Tuesday, May 22, 2018

Inilah 6 Manfaat Inspect Element Website Untuk Web Developers

Inilah 6 Manfaat Inspect Element Website Untuk Web Developers




Inilah 6 Manfaat Inspect Element Website Untuk Web Developers - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika pastinya sudah mengenal betul dengan yang namanya Inspect Element bukan ? Hayooo, siapa yang pernah menipu menggunakan fitur ini ketika menggunakan browser kemudian di edit angka atau kata-kata sebelum di screenshoot dan di bagikan ke semua orang gambarnya ? ngaku saja deh hehe...

Namun perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa manfaat yang sangat penting bagi web developer, manfaat tersebut biasanya digunakan oleh webmaster untuk mengedit ataupun memeriksa website bikin lainnya agar terlihat sempurna dan tidak terkesan berantakan. Selain dapat digunakan untuk pembetulan website, ternyata fitur dari inspect elemen dapat digunakan untuk bereksperimen sehingga anda akan mempunyai wawasan lebih banyak di dalam mempelajari struktur website. Tentunya hal ini pastinya sangat membantu manusia dalam hal pembuatan sebuah website.

Apa sajakah manfaat dari Inspect Element di sebuah website ?

Simak artikel berikut ini untuk mengetahuinya,

Inspect Element - Adalah salah satu fitur web browser yang dibuat untuk memudahkan pengguna di dalam hal pengembangan website. Untuk menggunakan fitur ini maka biasanya anda harus mengunjungi sebuah website kemudian klik kanan pada mouse di area halaman website. Sedangkan cara kedua adalah cukup menggunakan tombol keyboard " F12 " pada saat anda sudah mengunjungi sebuah halaman website.

Fitur inspect element yang biasanya banyak digunakan oleh kebanyakan pengguna biasanya adalah fitur untuk mengubah source code halaman, biasanya mereka mengganti sebuah angka atau kata di dalam website sebelum mereka screenshoot halaman tersebut. Hal ini biasanya ditujukan untuk mengelabui penggunaan melihat gambar tersebut, dan biasanya untuk eksistensi diri.

Meskipun demikian, ada beberapa manfaat yang cukup positif dan berguna untuk membangun sebuah website secara baik oleh web developer. Berikut ini adalah 6 manfaat penggunaan inspect elemen dalam hal pengembangan website :


Eksperimental CSS Website


Fitur inilah yang digunakan oleh para pengguna dalam hal mengubah source code, namun kalau ditinjau lebih dalam fitur ini bisa digunakan untuk bereksperimen dalam hal pewarnaan ataupun pembentukan sebuah bentuk di dalam website. Bentuk tersebut biasanya meliputi banner, gambar, video ataupun sebuah transisi animasi.

Untuk bereksperimen secara nyata biasanya membutuhkan banyak waktu karena harus mengunjungi sebuah website setelah kode pada website utama dirubah, namun dengan adanya fitur ini anda tidak usah repot-repot untuk mengubah dan menghabiskan waktu untuk mengetahui eksperimen mana yang tepat pada website anda. Karena fitur ini dapat dilakukan secara cepat disamping website anda.


Menguji Responsive Website


Dengan adanya fitur ini anda dapat menguji respon dari setiap komponen di dalam website anda, komponen tersebut biasanya berupa video, gambar, ataupun sebuah klik pada tombol. Untuk menguji anda tidak memerlukan banyak perangkat keras untuk mengetahui seberapa tanggap komponen website anda karena di fitur ini sudah menyediakan berbagai perangkat yang bisa anda gunakan di dalamnya secara mudah.


Menganalisa Kecepatan Akses


Fitur ini berguna untuk mengetahui seberapa cepat akses sebuah browser pengguna di dalam mengunjungi website anda, ada fitur ini akan ditunjukkan beberapa source yang diakses pada saat memuat halaman anda serta adanya waktu atau time yang menunjukkan berapa lama hal tersebut diakses.


Debugging Javascript


Kebanyakan orang biasanya menganggap bahwa kesalahan dari pengkodean javascript itu susah ditemukan, namun ternyata pendapat tersebut salah besar. Karena inspect element memiliki fitur console yang dapat mengetahui ketika website dimuat maka akan ditunjukkan script atau javascript mana yang salah(Gagal).

Salah satu manfaat dari menu konsol ini adalah untuk membetulkan fitur HTTPS pada website agar secure alias aman.


Audit Website


Fitur tak kalah penting lainnya ini berfungsi untuk meningkatkan performa ataupun kinerja website menjadi lebih baik, karena fitur ini dapat mengidentifikasi komponen mana yang jarang digunakan atau bahkan tidak digunakan sekalipun. Makan dengan mengetahuinya kita dapat memangkas komponen tersebut agar performa website menjadi lebih baik. Karena apabila komponen yang tidak sering digunakan dipakai maka hal ini akan membuat kinerja website lebih berat karena harus membaca setiap komponen satu aset dimuat pertama kalinya oleh pengguna.


Mengidentfikasi Performa CPU dan Memory


Mengetahui performa sebuah hardware pada saat mengunjungi website kita merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui, hal ini berguna untuk meminimalisir terjadinya overload ataupun kerja keras sebuah perangkat pada saat mengakses website kita. Karena apabila website kita tercipta dan memakan banyak sumber daya di dalam komputer, maka biasanya kebanyakan dari pengguna akan merasa geram ataupun kesal saat sedang mengunjungi website anda karena kinerja yang berat akan membuat komputer berfikir lebih extra sehingga hal ini menyebabkan browser bisa berhenti secara mendadak ataupun slow respon.

Dan paling menyedihkan lagi apabila hal ini sudah menjadi sisi negatif di dalam website anda maka biasanya pengunjung akan meninggalkan website anda dan mengurungkan niatnya untuk mengunjungi website anda pada saat itu juga. Bentuk ini adalah sebuah bencana yang besar dan hal yang harus dihindari oleh banyak web developer di seluruh dunia demi kelangsungan hidup website yang mereka kelola.


Itulah beberapa fungsi dari aspek elemen yang dibutuhkan oleh web developer dalam hal pengembangan website miliknya, sebenarnya ada banyak sekali fungsi lain yang belum kita ketahui dan saya sampaikan namun sobat juga bisa mencari tahu sendiri cara bereksperimen pada menu Inspect Element didala Web Browser sobat.
Saya juga tidak keberatan apabila sobat berkenan untuk menambahkan atau memberikan saran pada artikel ini agar menjadi lebih lengkap lagi.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Inilah 6 Manfaat Inspect Element Website Untuk Web Developers.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Manfaat Lain Fitur Inspect Element Website.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • inspect element firefox
  • inspect element chrome
  • inspect element windows




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments