Tuesday, May 29, 2018

10 Hal Yang Diharamkan Pada Saat Sedang Charging Handphone

10 Hal Yang Diharamkan Pada Saat Sedang Charging Handphone




10 Hal Yang Diharamkan Pada Saat Sedang Charging Handphone - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika pernahkah kalian mengalami baterai kembung ? baterai handphone yang kembung itu disebabkan karena penggunaan maupun pengisian yang salah. Maka hal tersebut akan menyebabkan perubahan fungsi dan kualitas dari baterai, jika hal tersebut sudah menjangkiti baterai handphone kalian maka perubahan fisik kembung tinggal menunggu hari ataupun waktu. Untuk mengantisipasi nya maka sobat memerlukan berbagai tips ataupun trik pada saat menggunakan atau sedang mengisi ulang handphone.

Disini saya labeli " Haram " karena ini adalah pantangan yang nyata apabila sobat tidak menginginkan baterai handphone sobat kembung, oleh karena itu saya ingin berbagi tentang apa saja yang tidak boleh dilakukan pada saat melakukan pengisi ulangan daya baterai handphone.

Apa sajakah yang menjadi faktor baterai mudah low bat atau kembung ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

Baterai - Adalah salah satu yang terpenting dari komponen handphone android, karena dengan adanya baterai daya yang dihasilkan dari listrik dapat tersimpan sehingga pada saat handphone ingin beroperasi maka handphone tinggal menyerap daya baterai yang sudah disimpan sebelumnya. Hal ini menyebabkan handphone dapat digunakan dimanapun dan kapanpun anda berada dengan catatan baterai sudah terisi dan memiliki daya. Bentuk umum dari baterai adalah berbentuk persegi balok melebar dan pipih. Isi dari baterai pada umumnya adalah zat kimia yang mampu menyimpan daya elektron dari listrik, sehingga pada suatu saat pasti baterai akan mengalami kerusakan karena kimianya sudah sering digunakan.

Namun apabila sobat menjaganya dan menggunakannya secara bijak dapat dipastikan usianya akan stabil dan tidak cepat rusak. Berikut ini saya akan memberikan berbagai pengetahuan yang tidak boleh dilakukan pada saat anda melakukan pengisian daya handphone, diantaranya adalah :


1. Menggunakan Charge Palsu



Charger palsu tentunya sangat tidak disarankan oleh pabrik pembuat handphone tersebut, dan pada lembar pedoman pengguna biasanya pabrik akan menekankan pada pengguna supaya menggunakan properti yang original dan mendukung perangkat. Karena hal ini sangat penting untuk mendukung kinerja sehingga tidak menyebabkan kerusakan ataupun kecelakaan pada saat pengoperasian nya. Selain itu apabila anda menggunakan selain charger original maka perangkat handphone anda tidak akan mendapatkan daya yang sesuai oleh aturan pabrik, daya yang akan memasuki handphone biasanya terlalu berlebihan atau mengandung arus daya yang dapat merusak komponen.

Tidak jarang handphone meledak saat sedang dicharging dan sedang beroperasi, salah satu penyebabnya adalah muatan daya yang tidak sesuai dengan aturan baku oleh pabrik. Tentunya ini sangat berbahaya apabila tidak diindahkan oleh pengguna.

2. Menggunakan Fitur Fast Charging



Salah satu hal yang dilarang adalah menggunakan pemercepat fitur pengisi daya, karena dengan menggunakan fitur aplikasi percepat pengisian daya maka daya yang masuk ke dalam handphone akan melebihi rata-rata baik waktu maupun daya yang tidak seperti pada umumnya, hal ini tentunya akan membuat baterai tidak merasa nyaman dengan apa yang masuk ke dalamnya.

Pabrik lebih menyarankan untuk pengisian normal tanpa menggunakan aplikasi aneh-aneh untuk menjaga kestabilannya baterai.

3. Menggunakan Case



Pada saat handphone sedang dalam keadaan di charging, maka handphone akan bekerja untuk memasukkan daya ke dalam baterai. Hal ini bukan berarti tidak mengeluarkan panas, dengan adanya case maka suhu normal tidak keluar pada handphone secara baik.

4. Ditinggal Tidur



Hal ini paling banyak dilakukan para pengguna karena mereka malas untuk menunggu sampai baterai dalam keadaan full, selain itu penggunaan handphone rata-rata paling banyak adalah di malam hari sehingga ketika saat baterai sudah kehabisan daya maka jalan satu satunya adalah dengan diisi ulang. Namun kesalahan umum kebanyakan pengguna membiarkan handphone tetap terisi pada saat sedang tidur. Meskipun baterai sudah memiliki daya yang penuh namun yang namanya pengisian juga tetap masuk, karena hingga sekarang belum ada teknologi yang dapat memutuskan aliran listrik secara nyata pada saat baterai sudah dalam keadaan full.

Nah, apabila ada ya tetap masuk maka ini dapat menyebabkan berkurangnya masa pakai baterai karena terus masuknya daya. Tentu ini akan memicu kerusakan berupa sering low bat dengan cepat dan kembung.

Tips agar hal ini tidak terjadi yakni matikan ponsel anda, kemudian isi ulang di kemudian hari misalkan setelah bangun tidur.

5. Menggunakan Aplikasi Baterai



Tidak menyarankan pengguna untuk menggunakan aplikasi mengisi baterai atau baterai healthy apapun jenisnya. Karena aplikasi tersebut dapat memakan memori, CPU maupun daya. Selain itu aplikasi baterai juga diberikan hak khusus yang tetap berjalan untuk mengontrol baterai saat sedang dilakukan pengisian ulang.

6. Bermain Game


Siapa yang tidak tergiur dengan bermain game, terutama bagi mereka yang tidak puas akan permainan. Akan tetapi kondisi baterai mereka sedang habis atau low, disini mereka akan diuji untuk menahan hasrat mereka untuk berkeinginan bermain game. Karena pasalnya apabila pengguna tetap bermain game pada saat melakukan pengisian ulang hal ini sangatlah negatif dan juga merugikan baterai karena pada satu sisi ia sedang melakukan pengisian ulang namun di sisi lain pengguna tetap mengeluarkan daya yang besar dengan cara bermain game.

Apabila kalian gemar melakukan hal tersebut maka usia baterai tinggal memakan beberapa waktu saja, hal yang paling umum apabila mereka gemar melakukan hal ini adalah low battery karena ketidak mampuan lagi produktivitas penyimpanan baterai.

7. Charging Seadanya Terus-Menerus



Salah satu hal yang cukup sepele namun tidak diketahui dampak oleh pengguna adalah dengan cara mengisi ulang terus-menerus sampai baterai benar-benar full. Maka sebagai contohnya adalah : pada waktu pagi hari dia mengisi ulang dari 20% sampai 40% disconnect charging, 40% di isi ulang sampai 60% pada waktu siang hari lalu disconnect charging lagi, lalu diisi ulang sore hari sampai 80% dan dicabut lagi, pada malam hari diisi sampai full.

Hal diatas tersebut tidak disarankan karena hal tersebut sama saja dengan menyicil daya, apabila kebiasaan ini masih terus dilakukan biasanya dampak yang akan dirasakan adalah seringnya lowbat pada baterai. Karena menyicil arus daya sama saja mengurangi kestabilan pengisian pada baterai.

Pengisian yang disarankan adalah satu isian untuk digunakan sesuai kebutuhan sampai baterai lemah(20% kebawah).

8. Charging Saat Daya Mencukupi



Salah satu tips untuk menghemat baterai adalah tidak mengecil pengisian daya, pengisian daya yang sehat adalah diisi saat baterai sudah melemah yakni antara 20% sampai 8%. Dan dicopot pengisian daya pada saat kondisi baterai sudah memiliki daya sebesard 80% sampai dengan 95%.

Angka di atas merupakan angka ideal yang sehat untuk menjaga baterai tetap awet, dan perlu diingat bahwa dilarang telat mengisi baterai sampai baterai memiliki daya sebesar kurang dari 3% dan pada saat diisi ulang tidak boleh sampai menyentuh 98% ke atas.

9. Menggunakan Power Bank Palsu



Powerbank palsu tentunya memiliki penyimpanan yang tidak sehat daripada jenis original lainnya, salahnya metode penyimpanan maka hal ini dapat membuat input arus daya kedalam handphone juga palsu. Biasanya daya yang palsu akan dirasakan pengguna yakni pada saat digunakan kurang stabil dan cepat melemah baterainya.

10. Ditempatkan Pada Tempat Berbahaya



Salah satu keadaan yang dapat mengganggu jalannya aliran daya yaitu keadaan area pengisian, tempat yang ideal dan baik adalah tempat yang kering sejuk dan nyaman. Adapun tempat yang berbahaya untuk melakukan pengisian ulang yaitu tempat yang mengandung medan magnetik, terlalu bersuhu panas dan juga bersuhu lembab. Dan salah satu tips yang disarankan adalah dengan menggunakan pendingin berupa kipas agar suhu baterai maupun handphone tetap stabil.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan 10 Hal Yang Diharamkan Pada Saat Sedang Charging Handphone.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Hal Dilarang Saat Charger Handphone.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments