Tuesday, May 22, 2018

Physical Layer : Pengertian, Fungsi Dan Medianya

Physical Layer : Pengertian, Fungsi Dan Medianya




Physical Layer : Pengertian, Fungsi Dan Medianya - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika tahukah tentang istilah salah satu layer dari OSI layer yang bernama Physical Layer ? Layer ini memiliki kedudukan yang paling akhir dari ketujuh layer yaitu pada posisi ke-7, lapisan ini bekerja atau bertindak dekat sekali dengan perangkat hardware komputer. Selain itu layer ini juga berfungsi untuk menyampaikan data yang sudah diproses pada layer sebelumnya kepada hardware jaringan. Ataupun sebaliknya ayat ini menerima informasi dari jaringan lalu menyampaikan pada ke semua layer untuk diproses lebih lanjut.

Seperti apakah Physical Layer itu ?

Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya,

Physical Layer - adalah jenis layer ketujuh dari tata sistem osi layer, layar ini terletak dekat dengan hardware komputer yang digunakan untuk terhubung ke dalam jaringan. Layer ini berguna untuk menyampaikan data yang sudah diproses oleh layer lain untuk diberikan kepada hardware. Dengan adanya layer ini maka dapat dipastikan informasi data dapat tersampaikan dengan baik kepada komponen jaringan komputer.


Fungsi Physical Layer


Pada physical layer, ada berbagai fungsi yang dimilikinya pada saat bekerja di dalam sebuah jaringan. Berikut ini merupakan fungsi yang biasa dilakukan layer ini :
  • Terhubung dengan perangkat keras jaringan komputer.
  • Membantu proses definisi media transmisi jaringan.
  • Dapat melakukan proses metode jenis sinyal yang akan digunakan dalam proses transmisi data.
  • Dapat melakukan sinkronisasi terhadap bit perangkat.
  • Mendefinisikan jenis LAN Card.
  • Definisikan jenis arsitektur jaringan yang dipakai pada sebuah jaringan komputer.
  • Mampu berkomunikasi secara langsung dengan jenis media transmisi data.
  • Dapat menentukan kebutuhan listrik, proseduran dan juga fungsional dari sebuah jaringan komputer.
  • Dapat menonaktifkan fungsi sistem jaringan.
  • Dapat memindahkan antar bit data pada setiap komponen.



Media Physical Layer


Pada saat layer bekerja, tentunya hal tersebut memerlukan sebuah media agar data transmisi dapat disampaikan dengan mudah. Berikut ini merupakan media apa saja yang digunakan oleh physical layer :

  • Kabel
Kabel memiliki fungsi sebagai media transfer data pada sebuah sistem komputer, sebagai pengantar data yang baik maka kabel memiliki peran yang sangat dekat dengan physical layer. Kabel yang digunakan oleh physical layer adalah : Kabel UTP, Kabel Coaxial dan Kabel Fiber Optic.

  • NIC(Network Interface Card)
NIC biasanya istilah umum dijuluki dengan nama LAN Card. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan sebuah proses yang berguna untuk meneruskan sinyal masuk maupun keluar dari sistem komputer pada jaringan. Sinyal tersebut juga akan dipecah menjadi bagian yang kecil agar mempermudah kan pada saat pemrosesan data di layer lain.

  • HUB/SWITCH
Perangkat ini berfungsi sebagai pemecah jaringan, dengan adanya perangkat ini maka banyak komputer dapat terhubung satu dengan yang lainnya pada jaringan yang sama. Perangkat ini biasanya dipakai pada tempat yang memiliki banyak komputer misalnya sekolahan, universitas ataupun kantor. Dengan adanya perangkat ini maka sebuah jaringan tidak membutuhkan banyak server dan juga kabel untuk dapat berkomunikasi pada jaringan oleh banyak komputer.

  • Repeater
Adalah sebuah perangkat yang mampu menambah jarak maksimum jangkauan sebuah sinyal internet, yang semula nya anda jauh dari titik akses point dan memiliki sinyal yang lemah terhadap akses point. Maka dengan menggunakan perangkat ini anda dapat menambah jangkauan yang semula nya pendek menjadi lebih luas ataupun panjang.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan File Transfer Protocol (FTP) : Pengertian, Fungsi Dan Kinerjanya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang FTP.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments