Tuesday, May 8, 2018

Perbedaan Memory Volatile Dan Memory Non-Volatile

Perbedaan Memory Volatile Dan Memory Non-Volatile




Perbedaan Memory Volatile Dan Memory Non-Volatile - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika mungkin sangat asing dengan kedua istilah tersebut, istilah ini biasanya dipakai untuk mendefinisikan atau menggolongkan jenis dari media penyimpanan pada perangkat elektronik seperti flashdisk dan hardisk.

Lalu, kenapa media penyimpanan digolongkan?
Dan apa perbedaan keduanya ?

Maka, marilah simak artikel berikut ini untuk mengetahui perbedaan keduanya tersebut,

Memory - Adalah sebuah perangkat yang berguna untuk menyimpan data pengguna baik itu data file ataupun data kelengkapan system, kinerja dasar dari perangkat tersebut memang bekerja selayaknya alat penyimpanan pada umumnya. Akan tetapi hal tersebut masih dibedakan dengan fungsi lain yakni dengan adanya metode Volatile dan Non-Volatile.

Berikut ini adalah 2 metode tersebut yang akan saya jelaskan beserta contohnya :


Memory Volatile


Jenis memori ini adalah jenis yang datangnya dapat ditulis ataupun dihapus secara otomatis, selain itu data juga akan langsung terhapus secara otomatis ketika perangkat penyimpanan tersebut tidak dialiri atau tidak mendapat daya. Adapun daya tersebut bisa didapat dari baterai ataupun sumber tenaga listrik dari charger ke stop kontak.

Sehingga ketika mesin sudah dimatikan atau tidak mendapat daya maka data memori akan hilang ataupun terhapus, dan ketika komputer atau mesin dinyalakan kembali maka kondisi memori sudah benar-benar kosong seperti sedia kala. Kondisi ini sangat berguna bagi komputer, karena apabila memori terus terisi maka kemungkinan komputer akan terhenti dikarenakan isi dari memori sudah penuh. Ruang kosong dari memori berguna untuk memproses beberapa pekerjaan program lainnya yang akan dijalankan, sehingga pekerjaan yang sudah pernah dilakukan atau disebut dengan bekas pekerjaan akan terhapus dan tergantikan oleh pekerjaan yang baru pada saat anda menghidupkan mesin.


Contoh dari memori valatile adalah : RAM(Random Access Memory), memori ini digunakan sebagai tempat penyimpanan data kinerja komputer dan biasanya diletakkan didekat CPU(Control Processor Unit) agar pada saat CPU membutuhkan RAM, maka dapat dieksekusi dengan cepat.


Memory Non-Volatile


Jenis memori ini juga bebas untuk ditulis ataupun dihapus datanya, akan tetapi jenis memori ini berbeda dengan jenis volatile. Jenis ini meskipun tidak dialiri daya ataupun dialiri daya akan tidak ada bedanya dan data akan tetap berada di dalam sampai anda benar-benar menghapusnya secara manual. Sehingga tak heran kerap terjadi penumpukan data sehingga menjadikan memori anda penuh apabila anda tidak meminjam men penggunaan data pada jenis memori tersebut.

Data yang tersimpan di dalam memori jenis ini juga dapat disimpan dengan jangka waktu yang lama, asalkan saja fisik dari perangkat ini dijaga pula dengan baik.


Contoh memori jenis ini adalah : Flashdisk, Harddisk (Portable, Eksternal, Internal), CD/DVD dan penyimpanan disket lain sebagainya.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Perbedaan Memory Volatile Dan Memory Non-Volatile.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Memory Volatile Dan Non-Volatile.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • Volatile Memory
  • volatile memory examples




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments