman website atau dokumen.

Sedangkan Joystick mirip dengan mouse namun fungsi dari joystick hanya digunakan untuk bermain game, untuk rasa dan peforma bermain game anda akan mendapatkan sebuah sensasi Joystick yang tentunya tak dimiliki oleh mouse.

  • Keyboard

Keyboard merupakan perangkat input yang banyak digunakan para pekerja kantor, programmer, mahasiswa atau penulis sebuah dokumen lainnya. Dengan adanya input ini maka user dapat memasukan sebuah data atau tulisan kepada komputer secara baik, sebenarnya mouse juga dapat mengerjakan demikian dengan menggunakan virtual keyboard pada monitor kemudian mouse menyeleksinya.

Akan tetapi keyboard lebih cepat dalam memasukan data langsung melalui jari kita daripada harus memencet huruf yang ada di layar monitor kita yang tentunya akan memakan banyak waktu, selain itu keyboard dapat memasukan data dengan cepat apabila tangan kita sudah ahli didalam penulisan menggunakan keyboard.

  • Scanner
Scanner adalah perangkat yang jarang digunakan untuk orang umum, perangkat ini biasanya digunakan di kantor untuk memudahkan karyawan atau petugas didalam men-scan dokumen milik orang lain untuk kebutuhan administrasi atau sebagainya.

Perangkat ini mampu merekam lembaran atau suatu dokumen grafik dengan cara memotret data lalu dijadikanlah sebuah foto hasil scan. Hal ini tentu akan sangat memudahkan karyawan daripada harus memotret menggunakan kamera yang tidak menjamin kualitas gambar dan pencahayaan yang ada, terlebih lagi anda harus bekerja di malam hari yang minim akan cahaya meski anda mendapat cahaya lampu akan tetapi tetap saja kalah dengan teknologi scanner yang pastinya lebih bagus dan tajam hasilnya.

  • Webcam
Webcam adalah salah satu input yang digunakan dalam hal multimedia, perangkat ini mampu merekam aktivitas perekaman video yang memiliki kualitas baik daripada kamera depan bawaan komputer atau laptop. Dengan menggunakan webcam maka anda bisa mendapatkan video anda sedang selfie atau anda sedang presentasi didalam sebuah forum.

Akan tetapi perangkat ini disalahgunakan dengan cara membuat video tak senonoh didepan komputer yang banyak dilakukan aktris maupun perempuan biasa didalam mengumbar auratnya. Patut sangat disayangkan penyalahgunaan ini.

  • CD-ROM
CD-ROM Adalah perangkat input yang berguna membaca data khusus pada kepingan disket (CD/DVD). Perangkat ini akan memutarkan kepingan disket untuk membaca data yang ada didalamnya. Perangkat ini dipercaya sebagai pembaca data ketiga setelah USB dan Harddisk.


(2). Output Device


Ketimbang Input, Perangkat output banyak diproduksi oleh pabrik perangkat keras. Hal ini karena kebutuhan pengguna yang sangat banyak tentang perangkat keluaran ini. Berikut ini adalah perangkat keluaran tersebut :

  • Speaker
Speaker adalah perangkat yang banyak sekali digunakan, bahkan sobat pastinya memilikinya. Karena manusia sangat gemar mendengarkan musik maupun bermain game, dengan memiliki output yang bagus biasanya seorang gamers akan merasakan hidupnya game pada permainan.

Perangkat ini juga praktis pada penggunaannya karena hanya perlu menancapkannya kedalam output suara maka perangkat anda sudah dapat digunakan tanpa harus menginstall driver terlebih dahulu. Akan tetapi ada pula yang menggunakan driver.

  • LCD Proyektor
Proyektor ditinjau dari bahasanya pastinya sobat sudah faham bahwa perangkat ini dapat menampilkan suatu video, tayangan atau lain sebagainya mirip dengan tampilan komputer. Maka ketika komputer sedang memutar film maka akan terlihat film di layar proyektor di dinding, apabila presentasi maka akan terlihat pula presentasinya.

Perangakat ini biasanya digunakan oleh seseorang yang harus melakukan presentasi atau sebuah film untuk mengisi suatu acara.

  • Printer
Printer adalah salah satu perangkat yang biasanya digunakan oleh mahasiswa, guru maupun seseorang yang banyak berkutik pada lembaran buku. Perangkat ini mampu mencetak dokumen tulisan atau gambar kedalam kertas sebelum dijadikan sebuah buku.

Namun perangkat ini didalam kinerjanya tidak segampang itu membuat data cetak, karena harus membutuhkan sebuah tinta maupun serbuk untuk memproduksi beberapa warna sesuai dengan data yang ingin dicetak.

  • Access Point
Access Point adalah perangkat yang berguna didalam sebuah jaringan untuk menyebarkan beberapa data yang digunakan untuk device lain agar terhubung kedalam internet, Access Point juga membutuhkan sumber daya layaknya printer membutuhkan tinta atau serbuk, sedangkan Access Point membutuhkan koneksi yang didapat dari penyedia ISP(Internet Service Provider) agar Access Point membuahkan koneksi.


3. Storage Device


Perangkat storage adalah kumpulan perangkat yang difungsikan untuk menyimpan data sistem komputer atau data pengguna, Perangkat Penyimpanan Data meliputi :

  • Harddisk
Harddisk adalah perangkat yang banyak digunakan oleh pengguna, ukurannya yang besar dan harganya yang lebih murah menjadi keuntungan untuk mereka. Selain itu perangkat ini dapat digunakan secara bebas yakni menghapus atau menyimpan dokumen.

Pabrik pembuat perangkat ini sudah membuat sebuah harddisk yang memiliki ukuran minim akan tetapi memiliki kapasitas dan kecepatan akses yang tidak dapat diragukan, perangkat ini cocok bagi anda yang tak tau harus menyimpan data anda yang banyak dan besar dimana.

  • CD/DVD Disket

Disket adalah perangkat instant dan masih digemari banyak masyarakat, perangkat ini dapat digunakan untuk membuka sebuah program hanya dengan memasukannya kedalam CD-ROM. Ketika komputer mulai membaca maka anda dapat langsung memutar secara otomatis tanpa harus mengakses CD/DVD anda.

Selain harganya yang murah, data yang tersimpan didalam DVD tentunya aman dari penghapusan atau virus. Pasalnya perangkat ini sekali dimuat data pertama kali maka akan permanen didalamnya sampai perangkat tersebut benar-benar sudah rusak parah dan tidak bisa digunakan. Namun ada pula yang tidak permanen dan khusus bagi anda yang selalu berganti-ganti data yakni CD/DVD jenis RW(Read Write).

Namun kekurangan lainnya adalah bahwa perangkat ini memiliki ukuran yang lumayan ketimbang dengan ukuran harddisk yang terbilang lebih kecil. Selain itu perangkat CD/DVD memiliki ketebalan yang sangat tipis, apabila terjadi patahan pada badan maupun optic maka data yang tersimpan mau tidak mau harus anda ikhlaskan untuk dibuang.



Sebenarnya masih banyak perangkat diatas yang tidak disebutkan, karena mengingat terbatasnya waktu maka saya hanya mencantumkan beberapa perangkat yang paling banyak digunakan oleh user komputer.
Untuk mendapatkan salah satu atau lebih perangkat diatas maka anda dapat membelinya di toko komputer yang menyediakan perangkat peripheral pendukung komputer.
Dengan adanya perangkat pendukung diatas, kinerja komputer dapat dikatakan lebih lengkap.

Tips : "Perangkat yang anda miliki agar tidak mudah rusak maka, setelah anda gunakan diharapkan untuk menyimpannya dan mencabut konektor dari komputer agar komponen peripheral tersebut dapat beristirahat dengan baik. Hindarkan pula semua komponen Peripheral maupun perangkat utama komputer dari air atau suhu lembab agar terhindar dari kerusakan ataupun konsleting dikarenakan musuh utama komponen elektronik adalah Air".


Baca juga lainnya :



Mungkin itulah yang dapat saya samapaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Peripheral Komputer : Fungsi, Jenis dan Contohnya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui apa itu yang dinamakan dengan Perangkat Peripheral Komputer.
Sekian dan Terimakasih.


Kata kunci terkait :
  • peripheral device definition
  • peripheral device examples
  • bluetooth peripheral device drivers for windows 7
  • bluetooth peripheral device driver for windows 7 32 bit
  • bluetooth peripheral device driver not found
  • bluetooth peripheral device driver for dell
  • Hardware Peripherals




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments