Tuesday, May 22, 2018

Control Panel : Pengertian Dan Fungsinya Pada Windows Lengkap

Control Panel : Pengertian Dan Fungsinya Pada Windows Lengkap




Control Panel : Pengertian Dan Fungsinya Pada Windows Lengkap - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika pastinya sudah tidak asing dengan pengaturan paling fenomenal di Windows yaitu Control Panel. Control panel pada umumnya banyak digunakan untuk menyetting berbagai kegiatan didalam komputer tersebut untuk mengubah kinerja OS. Control panel memiliki banyak fungsi didalamnya yang memungkinkan pengguna untuk berbuat banyak hal dalam mengatur komputernya.

Seperti apa sajakah fungsi dari Control Panel ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya,

Control Panel - Adalah komponen yang sangat penting di dalam sistem operasi windows, dengan adanya fitur pengaturan ini maka pengguna dapat dengan bebas mengatur perangkat maupun peripheral beserta komponen lainnya di dalam windows secara mudah. Fungsi dari pengaturan juga dibuat lebih mudah dengan tampilan yang GUI(Graphical User Interface) sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Karena cukup dengan klik sana dan klik sini anda bisa mengubah jalan maupun kinerja dari sistem operasi windows milik anda.

Control panel memiliki beberapa fasilitas yang memungkinkan dapat mengatur, mengawasi ataupun mengubah kinerja dari komponen di dalam komputer. Berbagai fasilitas yang dimilikinya berikut ini merupakan kemampuan dari control panel :
  1. Menambah Hardware
  2. Mengubah Tampilan
  3. Melakukan Konfigurasi Perangkat Dan Jaringan
  4. Mengatur Software
  5. Menghapus Software
  6. Mengendalikan User Account


Fungsi Control Panel


Pada pengaturan control panel, memiliki berbagai bagian-bagian untuk mengelompokkan jenis pengaturan diantaranya adalah :

System And Security


Bagian fungsi ini memiliki tugas untuk mengatur tentang tata kerja sistem, administrasi dan juga tugas lainnya yang bertujuan untuk mengamankan komputer. Pada kelompok ini memiliki sub kategori lagi di dalamnya yang memiliki kemampuan dan juga tugas yang berbeda-beda :
  • Action Center - merupakan bagian yang berfungsi untuk melihat keamanan sistem dan juga pembaruan dari windows, pada fungsi ini pengguna dapat melakukan troubleshooting ataupun pembenahan ketika windows mengalami suatu masalah pada saat digunakan.
  • Windows Firewall - pada kategori ini, pengguna memungkinkan untuk memproteksi jaringan mereka sehingga bisa terhindar dari serangan virus ataupun hal yang berbahaya lainnya pada saat menggunakan jaringan.
  • System - pada fungsi ini berguna untuk memperlihatkan spesifikasi lengkap seperti jenis perangkat dan kemampuan perangkat.
  • Windows Update - berfungsi untuk mengupdate yang bertujuan untuk melengkapi kebutuhan sistem operasi.
  • Backup and Restore - pada fungsi ini pengguna dapat menyimpan pengaturan sebelumnya dan mengembalikan ketika sedang terjadi masalah fatal pada sistem. Hal ini akan mencegah komputer anda dari kerusakan yang berat.


Network and Internet


Pada bagian kategori ini lebih difungsikan untuk pengaturan pada jaringan seperti mengatur alamat jaringan, mengatur perangkat yang terhubung ke dalam jaringan, dan juga mengatur tentang keperluan koneksi. Di dalam kategori ini terdapat beberapa bagian yang masing-masing memiliki peran penting pada jaringan yakni :
  • Network and Sharing Center - pada kategori ini pengguna memungkinkan untuk melihat status jaringan yang sedang digunakan, menghubungkan komputer ke dalam jaringan, melihat perangkat yang digunakan untuk menghubungkan ke dalam jaringan.
  • Home Group - adalah kategori yang berguna untuk mengatur in terkoneksi dengan dengan komputer lain pada jaringan lokal grup.
  • Internet Options - merupakan kategori yang difungsikan untuk mengatur kinerja dari internet explorer sebagai browser bawaan dari windows.


Hardware and Sound


Adalah sebuah bagian yang berfungsi untuk mengatur tentang perangkat audio maupun perangkat peripheral pada komputer. Perangkat yang dimaksud biasanya adalah perangkat keras yang dapat terhubung pada komputer. Berikut ini merupakan beberapa bagian yang memiliki fungsi dan kemampuan yang berbeda-beda :
  • Devices and Printers - bagian ini berfungsi untuk mengatur perangkat yang berjenis kan printer pada komputer, selain printer fungsi ini juga dapat mendeteksi perangkat bluetooth ataupun perangkat lain seperti mouse dan joystick.
  • Sound - pada bagian ini berfungsi untuk mengatur perangkat suara yang terhubung pada komputer.
  • Auto Play - pada bagian ini berfungsi untuk mengatur aplikasi yang dapat menjalankan berbagai dokumen yang tanpa mengharuskan pengguna membuka secara manual dokumen, misalkan anda membuka sebuah dokumen maka aplikasi yang support dokumen tersebut akan merespon dan secara otomatis membuka dokumen tersebut.
  • Display - pada bagian ini berfungsi untuk mengatur resolusi layar, kecerahan pencahayaan, ukuran item dan lain sebagainya.
  • Power Options - pada bagian ini berfungsi untuk mengatur pengonsumsian daya dan kinerja dari komputer.


Programs


Pada kelompok pengaturan ini difungsikan untuk mengatur aplikasi yang sudah terinstall pada komputer. Di dalam kelompok pengaturan ini pengguna dapat mengatur aplikasi yang dimilikinya beserta kegunaannya.
  • Programs and Features - pada bagian ini berfungsi untuk mengatur aplikasi yang akan dipasang ataupun di copot pemasangan nya pada komputer anda.
  • Default Programs - pada bagian ini berfungsi untuk mengembalikan pengaturan aplikasi dan juga komponen komputer.
  • Desktop Gadgets - bagian ini berfungsi untuk mengelola gadget yang ada pada desktop, sehingga anda dapat menambahkan atau mengurangi gadget yang ditujukan pada desktop.


User Account and Family Safety


Pada kelompok pengaturan ini berfungsi untuk mengatur akun dari pengguna komputer, pengguna dapat mengatur keamanan akun maupun jenis akun yang akan digunakan pada komputer atau perangkat tersebut.
  • User Account - pada bagian ini berfungsi untuk menambah ataupun menghapus terhadap akun yang digunakan pada komputer, selain itu pada bagian ini juga dapat berfungsi untuk mengganti gambar profil ataupun password yang digunakan pada akun ini.
  • Parental Control - pada bagian ini berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap berbagai program yang ada pada komputer.


Appearance and Personalization


Pada kelompok pengaturan ini difungsikan untuk mengubah setiap tampilan yang ada pada desktop item, selain dapat melakukan hal itu kelompok pengaturan ini juga dapat mengatur tampilan tema maupun screensaver wallpaper serta kecerahan pencahayaan. Berikut ini merupakan kategori yang ada pada bagian kelompok ini yang memiliki fungsi berbeda-beda diantaranya adalah :
  • Personalization - pada bagian ini berfungsi untuk mengatur tema, tampilan desktop, screensaver, kecerahan layar dan lain sebagainya.
  • Display - pada bagian ini berfungsi untuk mengatur resolusi, ukuran teks dan lain sebagainya.
  • Desktop Gadgets - bagian ini berfungsi untuk mengolah gadget yang ada pada desktop.
  • Folder Options - pada bagian ini berfungsi untuk mengatur folder.
  • Fonts - bagian ini berfungsi untuk mengukur dan mengatur ukuran font atau huruf.


Clock, Language and Region


Pada kelompok pengaturan ini pengguna dapat mengatur segala hal yang berhubungan dengan jam bahasa mata uang angka dan berbagai macam pengaturan lainnya. Berikut ini merupakan bagian yang berperan mendukung kelompok pengaturan tersebut :
  • Date and Time - bagian ini berfungsi untuk mengatur tanggal, waktu, zona negara dan lain sebagainya.
  • Region and Language - pada bagian ini berfungsi untuk melakukan pengaturan jenis bahasa, mata uang, format waktu dan lain sebagainya.


Ease of Access Center


Pada bagian ini pengguna dapat dibimbing oleh mesinnya sudah diciptakan oleh windows, hal ini seperti halnya kita sedang diarahkan pada saat proses tour. Kita akan dikenalkan dengan berbagai kinerja yang ada di komputer dengan seorang pembimbing suara, selain itu kita juga dapat mengatur untuk menggerakkan atau memerintah komputer menggunakan suara kita melalui microphone. Berikut ini merupakan bagian dari kelompok pengaturan ini :
  • Ease of Access Center - pada bagian ini berfungsi untuk Tour perjalanan dan bimbingan menggunakan serta menyetting perangkat melalui suara.
  • Speech Recognition - bagian ini berfungsi untuk memberikan layanan perintah melalui suara pengguna.



Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Control Panel : Pengertian Dan Fungsinya Pada Windows Lengkap.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Fungsi Control Panel.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • control panel aruba
  • control panel command
  • control panel cpanel
  • control panel windows 7




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments