Wednesday, May 9, 2018

Cara Mengatasi Semi HTTPS (Unsecured) Pada Blogger Atau Website

Cara Mengatasi Semi HTTPS (Unsecured) Pada Blogger Atau Website




Cara Mengatasi Semi HTTPS (Unsecured) Pada Blogger Atau Website - JOKAM INFORMATIKA

Bagi sobat Jokam Informatika yang memiliki sebuah website yang besar, sebuah kepercayaan pengunjung merupakan hal yang sangatlah penting untuk diperhatikan. salah satu kepercayaan pengunjung adalah adanya verifikasi pada website anda, sertifikasi tersebut bisa berupa sebuah persetujuan dengan badan tertentu atau website anda memiliki logo sudah ter verifikasi pada alamatnya. Biasanya deklarasi website tersebut bisa dikatakan terpercaya dan aman adalah memiliki fitur https pada alamat websitenya.

Saking pentingnya untuk kepercayaan pengunjung, sebuah badan bergerak untuk meng verifikasi sebuah website. Harganya pun bukan main bisa mencapai puluhan juta atau bahkan ratusan juta untuk per verifikasi jenis medium sampai teraman, namun biasanya kebanyakan orang atau Developer Website memilih service Sertifikat Komodo untuk memverifikasi websitenya. karena harganya yang cukup terjangkau dan tidak terlalu berlebihan untuk website personal, akan tetapi apabila website pemerintah atau website corporation biaya ini biasanya tidak terlalu bermasalah bagi mereka dengan lisensi yang lebih tinggi sekaligus mahal.

Bagaimanakah cara untuk memperbaiki sekuritas website padahal sudah dipasang HTTPS ?

Baca selengkapnya artikel dibawah ini untuk mengetahuinya,

HTTPS - memiliki kepanjangan dari Hypertext Transport Protocol Secure, service ini berguna untuk mengamankan sebuah website dari gangguan luar yang ingin mengedit source code dari sumber website tersebut. kelangsungan hidup sebuah website perusahaan atau corporation memang sangatlah penting karena apabila terjadi ketidak normal an yang diakibatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab maka pelanggan bisa sangat dirugikan dalam hal data dan informasi pengguna.

Maka biasanya pengguna atau pengunjung lebih memilih website yang memiliki verifikasi yang baik. Sehingga apabila sebuah website tidak memiliki verifikasi HTTPS, website tersebut biasanya kurang produktif dan memiliki kelainan yang tidak terlalu banyak karena ketidak percayaan tersebut.

Namun apabila sebuah website memiliki verifikasi tersebut biasanya konsumen tidak ragu dan tidak takut untuk bergabung di dalamnya, sehingga keamanan ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

Para pengguna blogger tentunya gembira dengan adanya kabar ini, ya itu dikabarkan bahwa google menyediakan fitur keamanan verifikasi enkripsi HTTPS secara gratis kepada pengguna tanpa syarat apapun. Namun, akhir-akhir ini saya menjumpai beberapa kendala dari para blogger indonesia yang mana mereka sudah memasang service tersebut akan tetapi pada kenyataannya website mereka masih saja Unsecured(Meski HTTPS akan tetapi tidak gembok hijau/ terlihat terpecaya).

Tenang saja, karena disini saya sudah menjumpai akar dari pokok permasalahannya yang dapat mengatasi permasalahan anda tersebut. sebelumnya sobat harus mengetahui tentang perbedaan antara aman dan semi aman.

Berikut ini adalah perbedaan tampilan antara keduanya :

(Gambar) Tampilan Website Aman (HTTPS)

(Gambar) Tampilan Website Semi HTTPS


Mengatasi Unsecure (Non-HTTPS)


Salah satu hal yang memilukan dan membingungkan adalah bahwa sobat sudah memasang fitur security akan tetapi hal tersebut tidak berhasil pada website sobat padahal sobat sudah memasang nya dengan benar, hal ini merupakan kesalahan kecil yang dapat diatasi dengan beberapa langkah.

Apabila sobat sudah mengetahui betul tentang perbedaan keduanya dan sobat memiliki masalah hal ini sehingga kalian ingin website kalian terkesan lebih profesional dengan fitur Secure maka sobat bisa mengikuti tutorial berikut ini.
Berikut ini adalah cara untuk mengatasi Blog yang gagal HTTPS :
  • Pertama, kunjungi website sobat.
  • Tekan tombol "CTRL+SHIFT+J" untuk membukan Element Console page, Seperti berikut ini :
Maka, akan terlihat sumber yang menyebabkan website anda tidak dipercayai atau Semi Secured yakni adanya "http" pada penyebab.
  • Copy alamat penyebab pada console yang mengandung "http".
  • Kemudian buka tab browser baru dan gunakan tab itu untuk masuk kedalam blogger.
  • Pilih menu Template > Edit HTML. Seperti gambar berikut ini :

  • Cari penyebabnya dengan cara find "CTRL+F" pada area koding template, kemudian pastekan copyan sebelumnya yang berisi alamat http tadi.

  • Setelah ketemu, ubahlah alamat menjadi "https".

  • Kemudian jangan lupa " Simpan" juga templatenya di tombol ketiga diatas sebelumnya.
  • Kemudian refreshlah pada website sobat dan lihat perubahannya.
NB: Apabila status alamat masih belum hijau gembok (HTTPS Aman) maka lakukan hal yang sama seperti diatas berulang-ulang, karena kemungkinan ada lebih dari satu source alamat yang bukan https di website sobat (Karena di saya, saya menjumpai 6 masalah http yang menyebabkan Non-Secure).
  • Apabila halaman website sobat sudah begini alias berhasil maka error di kanan itu jangan dihiraukan, alhamdulillah kalau tidak ada.
NB: Lakukan pada halaman lain, cek seperti halaman page statik, halaman post, halaman contact, sitemap dll. Kalau semuanya sudah menunjukan HTTPS hijau berarti selamat website sobat benar-benar sudah Secured dan bisa lebih dipercaya pengunjung tentang ke-profesional dan keamanan halaman sobat, namun apabila masih Semi-HTTPS maka lakukan cara diatas pula di halaman terkait tersebut.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Mengatasi Semi HTTPS (Unsecured) Pada Blogger Atau Website.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Cara Mengatasi Semi HTTPS Pada Blogger.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments