Thursday, April 19, 2018

Switch : Pengertian, Fungsi Dan Jenisnya Lengkap

Switch : Pengertian, Fungsi Dan Jenisnya Lengkap




Switch : Pengertian, Fungsi Dan Jenisnya Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika mungkin sudah mempelajari pada sesi sebelumnya yakni tentang Hub ? Pada sesi ini saya akan membahas tentang Switch. Pada umumnya kedua perangkat tersebut berbeda, akan tetapi banyak yang tidak mengetahui perbedaannya dan menjulukinya sebagai Hub-Switch yang bertindak sebagai penghubung semua komputer.

Lalu apa itu yang disebut dengan Switch ?

Simak artikel berikut ini untuk mengetahuinya,

Switch - adalah perangkat yang difungsikan untuk menghubungkan komputer klient sehingga mereka dapat terhubung satu sama lainnya dan membentuk jaringan yang dapat terhubung. Switch bekerja pada lapisan Data Link dan memiliki kinerja yang hampir mirip dengan Bridge. akan tetapi keunggulan Switch adalah memiliki port untuk pengubung yang banyak daripada bridge.


Fungsi Switch


Switch berfungsi sebagai perangkat yang memanagement arus lalu lintas data dalam satu jaringan yang sama, kemudian mengarahkan paket data komputer kepada tujuan masing-masing port komputer yang dituju. Perangkat ini paling cocok digunakan pada sebuah tempat yang memiliki komputer yang banyak.


Jenis Switch


Ada dua jenis Switch yang biasa digunakan untuk sebuah jaringan yaitu :

  • Manageable Switch
Manageable Switch adalah perangkat yang bisa diatur oleh pengguna atau si pembikin jaringan sesuai kebutuhan jaringan. Sedangkan fungsi yang terkandung didalam Switch jenis Manageable adalah :
  1. Mendukung penyempitan broadcast jaringan
  2. Pengaturan access user list
  3. Keamanan networking terjamin
  4. Dapat mengatur port
  5. Dapat memonitoring traffic network

  • Unmanageable Switch
Yakni Switch yang sudah ditentukan oleh pabrik secara permanen dan tidak dapat disetting atau diatur, sehingga switch model ini bisa langsung dipakai oleh pengguna dalam melakukan installasi sebuah jaringan. sehingga hal ini menyebabkan harga Switch model ini lebih murah ketimbang Manageable, akan tetapi ini menyulitkan kita pabila kita ingin melakukan perbaikan atas masalah yang terjadi. Dan sifatnya yang permanen menjadikan mustahil untuk mengetahui permasalahan bahkan tidak dapat dilakukan pembenahan.


Maka disarankan bagi anda yang banya berkutat di jaringan agar memakai Switch tipe Manageable untuk menghindari kesalahan dalam installasi jaringan yang menyebabkan tidak berjalan komunikasi antar komputer di sebuah jaringan.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Switch : Pengertian, Fungsi Dan Jenisnya Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang apa itu Switch beserta Fungsi Dan Jenisnya.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments