Thursday, May 3, 2018

Berbagai Macam Jenis Sistem Operasi Linux

Berbagai Macam Jenis Sistem Operasi Linux




Berbagai Macam Jenis Sistem Operasi Linux - JOKAM INFORMATIKA

Bagi sobat Jokam Informatika yang gemar sekali dengan perintah dasar atau manual teks pasti tidak asing dengan yang namanya istilah Linux, Namun bagi sobat yang tidak ahli dalam OS ini biasanya akan mengalami kesulitan bahkan sampai gagal pengoperasiannya. Karena OS ini hanya digunakan bagi mereka yang menyukai hal yang berbau kebebasan menggunakan dan juga keamanan, selain itu diantara mereka yang sudah ahli sekali bahkan mampu menciptakan sistem operasi versi mereka.

Hal ini membuat banyak versi yang tercipta oleh para pengguna Linux, namun disini saya akan membahas hanya tentang Sistem Operasi yang banyak digunakan oleh banyak orang saja. Meski saya menyadari pastinya informasi yang saya sampaikan lebih sedikit dari kenyataan yang ada tentang versi-versi Linux yang notabene banyak diantaranya yang belum terkenal atau hanya digunakan pada perusahaan atau universitas tertentu saja.

Okelah langsung saja saya bahas macam-macam versi OS linux,

Linux - adalah salah satu jenis sistem operasi yang menawarkan kebebasan untuk digunakan banyak orang, selain itu Linux juga membebaskan banyak orang mengedit atau menambahkan fitur menarik kepada sistem operasi kembangannya secara bebas. Maka terciptalah berbagai versi linux, tentunya ini digunakan untuk kepentingan masing-masing pengguna yakni Debian sebagai jaringan, Opensuse sebagai server, backtrack sebagai pentester dan lain sebagainya. Dengan adanya banyak versi sistem operasi linux ini tentunya akan menghindakan pengguna dari pencurian data dengan keamanan yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang pada umumnya.

Berikut ini adalah Macam-Macam Versi (Jenis) Sistem Operasi Linux :

Red Hat Linux


RedHat adalah salah satu sistem operasi linux yang tergolong sangat tua, OS ini menawarkan banyak kemudahan penggunaan dan juga model tampilan yang dapat user sesuaikan dengan keinginannya. Versi terbaru dari RedHat Linux adalah versi yang ke 9.0 yang merupakan versi stable dengan peningkatan sistem keamanan yang cukup tinggi dan dengan dilengkapi mode desktop KDE 3.1, GIMP 1.2.3, OpenOffice, Media player dan lain sebagainya.

Kemudahan yang ditawarkan sistem operasi ini hampir setara dengan kemudahan yang ada di sistem operasi Windows. Kemudahan tersebut diantaranya adalah kebebasan menginstall berbagai macam program software, konfigurasi sistem maupun hardisk serta penggunaannya yang mudah menjadikan daya tarik tersendiri untuk sistem operasi ini.

Debian Linux

Debian merupakan tergolong jenis sistem operasi yang sudah tua juga, banyak dari jenis kembangan sistem operasi lainnya yang mengambil source dari sistem operasi ini. Karena sistem operasi ini mudah untuk di tutup beberapa kekurangan karena tidak terlalu rumit, serta dapat dihubungkan kedalam jaringan sehingga dapat melakukan perbaikan sistem operasi melalui media internet. Selain itu sistem operasi ini cukup nyaman untuk digunakan meski terbilang sederhana dan ringan namun anda dapat menggunakan untuk banyak keperluan seperti membuat server, membuat sebuah jaringan, melakukan sebuah metode dan masih banyak yang lainnya.

Sistem operasi ini paling cocok digunakan bagi mereka yang ingin mengenal sistem operasi Linux, biasanya pengguna dasar akan menggunakan sistem ini dan mempelajari banyak sekali metode untuk menjalankannya. Berbeda dengan sistem operasi Linux lainnya yang sudah memiliki banyak fitur dan kita hanya perlu menjalankan programnya. Namun tidak dengan Debian, debian khusus bagi yang ingin kebebasan penggunaan karena debiah tidak terlalu memiliki banyak program ketika OS ini diinstall (Debian Ori dari website resminya).

OpenSuSe Linux


Opensuse juga merupakan salah satu sistem operasi linux yang terbilang cukup lengkap memiliki pustaka didalamnya. Anda pun juga dapat mencari program yang dimaksud untuk diseleksi dan mendownloadnya untuk installasinya, pada saat installasi anda dapat menggunakan metode manual atau menggunakan menu " Yast ". Namun untuk mengonfigurasi haruslah membutuhkan keahlian khusus, karena hal ini berbeda dengan kebanyakan sistem operasi lainnya atau istilahnya perintahnya agak berbeda dan unik. Maka apabila apa yang anda perintahkan kurang tepat dengan peraturan didalamnya maka dapat dipastikan pengaturan atau installasi program menjadi tidak sesuai.

Akan tetapi dengan keunikan dan juga kesulitannya tersebut, dapat dipastikan untuk menembus keamanannya pastinya lebih sulit daripada sistem operasi linux lainnya yang mudah penggunannya. Hal ini bukan berarti OpenSuSe tidak dapat digunakan, hanya saja perlu perintah yang cocok dan rumit.

Mandrake Linux

Salah satu sistem operasi ini dipelopori oleh pendahulunya yakni RedHat, dengan pengembangan dan sistem konfigurasi yang sangat bersahabat tersebut membuat Operasi Sistem ini memudahkan pengguna pemula didalam menggunaanya. Installasinya juga mendukung berbagai bahasa yang cukup membantu anda, pada versi lamanya OS ini menggunakan istilah nama untuk paket Mandrake namun untuk versi yang sudah dikembangkan ini sudah mengalami perubahan nama versi menjadi Mandrave atau Manriva.

Xandros Linux


Adalah sebuah distro linux yang memiliki sistem interface KDE sehingga tampilannya seperti GUI yakni Microsoft Windows, sehingga apabila pengguna menggunakannya akan terasa nyaman dan dimudahkan dengan adanya interface tersebut. Sampai sekarang ini versi Xandros sudah mencapai ke versi yang ke-4.

Ubuntu Linux

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "Rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Versi terbaru adalah 8.10, dengan beberapa kelebihan yaitu : Settingan Network Manager lebih mudah, dapat membuat Startup Disk di USB Flashdisk, Unmount media lebih mudah, versi desktop Gnome 2.24.1.

Fedora

Adalah salah satu distro linux yang dikembangkan oleh Fedora Project dan didukung oleh RedHat. Keunggulan sistem operasi ini adalah desktop GNOME 2.24.1, KDE 4.1.2, OpenOffice 3.0, Firefox 3.0.4, Linux 2.6.27.5, X.org-X-Server 1.5.3, Glibc 2.9 dan RPM 4.6. Banyak fitur baru seperti versi 'Glitch-Free' untuk PulseAudio, sistem Security, Audit dan Intrusion-Detection Sectool, PackageKit-Framework, software konfigurasi printer dengan fitur baru dan dukungan untuk Adhoc-Network/Connection Sharing melengkapi NetworkManager.

Sampai sekarang versi Fedora sudah mencapai versi ke-10.

Free BSD

Adalah sebuah sistem operasi komputer yang berbasiskan BSD-Lite2, salah satu versi UNIX yang dikembangkan oleh Universitas Barkeley di California. Salah satu bagian yang terpenting dari sistem operasi Free BSD adalah memiliki banyak port yaitu memiliki 8.640 buah port yang banyak digunakan oleh user. Sistem operasi ini mendukung tinggi kinerja networking TCP dan IP, sehingga kekuatan dari jaringan tentunya diutamakan. Maka apabila anda berkutik didalam jaringan, OS ini sangat cocok bagi anda.

CentOS

CentOS memiliki kepanjangan dari Community ENTerprise Operating System, OS jenis ini berbasis paket RPM. OS ini adalah pecahan dari Red Hat, namun OS ini berusaha menyesuaikan seperti pendahulunya.

Kekurangan dari sistem operasi ini masih belum bisa membaca ReiserFS dan NTFS.

Linux Mint

Ini merupakan sistem operasi berbasis linux yang memiliki sistem inti seperti Ubuntu. Sehingga apapun aplikasi yang dapat berjalan di Linux Ubuntu pastinya dapat berjalan didalam operasi sistem ini pula. Sistem ini mendukung bahasa pemrograman Java karena sudah terintegrasi dengan Java Runtime. Sistem operasi ini memiliki keunggulan yakni tampilan desktop yang simpel sehingga mudah untuk dipelajari.

BlankOn Linux


BlankOn Linux merupakan salah satu distro Linux yang dikembangkan oleh para pemuda dan pengguna linux di Indonesia, Sistem ini tercipta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat indonesia yang gemar sekali menggunakan Linux umum. Maka dengan adanya OS khusus buatan anak bangsa maka diharapkan dapat digunakan, dimanfaatkan dan terus dikembangkan agar dapat menjadi Sistem Operasi yang besar. Inti dari sistem operasi ini adalah Ubuntu.

Sistem operasi ini bisanya digunakan di bidang pendidikan, perkantoran dan juga pemerintahan.


Itulah beberapa Sistem Operasi Linux yang ada didunia sampai di indonesia, dan mungkin ada ratusan hingga ribuan jenis OS yang ada didunia yang belum saya sebutkan karena terbatasnya waktu penulisan. Untuk sistem operasi di indonesia dalam hal distro linux saat ini adalah : Igos, gNewSense, AdiOS, Agnula, AntiX, Arabian Linux, Arudius, Austrumi, Belenix, Berry Linux, BESTIX dan masih banyak lagi yg lain seiring berjalannya waktu dan para pengembang.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Berbagai Macam Jenis Sistem Operasi Linux.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Macam-macam system operasi linux.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • linux distro
  • linux basic
  • linux command
  • linux container
  • linux deploy
  • linux distribution
  • linux equalizer
  • linux error codes



PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments