Monday, April 9, 2018

UEFI Dan Legacy BIOS : Pengertian Dan Perbedaannya

UEFI Dan Legacy BIOS : Pengertian Dan Perbedaannya




UEFI Dan Legacy BIOS : Pengertian Dan Perbedaannya - JOKAM INFORMATIKA

Apabila sobat Jokam Informatika pernah menginstall ulang komputer atau laptop pastinya sobat pernah melihat pilihan atau beberapa istilah UEFI maupun Legacy, pada dasarnya keduanya merupakan teknologi yang ada didalam BIOS komputer yang dapat digunakan user didalam memproses kinerja komputer atau laptop miliknya. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang mungkin sobat tidak mengetahuinya sama seperti saya pada waktu dahulu. Biasanya, istilah ini ada saat kita berada pada sistem BIOS.

Untuk itu, saya disini akan menjelaskan kepada anda, dan saya harap penjelasan saya dapat memberikan anda wawasan tentang hal itu. Simak artikel dibawah ini yang membahas tentang UEFI dan Legacy pada BIOS,

Anda ingin melihat BIOS pada komputer atau laptop anda memiliki sistem jenis UEFI atau Legacy ?

Maka, anda diwajibkan untuk masuk pada sistem BIOS dengan cara tertentu, tergantung dari jenis laptop atau komputer yang anda gunakan. Untuk caranya baca cara untuk masuk BIOS dibawah ini, Ini aman untuk dilakukan selagi anda tidak merubah settingan(hanya melihat saja).

Baca selengkapnya disini : Tombol Keyboard Untuk Memasuki BIOS Lengkap

UEFI Dan Legacy - UEFI adalah singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface merupakan standard dari BIOS yang cukup bagus, kinerjanya diperuntukan untuk memberikan kemudahan didalam mengakses sistem. selain itu ada banyak fitur yang diberikan daripada versi sebelumnya. Standard ini dikemukakan mulai tahun 1990-an dengan menyuguhkan standard EFI.

Seiring berkembangnya zaman, UEFI menciptakan model dan fungsi baru dan mulai digunakan pada kebanyakan laptop modern, sehingga pada saat ini banyak sekali laptop yang dijual di pasaran dengan spesifikasi menengah keatas memiliki BIOS berjeniskan UEFI. hal ini terlahir tak lepas dari percobaan sebelumnya dari sistem terendah dahulu sehingga terciptalah trobosan baru dalam hal BIOS sistem.

Perbedaan dari keduanya tentunya sangat berbeda jauh dan UEFI lebih menang ketimbang BIOS Legacy, yakni dalam hal segi Fitur yang banyak, jenis enkripsi komputer, stabilitas I/O, Kode bit jaringan dan kapasitas memory yang digunakan.


Perbedaan UEFI Dan Legacy


Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa keduanya sangat berbeda dan kalau ditinjau dari keunggulan maka UEFI lebih memenangkan segalanya.

UEFI
  • Memiliki banyak fitur.
  • Support teknologi hardware, software dan bahasa pemrograman terbaru(modern).
  • Sudah dapat padu dengan prosessor 64Bit.

Legacy
  • Minim Fitur.
  • Digunakan di komputer yang memiliki prosessor menengah kebawah.
  • Masih menggunakan metode akses 16Bit, sehingga saat digunakan pada sistem OS 64Bit akan sangat menyiksa perangkat keras komputer.


Kelebihan UEFI Daripada Legacy Lengkap


Kelebihan dari UEFI lebih mencolok dan dapat dibedakan oleh user yang paham tentang Teknologi, Berikut ini adalah kelebihan lengkap tentang BIOS memiliki jenis UEFI system :
  1. Cocok digunakan untuk tampilan GUI(Graphically User Interfaces) sehingga komputer akan terkesan lebih canggih dan menarik.
  2. Memiliki komunikasi yang sangat baik dengan firmware dan hardware tanpa melalui boot sector.
  3. Dapat menambahkan program driver pendukung hardware.
  4. Memiliki sistem security yang lebih kuat dalam melindungi system dan pre boot.
  5. Dapat mendukung kapasitas harddisk lebih dari 2 Tera Byte sedangkan pada Legacy bios hanya dapat mendukung harddisk maksimal berukuran 2 Tera Byte.
  6. Proses booting dan sejenisnya terasa lebih, hibernate maupun Shutdown.
  7. Mendukung driver hingga 64 bit, sehingga mampu mengalokasikan memori yang sudah berjalan saat startup hingga 176 milyar Bit(8 GB RAM/7.600.000.000 bit RAM akan terasa cepat).
  8. Support format GPT harddrive yang lebih unggul daripada Legacy BIOS yang hanya menggunakan format MBR.


Banyak bukan kelebihan dari BIOS jenis UEFI ?
Namun bukan berarti BIOS Jenis Legacy tidak berguna, pasalnya sistem LINUX masih menggunakan BIOS jenis Legacy karena mengingat tidak membutuhkan sistem yang unggul juga OS ini dapat berjalan. maka pabrik komputer juga masih menyertakan sistem Legacy dan UEFI pada sistem BIOS pada jenis komputer atau laptop menengah keatas.

Maka, tak jarang LINUX apabila sedang proses Booting akan terasa lama, akan tetapi pada pengoperasiannya bisa saja lebih stabil linux ketimbang GUI tergantung dari ukuran RAM dan OS yang digunakan CLI atau GUI.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan UEFI Dan Legacy BIOS : Pengertian Dan Perbedaannya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui perbedaan BIOS jenis UEFI dengan Legacy.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • uefi bios asus
  • UEFI Legacy
  • Uefi BIOS
  • Legacy BIOS




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments