Thursday, May 17, 2018

Session Layer : Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Penggunaannya

Session Layer : Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Penggunaannya





Session Layer : Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Penggunaannya - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika tahukah tentang salah satu unsur dari OSI Layer yang terletak pada posisi ketiga pada OSI yang bernama Session Layer ? berikut ini saya akan membahas tentang pengertian hal itu dan juga fungsinya yang bekerja pada komputer.

Berikut ini adalah penjelasannya,

Session Layer - adalah salah satu lapisan dari osi layer, lapisan ini terletak pada tingkatan ketiga dari keseluruhan lapisan. Lapisan ini berperan penting untuk mengendalikan hubungan antara node. Selain melakukan pengendalian perangkat, lapisan ini juga berguna untuk memanajemen arus data yang dikeluarkan maupun yang sudah masuk serta turut mendefinisikan bagaimana sebuah koneksi jaringan dapat diidentifikasi dan dibangun secara nyata.

Berikut ini merupakan fungsi utama dari Session layer :


Fungsi Session Layer


  • Melakukan Komunikasi Jaringan
Fungsi utama dari Session layer adalah melakukan atau membangun sebuah koneksi di dalam sebuah jaringan pada komputer dengan melakukan berbagai komunikasi. Komunikasi sangat dibutuhkan pada sebuah jaringan di dalam komputer agar dapat berkomunikasi dengan perangkat elektronik lainnya misal : Komputer, Handphone, Tablet dan Laptop. Tanpa adanya jaringan maka komputer yang kita gunakan akan terasa sangat hambar dan dipastikan tidak dapat menunjang keperluan sehari-hari yang kita butuhkan.

Oleh karena itu lapisan ini sangat dibutuhkan pada peripheral jaringan komputer agar dapat bekerja dan berkomunikasi dengan internet yang luas.

  • Membentuk Hubungan
Apabila sebuah komunikasi antar jaringan sudah terbentuk maka tugas selanjutnya Session layer adalah untuk membentuk hubungan tersebut hingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Setiap pembentukan tentunya berbeda tergantung dari jenis komunikasi yang didapatkan sebelumnya, jenisnya pun berbeda-beda tergantung apa yang dilakukan oleh pengguna komputer pada sebuah jaringan. Setelah pembentukan komunikasi sudah selesai maka komputer akan menyepakati pembentukan tersebut dan menggunakannya untuk kebutuhannya.

  • Pertukaran Data
Pertukaran data dapat terjadi di dalam sebuah jaringan dengan cara menukar node-node yang dimiliki sebuah jaringan komputer kita dengan data arus yang masuk, setelah data harus masuk maka dikeluarkan lagi dan didefinisikan bahwa arus tersebut membawa node milik kita sehingga komputer kita bisa dikenali oleh internet. Identitas, jenis, geologis biasanya disertakan pada node informasi kita.

  • Memutus Hubungan Jaringan
Sebuah metode menghubungkan pada sebuah jaringan pastinya memiliki sebuah pemutusan arus jaringan. Nah, layer ini dapat bekerja pada fungsi ini. Fungsi ini tidak dapat dilakukan secara semena-mena oleh layer, biasanya fungsi ini dikehendaki oleh pengguna yang ingin mengakhiri sebuah komunikasi di dalam jaringan. Selain itu pemutusan koneksi juga dapat terjadi secara otomatis tanpa dilakukan oleh pengguna apabila pengaturan pada jaringan terjadi kesalahan, hal ini membuat fungsi dari layer ini yang dapat berjalan adalah pemutusan. Maka tak heran apabila kita salah dalam mengkonfigurasi jaringan biasanya kita ingin mengkoneksikan dengan jaringan maka akan terlihat pesan kegagalan dalam melakukan sebuah koneksi.


Jenis Session Layer


Seperti yang sudah di paparkan sebelumnya bahwa lapisan ini berguna untuk membangun, mengolah, menukar dan memutus sebuah jaringan komputer. Sedangkan lapisan ini memiliki tiga jenis komunikasi yang dapat berjalan di atasnya. Berikut ini merupakan tiga jenis komunikasi session layer :

  • Simplex
Dari ejaannya sudah dapat dipastikan bahwa komunikasi ini dapat berjalan secara sederhana. Bentuk komunikasi ini merupakan sebuah deklarasi untuk mengalirnya sebuah data secara searah menuju kepada komponen jaringan di dalam komputer.

  • Half-Duplex
Komunikasi ini tentunya berbeda dengan Simplex yang berjalan searah ketika memasuki perangkat, namun komunikasi Half-Duplex dapat membentuk 2 arah sekaligus pada saat melakukan komunikasinya. Proses timbal balik pada komunikasi jenis ini sangatlah terbatas karena harus bergantian ketika ingin mengirim atau menerima data di dalam komputer.

Di dalam prakteknya yakni penggunaan A ingin mengirim sebuah pesan kepada pengguna B sehingga, pengguna B harus menunggu pesan yang sedang dikirim oleh pengguna A dan barulah pengguna B dapat membalas ketika sudah membaca dan menerima pesan dari penggunaan A. Begitu pula juga sebaliknya.

  • Full-Duplex
Jenis komunikasi ini tentunya lebih rumit dari sekedar harus yang bolak-balik, akan tetapi komunikasi ini dianggap lebih efisien karena lebih cepat dan efektif serta tidak memakan banyak waktu karena Full-Duplex dapat melakukan bentuk komunikasi dua arah secara bersamaan dalam waktu yang sama sehingga tidak harus menunggu salah satu pihak untuk menerima pesan yang sudah dikirim.

Di dalam prakteknya misalkan penggunaan A ingin mengirim pesan kepada pengguna B maka penggunaan B tidak harus menunggu untuk menerima pesan terlebih dahulu dan ia juga dapat mengirim pesan pada penggunaan A secara bersamaan.

Hal ini terjadi seperti halnya kita berkomunikasi dengan orang lain menggunakan aplikasi chatting, kita dengan bebas menerima membalas ataupun lain sebagainya dalam waktu yang sama secara cepat dan efisien.


Penggunaan Session Layer


Apabila lapisan lainnya yang bekerja pada sebuah hardware atau perangkat keras tertentu, maka hal tersebut sangatlah berbeda dengan kinerja dari session layer. Lapisan ini bekerja pada sebuah perangkat lunak yang mendukung dirinya di dalam melakukan berbagai tugas untuknya.

Biasanya lapisan ini bekerja pada perangkat lunak pengolah data komunikasi misalnya SQL dan juga aplikasi chatting.

Berikut ini merupakan protokol yang biasanya digunakan oleh lapisan ini untuk mengatur apa yang akan ia kerjakan, yakni :
  • ISO-SP - OSI Session Layer Protocol
  • PPTP - Point-to-Point Tunneling Protocol
  • RPC - Remote Procedure Call Protocol
  • RTCP - Real-time Transport Control Protocol


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Session Layer : Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Penggunaannya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Session Layer.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments