Saturday, May 26, 2018

Cara Mengenkripsi Folder Dan File Di Semua System Operasi Windows

Cara Mengenkripsi Folder Dan File Di Semua System Operasi Windows




Cara Mengenkripsi Folder Dan File Di Semua System Operasi Windows - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika memiliki sebuah file yang sangat rahasia dan sobat berkeinginan untuk memproteksinya ? maka hal tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah pada komputer, pasalnya sistem operasi windows kini sudah menyediakan sistem keamanan untuk menambahkan enkripsi pada folder maupun file penggunanya. Hal ini cocok digunakan bagi anda yang memiliki data yang penting seperti halnya foto, video, tugas, musik dan lain sebagainya.

Seperti apakah caranya untuk mengenkripsi Folder dan File ?

Simak ulasan berikut ini,

Enkripsi - adalah salah satu kegiatan untuk mengamankan sebuah file agar tidak dapat dibaca oleh sembarang orang, hal ini perlu diterapkan karena pada zaman sekarang ini banyak sekali orang yang seharusnya tidak berhak mengakses perangkat anda namun menyusup dengan diam-diam. Hal ini tentunya merusak privasi kalian, nah untuk mengatasi hal itu saya akan memberikan info tentang bagaimana cara mengamankan file menggunakan fitur Cipher. Kinerja enkripsi sehingga sampai menjadi file yang aman adalah menggunakan pengkodean yang rumit sehingga sukar sekali untuk dibobol, namun bukan berarti tehnik yang saya berikan ini tidak akan pernah bisa dibobol. Karena tanpa ini ini dapat mengurangi tingkat kelemahan sistem pengamanan anda.

Pada kesempatan ini saya tidak menggunakan aplikasi yang sebelumnya memerlukan pengunduhan yakni aplikasi tertentu, karena pada dasarnya di dalam sistem operasi windows sudah terdapat atau memiliki aplikasi bawaan yang bernama CMD(Command Promt).

CMD merupakan sebuah aplikasi yang sudah ada pada sistem operasi windows saja OS diinstall, sehingga anda tidak memerlukan aplikasi lain untuk mengamankan walter ataupun file anda. CMD adalah terminal windows yang apabila dibuka akan memiliki background umum berwarna hitam, kegunaan CMD juga difungsikan untuk mengatur tata sistem komputer secara manual.


Enkripsi Folder/Folder Menggunakan CMD


Banyak orang yang tidak tahu mengenai salah satu perintah cmd yang menggunakan cipher untuk mengamankan folder maupun file yang ada di dalam hardisk. Berikut ini merupakan cara untuk melakukannya :
  • Pertama, buka aplikasi CMD dengan 2 cara yakni :
1). Keyboard (Win+R, Tulis " CMD " lalu enter).


2). Klik icon windows, Pada search isi dengan "cmd atau Command atau Command Prompt", ketemu dengan file bernama cmd.exe atau command promt maka klik enter atau buka.


  • Setelah terbuka, maka tempatkan akses CMD ke folder yang ingin anda enkripsi dengan menggunakan "cd" untuk berpindah ke folder yang dimaksud. Tempatkan pada folder dari folder yang ingin dienkripsi.

Misalkan kita akan mengenkripsi folder CIPHER dan file di C:\Jokam Informatika\CIPHER\ maka, change directory nya ke C:\Jokam Informatika\
  • Kemudian lakukan ini pada CMD yaitu " cipher /e /s:nama_folder " :

Keterangan :
cipher - digunakan untuk deklarasi awal sebelum enkripsi atau dekripsi folder/file.
/e - berguna untuk mengenkripsi folder/file.
/s: - untuk menentukan folder yang akan dieksekusi.


Mudah bukan ?
Apabila anda sudah berhasil maka nama folder akan menunjukan warna hijau pada huruf, atau paling tidak gembok pada file/foldernya. Seperti gambar berikut ini :


Lalu bagaimana cara untuk mengembalikannya ?
  • Maka, lakukan ini untuk dekripsi dari enkripsi(membongkar) yang sudah terpasang tadi dengan cara " cipher /d /s:nama_folder " seperti berikut ini :

Maka warna akan kembali menjadi hitam pada nama folder dan file, atau gambok akan tiada. Sehingga file dan folder anda sudah kembali seperti semula.
NB : Untuk efeknya, file dan folder masih dapat diakses dengan mudah pada komputer anda. Akan tetapi apabila folder dan file enkripsi dibuka pada akun windows lain(komputer lain) maka akan terjadi error. Sehingga kesimpulan hanya dapat dibuka pada akun atau komputer anda sendiri pada saat mengenkripsi folder/file tersebut tadi dengan CMD.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Mengenkripsi Folder Dan File Di Semua System Operasi Windows.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Enkripsi Folder Menggunakan Command Promt.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments