Thursday, May 3, 2018

Power Supply : Jenis Konektor

Power Supply : Jenis Konektor




Power Supply : Jenis Konektor - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika, pada kesempatan sebelumnya sudah saya jelaskan tentang apa itu Power Supply. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa saja jenis dari konektor Power Supply yang akan menjadi lanjutan dari artikel sebelumnya.

Lalu apa sajakah jenis dari Konektor Power Supply ?

Simak artikel berikut ini untuk mengetahuinya,

Connector Power Supply - adalah salah satu fungsi dari power supply untuk menghubungkan daya DC(Direct Current) kepada berbagai komponen yang membutuhkan tegangan untuk berkerja pada fungsi masing-masing komponen. Adapun konektor memiliki warna yang berbeda-beda dan sudah saya terangkan pada artikel sebelumnya tentang warna apa saja dan berapa tegangan yang dihasilkan.

Ada berbagai jenis Power Supply dan juga berbagai ukuran yang beredar di pasaran. Nah, berbagai jenis tersebut tentunya memiliki jenis konektor yang berbeda pula. Berikut ini adalah Jenis dari Konektor Power Supply :


Connector Power Supply


  • ATX Power Connector
ATX Power Connector berfungsi sebagai media untuk menghubungkan motherboard dengan Power Supply, untuk jenis konektor yang lama memiliki Pin sebanyak 20 pin pada konektornya sedangkan konektor terbaru memiliki konektor lebih banyak yakni 24 pin.

  • AT Power Connector
AT Connector juga memiliki fungsi yang sama dengan ATX power sebagai media untuk menyalurkan daya kepada motherboard dana komponen lainnya yang bertujuan agar perangkat dapat berkeja sesuai fungsi masing-masing. Namun versi konektor ini masih biasa digunakan pada jenis prosessor pentium 3 saja.

  • Molex Connector
Molex Connector dapat dikatakan paling berbeda yakni memiliki 4 pin pada konektornya, konektor ini biasanya dipakai untuk membaca atau memberikan daya pada perangkat Drive, Fan(Kipas) dan komponen komputer lainnya.

  • Berg Connector
Berg Connector juga memiliki 4 pin yang mirip dengan Molex Connector namun konektor ini adalah male dari konektor, Konektor ini biasanya digunakan untuk menghubungkan Floppy Disk yang ada pada Motherboard. Bentuk konektor ini adalah kecil dengan 3 warna.

  • ATX 12V
ATX 12V adalah konektor yang difungsikan untuk menjadi media penyalur tegangan yang cukup besar yakni mencapai 12 Volt dan dapat digunakan pada jenis motherboard yang memiliki prosessor pentium 4 keatas.

  • PCI-E Connector
PCI-E Connector ini pada umumnya jarang sekali ditemukan pada kebanyakan motherboard komputer, akan tetapi konektor ini biasanya dapat dijumpai bagi mereka yang memiliki komputer yang dikhususkan untuk multimedia seperti editing video, grafik atau gambar lainnya. Maka konektor ini memberikan fitur untuk menambah tegangan pada VGA Card agar dapat bekerja optimal.

  • SATA Power Connector
Sata Power Connector ini paling wajib digunakan pada komputer karena digunakan untuk menghubungkan Power Supply dengan Harddisk dan Motherboard didalam komputer.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Power Supply : Jenis Konektor.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Jenis Konektor Power Supply.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • power supply connector to motherboard
  • power supply connection to motherboard
  • power supply wire colors and voltage
  • power supply wiring color code




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments