Thursday, May 24, 2018

Kabel UTP : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Installasinya

Kabel UTP : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Installasinya




Kabel UTP : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Installasinya - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika, Tahukah kalian dengan istilah Kabel UTP ? kabel ini digunakan untuk menghubungkan komputer atau laptop dengan jaringan internet yang menggunakan kabel. Kabel ini khusus digunakan pada fungsi tersebut dan tidak dapat digunakan pada televisi ataupun radio karena fungsinya hanya dapat menghantarkan arus data internet kepada perangkat.

Bentuk umum dari kabel ini beraneka ragam, biasanya memiliki dua spesifikasi yaitu dengan mutu yang tinggi dan mutu yang sedang. Mutu yang sedang biasanya berwarna abu-abu pada kulit kabelnya, sedangkan untuk kabel yang berkualitas tinggi biasanya memiliki warna pada pelindung kulit kabel. Harga kedua spesifikasi tentunya berbeda tergantung dari penjual maupun harga pasaran.

Seperti apa itu Kabel UTP dan apa fungsi warna kabel ?

Kabel UTP - Memiliki kepanjangan yakni Unshielded Twisted Pair, kabel ini terbuat dari bahan penghantar dari tembaga dan memiliki isolator yang terbuat dari plastik. Untuk menggunakannya diperlukanlah konektor atau kepala dari kabel yang bernama RJ45, pada kepala konektor tersebut memiliki sekat yang berguna untuk memisahkan antara warna kabel yang berbeda karena mereka memiliki fungsi yang berbeda. Setelah kabel sudah terpasang dengan konektor RJ45 maka konektor di tanjakan pada LAN Card untuk menggunakannya pada komputer atau laptop.

Warna penggolongan kabel memiliki jumlah 8 kabel, dan kesemuanya memiliki peran yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan fungsi dari masing-masing kabel yang ada pada kabel UTP yakni :


Fungsi Warna Kabel UTP


  • Orange - Berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Putih Orange - Berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Hijau - Berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Putih Hijau - Berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Biru - Berfungsi sebagai media penghantar paket suara.
  • Putih Biru - Berfungsi sebagai media penghantar paket suara.
  • Cokelat - Berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.
  • Putih Cokelat - Berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.


Jenis Installasi Kabel UTP


Pada saat anda ingin melakukan instalasi kabel pada jaringan, anda harus menyesuaikan kebutuhan yang ingin anda gunakan dengan jenis instalasi yang harus dipasangkan. Apabila anda pada saat menginstallasi kurang sesuai dengan persyaratan maka biasanya kabel LAN tidak akan terdeteksi pada jaringan alias tidak berfungsi. Dan perlu diingat bahwa dalam membaca warna sebuah instalasi dimulai dari kiri dan dilihat dari dagu konektor RJ45(yang tidak ada jambulnya). Ketentuan pemasangan internasional sudah menetapkan bahwa ada 2 cara instalasi kabel jenis ini menurut fungsinya yakni :


Kabel Cross

Sesuai dengan namanya maka dapat disimpulkan pemasangannya harus menyilang, tidak semua kabel harus disilangkan. Hanya kabel penghantar data yang perlu untuk disilangkan.
Berikut ini merupakan gambar dari jenis instalasi cross-over pada kabel UTP :

Sedangkan kegunaan dari instalasi jenis ini adalah sebagai berikut :
  • Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
  • Menghubungkan 2 buah HUB/Switch menggunakan port biasa diantara kedua HUB/Switch.
  • Menghubungkan komputer ke port uplink Switch
  • Menghubungkan port LAN router ke port biasa di HUB/Switch


Kabel Straight

Adalah jenis instalasi kabel berikutnya yang biasanya banyak digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan. Pada jenis instalasi ini tidak memerlukan penghilangan kabel alias dipasang secara lurus. Sehingga pemasangannya jauh lebih mudah.
Berikut ini merupakan gambar dari jenis instalasi straight pada kabel UTP :
  • Menghubungkan komputer ke port biasa di Switch.
  • Menghubungkan komputer ke port LAN modem cable/DSL.
  • Menghubungkan port WAN router ke port LAN modem cable/DSL.
  • Menghubungkan port LAN router ke port uplink di Switch.
  • Menghubungkan 2 HUB/Switch dengan salah satu HUB/Switch menggunakan port uplink dan yang lainnya menggunakan port biasa.



Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Kabel UTP : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Installasinya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Fungsi Kabel UTP.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments