Saturday, May 26, 2018

Cara Menyembunyikan Partisi Harddisk Agar Aman Pada Windows

Cara Menyembunyikan Partisi Harddisk Agar Aman Pada Windows




Cara Menyembunyikan Partisi Harddisk Agar Aman Pada Windows - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika pernahkah di kerjain sama temen yaitu harddisknya di format ? tentunya sangat kesal sekali bukan. Maka saya akan memberikan tips untuk kalian agar harddisk yang kalian punya tidak di otak-atik oleh sembarang orang, hal ini tentunya sangat berguna bagi kalian apabila memiliki harddisk yang berisikan data penting milik kalian. Namun saya tidak menyarankan apabila sobat menggunakannya untuk usil dengan cara melakukannya pada laptop atau komputer teman sobat.

Seperti apakah cara jitu tersebut ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

Partisi - adalah sebuah pembagian dari harddisk yang utuh menjadi beberapa bagian untuk keperluan tertentu, karena apabila hardisk tidak dibagi maka data yang akan kita simpan tidak dapat digolongkan menjadi beberapa golongan, hal ini tentunya akan membuat kita menjadi kesulitan pada saat ingin mengakses atau meng klasifikasikannya. Pada umumnya sebuah partisi memiliki label alfabet atau huruf abjad dari a sampai z, label ini memiliki jumlah tergantung dari jumlah partisi yang di buat oleh pengguna. Sebuah label partisi tentunya tidak sama dengan label yang lain sehingga batas dari partisi berjumlah sama banyak dengan jumlah huruf alfabet.

Namun saya tidak membahas tentang apa itu yang dinamakan partisi lebih jauh, karena saya akan membahas tentang cara menghilangkan partisi agar tidak diakses oleh sembarang orang yang dapat menyebabkan tingginya angka kemungkinan di otak-atik yang dapat berujung pada malapetaka seperti hilangnya data atau terkena virus.

Tutorial atau cara yang akan saya sampaikan ini dapat digunakan pada semua jenis windows ataupun jenis partisi apapun, selain itu juga saya menerapkan tutorial ini menggunakan cara manual yakni menggunakan " Command Prompt ". Berikut ini merupakan cara untuk menyembunyikan partisi harddisk :
  • Pertama, Buka CMD(Command Prompt) dengan 2 cara berikut ini :
1). Keyboard (Win+R, Tulis " CMD " lalu enter).


2). Klik icon windows, Pada search isi dengan "cmd atau Command atau Command Prompt", ketemu dengan file bernama cmd.exe atau command promt maka klik enter atau buka.


  • Lalu, ketik " DISKPART " Seperti berikut ini :

  • Kemudian, lihat partisi apa saja yang ada di komputer kamu dengan cara mengetikan " List Volume ". Seperti gambar berikut ini :

  • Jika sudah, maka pilih partisi mana yang ingin sobat sembunyikan. Contoh misalkan saya ingin menyembunyikan partisi " E " yang bernama " Data " dan itu terletak pada " Volume 3 maka lakukan perintah berikut :
Select Volume 3
Berikut ini merupakan tampilan gambarnya :


  • Kemudian, inilah cara untuk menyembunyikannya dengan cara menghapus identitas label yakni,
Remove Letter E
Berikut ini merupakan tampilan gambarnya :

Info : Ini merupakan cara tidak berbahaya karena tidak memformat data, ini merupakan cara menghapus label. Sehingga harddisk partisi tidak terdeteksi dan akhirnya menghilang dari pendeteksian di komputer karena tidak memiliki label.


Mudah bukan ?
Lalu bagaimana cara mengembalikannya ?

  • Lakukan perintah berikut ini,
Assign Letter E
Berikut ini merupakan tampilan gambarnya :

Info : Maka setelah di deklarasi Label E maka partisi harddisk anda kembali seperti semula yakni terdeteksi kembali.


Berikut ini merupakan tampilan sesudah dan sebelumnya :



Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Menyembunyikan Partisi Harddisk Agar Aman Pada Windows.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Menyembunyikan Partisi Harddisk.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments