Tuesday, May 8, 2018

Kabel ATA Dan SATA : Pengertian, Perbedaan Dan Kelebihan SATA

Kabel ATA Dan SATA : Pengertian, Perbedaan Dan Kelebihan SATA




Kabel ATA Dan SATA : Pengertian, Perbedaan Dan Kelebihan SATA - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika, tahukah kalian dengan yang namanya kabel SATA dan ATA. Keduanya berperan penting untuk menghubungkan antara hardisk dengan motherboard. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan baik dari segi fisik maupun fungsional.

Namun apa sajakah yang membedakan antara keduanya ?

Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya,


Pengertian Kabel


Kabel SATA

SATA (Serial Advanced Technology Attachment) atau dikenal dengan istilah Serial ATA, adalah jenis kabel yang merupakan perkembangan dari model kabel sebelumnya yaitu ATA. Sehingga dipastikan bahwa kabel ini adalah generasi berikutnya setelah kabel ATA, maka hal ini menyebabkan banyak sekali komputer yang menggunakan teknologi kabel ini untuk menghubungkan hardisk atau CD, karena kabel konektor ini memiliki keunggulan yaitu mempunyai transfer yang lebih cepat daripada generasi sebelumnya.

Konektor pada kabel ini memiliki jumlah pin sebanyak 15, ukuran pin nya juga relatif lebih kecil ketimbang pin pada konektor jenis ATA. Akan tetapi konektor jenis SATA memiliki keunggulan pada kecepatan yang dimilikinya yang dapat mencapai kecepatan hingga 150 mbps.

Kabel ATA

ATA (Advanced Technology Attachment) adalah sebuah kabel konektor yang diciptakan pada tahun 1986 dan komponen nya masih menggunakan 16 bit paralel. Kabel ATA masih terus dikembangkan hingga mencapai versi ketujuh pada tahun 2001 yang memiliki kecepatan hingga 133 mbps. Pada jenis komputer yang masih produksi yang lama biasanya masih membutuhkan kabel jenis ini untuk menghubungkan antara hardisk atau CD dengan komponen peripheral komputer. Komputer jenis tersebut biasanya memiliki prosesor pentium 4 ke bawah.

Konektor pada kabel ini memiliki jumlah pin sebanyak 40 pin dan panjang kabel ini maksimal adalah 8 inci atau 47 cm.


Perbedaan Kabel SATA Dengan ATA


Dari sekilas dipandang kedua kabel ini memang sangatlah mudah untuk dikenali dan dibedakan, namun untuk orang yang belum mengetahui perbedaannya dan nama dari perbedaan tersebut biasanya tidak dapat membedakan nya dan mungkin juga bingung untuk memasang kabel konektor tersebut ke bagian mana ?

Berikut ini adalah gambar yang membedakan kedua kabel tersebut :


Gambar (Kabel SATA)

Gambar (Kabel ATA)

Kelebihan Kabel SATA


Fungsi kedua kabel tersebut pada dasarnya tidak terlalu berbeda akan tetapi kemampuan dari kabel itulah yang dapat membedakan fungsionalnya. Dan kabel SATA lebih unggul fungsional nya ketimbang kabel ATA.
Berikut ini merupakan 5 keunggulan dari kabel SATA :
  1. Cocok untuk membaca Harddisk yang berkapasitas besar.
  2. Pemasangan kabel yang sangat mudah.
  3. Tidak memerlukan jumper setting dengan benar.
  4. Kabel SATA menggunakan tenaga elektrik (power consumption), hal ini tidak ada pada seri kabel SATA sehingga harddisk tipe ATA/IDE cepat panas apabila digunakan, tetapi harddisk SATA masih tidak panas walaupun telah lama digunakan.
  5. Dan tidak memerlukan banyak ruang, karena ukurannya yang relatif.



Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Kabel ATA Dan SATA : Pengertian, Perbedaan Dan Kelebihan SATA.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Kabel ATA Dan SATA.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments