Tuesday, May 8, 2018

Java Runtime Environment : Pengertian, Sejarah Dan Penerapannya

Java Runtime Environment : Pengertian, Sejarah Dan Penerapannya




Java Runtime Environment : Pengertian, Sejarah Dan Penerapannya - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika pastinya belum sangat mengenal tentang istilah Java Runtime Environment bukan ? kalau membahas tentang java pastinya kalian berpikiran bahwa pembahasan ini akan membahas game lawas yang biasa digunakan sebelum generasi android. Namun ternyata java dapat digunakan untuk berbagai keperluan, dan salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan browser dalam hal memuat sebuah konten grafik.

Seperti apakah itu java runtime environtment ?

Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya selengkapnya,

JRE - Memiliki kepanjangan dari Java Runtime Environment. Ini adalah sebuah platform utama dari java, sedangkan java sendiri adalah sebuah plug in pada browser. Java sendiri berperan penting untuk menjalankan javascript yang ada pada halaman website pada saat website tersebut dimuat oleh browser.

Sedangkan javascript adalah sebuah source code yang dieksekusi oleh klien menggunakan komputer/handphone/tablet atau hardware lainnya yang menggunakan browser. Dan browser bekerja sebagai memuat konten, tanpa adanya java maka browser tidak akan bisa menampilkan sebuah grafik pada sebuah halaman yang memiliki konten grafik dan pastinya akan hanya menampilkan tulisan ataupun garis saja. Sehingga sebuah browser membutuhkan java untuk memuat konten grafik dan java membutuhkan lingkungan JRE(Java Runtime Environment) untuk menjalankan program kinerjanya.


Sejarah Java


Java pertama kali dikembangkan oleh James Gosling dari Sun Microsystem. Dan kini java sudah dikembangkan oleh perusahaan software perangkat lunak besar yang bernama oracle corporation. Kode program java ditulis dengan bahasa pemrograman java dan C++. Java juga sudah mendukung berbagai sistem operasi mulai dari Windows, Linux, Mac dan Solaris. Hak penggunaan java adalah freeware yang berarti dapat dikembangkan oleh banyak orang(Freeware/Gratis) namun kepemilikan utama tetap dimiliki atau dipegang oleh pihak oracle corporation.


Penerapan Pada Browser


Di zaman ini banyak sekali browser yang sudah menerapkan fitur javascript pada browser mereka, hal ini karena banyak sekali tuntutan dari browser untuk menyuguhkan fitur ini dikarenakan banyak sekali website yang sudah menggunakan source kode javascript di dalam penulisan website mereka. Memang, fitur javascript apabila diterapkan pada website maka website akan terlihat lebih elegan dan tentunya sangat menarik. Maka hal ini menjadi kewajiban seorang pembuat aplikasi browser untuk menyertakan creature java di dalam program miliknya.

Ada dua jenis macam javascript yang ada pada browser, yakni men setujui jenis javascript yang aman dan meminta konfirmasi dari pengguna apabila ditemukan javascript selain ketentuan aman. Javascript aman biasanya adalah refresh halaman, autocomplete pada form, melihat gambar dan lain sebagainya. Sedangkan untuk javascript yang memerlukan persetujuan adalah akses lokasi, akses kamera depan, download file, berlangganan halaman dan lain sebagainya.

Persetujuan itu dikenal dengan istilah permission. Permission diadakan(atau dianggap tidak aman sehingga memerlukan persetujuan anda) demi melindungi perangkat komputer ataupun data dari pengguna.


Biasanya anda tidak perlu menginstal Java Runtime Environment pada komputer anda, karena browser sudah menyediakan akses tersebut secara mudah di dalam aplikasinya. Anda hanya diperlukan untuk menginstall browser beserta menginstall plug in pendukung java environtment. Jadi semuanya akan ditanggung oleh browser dan tidak akan menghabiskan banyak ruang untuk proses berjalannya java, setelah itu anda dapat menggunakannya untuk keperluan anda.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Java Runtime Environment : Pengertian, Sejarah Dan Penerapannya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang JRE(Java Runtime Environment).
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • Java runtime environment
  • Java runtime 1.6.0
  • Java runtime windows 10
  • Java runtime 32 bit windows xp
  • Java runtime class
  • Java runtime code generation
  • Java runtime environment 1.6.0 32 bit
  • Java Runtime
  • Java runtime environment not found
  • Java runtime environment 1.7




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments