Sunday, May 20, 2018

Apa Yang Dimaksud Dengan Transmission Control Protocol/Internet Protocol(TPC/IP)

Apa Yang Dimaksud Dengan Transmission Control Protocol/Internet Protocol(TPC/IP)




Apa Yang Dimaksud Dengan Transmission Control Protocol/Internet Protocol(TPC/IP) - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika tahukah kalian dengan salah satu transmisi jaringan yang cukup populer ini yang bernama TCP/IP ? Transmission ini paling populer di banyak kalangan pengguna IT, namun kebanyakan dari mereka meski mengetahuinya akan tetapi kebanyakan tidak mengetahui fungsi, kegunaan, pengertian dan lain sebagainya yang meliputi tentang transmisi tersebut.

Unsur apa sajakah yang dimiliki oleh TPC/IP ?

Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya,

TCP/IP - Memiliki kepanjangan yakni Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Metode transmisi ini banyak digunakan oleh komunitas internet dalam hal proses tukar menukar data sehingga hal ini dijadikan sebagai standard komunikasi data. Metode ini bekerja secara bergotong-royong dengan transmisi komputer lain untuk keperluan tukar data, dikarenakan transmisi terdiri dari kumpulan protokol kecil atau dikenal dengan istilah protocol suite. Sebelum proses pertukaran data dilakukan biasanya transmisi ini sudah diimplementasikan pada sebuah perangkat lunak atau software di dalam sebuah operasi sistem.

Protocol TCP/IP awal mulanya dikembangkan pada akhir tahun 1970 hingga 1980-an, dan dijadikan sebagai komunikasi standart protokol untuk menghubungkan antara komputer dengan komputer yang lain secara jaringan luas. Protokol ini bekerja sendiri di dalam sebuah komputer terhadap mekanisme transport jaringan fisik komputer, maka protokol ini siap digunakan secara real time. Keunikan dari protokol ini adalah bahwa dirinya memanfaatkan teknologi IP(Internet Protocol) untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dan juga protokol ini bersifat pro table yang berarti cocok untuk digunakan sebagai penghubung sistem operasi yang satu dengan yang lainnya (Misalkan : Windows, Linux, Mac Apple dll). Tentunya hal ini adalah manfaat yang baik karena dapat menghubungkan pengguna satu dengan yang lainnya sehingga bisa berkomunikasi dengan baik.


Fungsi TCP/IP


Tak hanya sebagai standar komunikasi data dan juga penghubung berbagai komputer yang memiliki sistem operasi yang berbeda, namun ternyata protokol ini juga dapat membantu kinerja manusia melakukan hal-hal berikut ini yang notabene sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia :

  • Transfer File Berkas
File Transfer Protocol(FTP) berguna untuk kebutuhan kirim mengirim gambar kepada berbagai komputer, Port yang digunakan pada protokol ini adalah " 21 ". Cara kerja protokol ini membangun komunikasi dengan menggunakan username dan juga password agar komputer(FTP Client) dapat terhubung dengan FTP server, akan tetapi ada pula metode yang tanpa menggunakan password dan memakai username Anonymous. Akan tetapi fitur itu tidak disarankan bagi anda yang memiliki file server yang cukup besar atau penting.

  • Remote Login
Terminal Network Protocol(Telnet) adalah salah satu metode untuk mengontrol sebuah server ataupun komputer lain menggunakan jaringan tanpa harus mengendalikan secara fisik pada komputer, metode yang digunakan menggunakan jaringan online maka hal ini dapat dilakukan oleh anda pada sembarang tempat bahkan sampai berbagai belahan dunia anda juga dapat mengontrol komputer anda di rumah atau kantor melalui jaringan. Hal ini tentunya sangat memudahkan manusia supaya tidak ribet untuk datang ke komputer yang dimaksud.

  • Mailler
POP3 adalah protokol yang digunakan untuk kirim mengirim surat secara online, protokol ini sudah dikembangkan menjadi versi ketiga. Selain itu protokol ini juga dapat menampung berbagai jenis bahasa maupun input teks di berbagai banyak bahasa, dan pada surat elektronik juga dibekali fitur untuk menambahkan informasi berupa gambar ataupun video pada letter atau surat.

  • Network File System
Adalah sebuah pelayanan yang dapat digunakan untuk mengakses berkas atau dokumen dari jarak yang cukup jauh di komputer atau server, sehingga hal ini seolah-olah menjadikan dokumen tersebut sudah tersimpan secara lokal pada disk anda.

  • Remote Execute
Memungkinkan pengguna untuk menjalankan suatu program atau aplikasi di dalam komputer tanpa harus menggunakan fisik komputer tersebut. Hal ini dapat dilakukan menggunakan program tertentu yang mendukung untuk anda dalam hal menjalankan berbagai program di komputer, program tertentu biasanya digunakan untuk meremote komputer lain misalnya Team Viewer.

  • Name Server
Metode ini digunakan sebagai bekal identitas diri sebelum terhubung pada komputer lain, pada komunikasi data biasanya komputer mengakses Hostname atau name server komputer local milik kita yang berfungsi untuk mengenali perangkat. Pada sistem operasi linux, name server ini digunakan untuk dijadikan server atau Host Website dengan tata website yang ada di dalam penyimpanan komputer tersebut. Sehingga apabila komputer lain meminta sebuah identitas name server maka, komputer tersebut akan diarahkan pada data website yang sudah tersimpan pada komputer layaknya kita mengunjungi sebuah website yang ada di dalam sebuah server internet.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Apa Yang Dimaksud Dengan Transmission Control Protocol/Internet Protocol(TPC/IP).
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang TCP/IP.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • TCP UDP
  • TCP and UDP
  • TCP IP Utils
  • tcpiputils




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments