Thursday, May 10, 2018

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Zypper Dan Yast

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Zypper Dan Yast




Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Zypper Dan Yast - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika mungkin sangat asing dengan istilah keduanya ? biasanya istilah ini digunakan pada terminal atau shell pada linux yakni Zypper untuk Ubuntu dan Yast untuk OpenSUSE atau Yum untuk Fedora. Kegunaan utamanya yakni untuk installasi, updating dan upgrade.

Seperti apakah itu Zypper Dan Yast ?

Simak artikel dibawah ini,

Zypper - adalah sebuah metode Syntax yang digunakan untuk menginstalasi sebuah paket pada openSUSE, Zypper mulai diperkenalkan pada dunia sejak versi OpenSUSE ke-10.2, dan terus dikembangkan sehingga menjadi pilihan alternatif pengguna dari operating system tersebut untuk installasi paket mereka. Kinerjanya yang berguna untuk installasi sebuah paket installer maka zypper dapat didefinisikan kinerjanya mirip dengan apt-get pada debian dan yum pada Fedora.

Untuk melakukannya anda diwajibkan sedang berada di terminal shell konsole dan memiliki hak root agar installasi dapat berjalan dengan baik. Anda juga dapat mengetahui perintahnya dengan cara Zypper help yang menggunakan Syntax : "Zypper -h" untuk mengetahui perintah apa saja yang didukung oleh Zypper.

Berikut ini merupakan jenis penggolongan perintah yang dipakai Zypper adalah :

  • Manajemen Repositori
Melakukan penanganan repository, seperti: refresh, reposit, addreposit, removereposit, modifyreposit, namereposit.

  • Manajemen Paket
Melakukan penanganan paket aplikasi seperti install, hapus, dan update.

  • Query Paket
Untuk pencarian seperti: search, info, what-provides, list-updates, patch-check, patches, packages, paerns, products.

  • Locking
Untuk melakukan penguncian aplikasi seperti: locks, addlock, removelock.

  • Utility
Tambahan perintah seperti: verify, install-new-recomends, help.

Selain Zypper, ada juga perintah lain yang digunakan pada sistem operasi lain yakni Yast digunakan pada OpenSUSE yang berguna untuk hal yang sama yaitu untuk updating, upgrade dll.


Yast - Memiliki kepanjangan dari Yet Another Setup Tools, metode ini berguna untuk mengonfigurasi seperti mengelola sekaligus memperbarui(upgrade) tools dan package didalam OS. Soerang pengembang Yast bernama Michael Andreas mengembangkan program yast menggunakan bahasa C++ pada tahun 1995, Kini Yast sudah freeware dengan Lisensi GPL. Kelebihan Yast jug dapat digunakan pada OS lain untuk menunjang kebutuhan pembuatan network server, konfigurasi perangkat dan software.

Yast memang tidak dapat dipisahkan dari Operating System OpenSUSE dan menjadi keunggulan maupun daya tarik tersendiri, karena memiliki installer yang baik dan cukup lengkap didalamnya. Ini merupakan keunggulan yang tidak didapatkan pada jenis Distro lain tentunya. Sehingga hal ini membuat seseorang yang belajar Linux akan cepat memahami karena adanya fitur ini. Dalam analoginya Yast kinerjanya seperti Control Panel pada Windows, yang gunanya untuk memanagement kesemua sistem. Keren bukan ?

Kemudahan yang dapat diperoleh user saat menggunakan Yast adalah tampilannya yang menarin dan GUI, untuk installasi pake juga anda disuguhkan berbagai jenis paket. Anda akan terbantu apabila anda lupa dengan nama jenis paket anda, dengan daftar yang cukup banyak maka anda bisa mencari paket yang sudah anda lupakan namanya tersebut sampai ketemu.


Nah, kedua penjelasan sudah saya sampaikan semoga anda dapat mengerti perbedaanya secara menyeluruh.

Sedangkan perbedaan paling simple adalah bahwa Yast adalah jenis installer program secara GUI(Graphical User Interfaces), sedangkan Zypper adalah jenis installer program secara Command Line Interfaces(CLI).
Kalau masalah kelengkapan mungkin pendapat saya lebih lengkap Yast dengan adanya saran list program.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Zypper Dan Yast.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang perbedaan Yast dengan Zypper.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments