Friday, May 25, 2018

Sistem Operasi DOS : Pengertian Dan Fungsinya

Sistem Operasi DOS : Pengertian Dan Fungsinya




Sistem Operasi DOS : Pengertian Dan Fungsinya - JOKAM INFORMATIKA

Sobat Jokam Informatika tahukah kalian dengan Sistem Operasi ini ? sistem operasi ini biasanya tersedia pada laptop yang masih baru, biasanya pembeli yang tidak mengenal hal ini akan kebingungan karena isi dari laptop tersebut bukanlah windows ataupun linux. Dan kebanyakan dari mereka menganggap bahwa laptop tersebut masih kosongan atau belum terinstall sistem operasi. Anda tidak perlu khawatir karena saya akan mengulas tentang sistem operasi tersebut berikut ini.

Pendapat bahwa sistem operasi DOS adalah Laptop yang kosongan merupakan pendapat yang kurang benar.

Berikut ini adalah penjelasannya,

Sistem Operasi DOS - DOS sendiri memiliki kepanjangan yakni Disk Operating System(DOS). DOS merupakan sistem operasi default yang ada pada perangkat komputer pribadi setiap komputer tersebut dipasarkan. Sistem operasi ini digunakan dengan cara perintah teks atau command line, sebenarnya sistem operasi ini lebih dahulu lahir dari pada windows dan digunakan pada tahun 1980 jadi pada saat itu windows masih belum ada dan sistem operasi ini sudah digunakan. Sangat tua sekali bukan ?

Sekarang, sistem operasi windows berjalan di belakang layar komputer dan akan beroperasi apabila komputer sudah dinyalakan. Maka apabila keyboard dan mouse ketika komputer dinyalakan keduanya akan menyala berarti sistem operasi tersebut sedang bekerja.

Kenapa tidak windows saja sebagai sistem operasi default dan jauh lebih keren ?

Tentu hal tersebut sangat berbahaya apabila difungsikan seperti demikian, karena sistem operasi DOS akan mencover sistem operasi yang sudah diinstall misalkan windows sedang mengalami kendalam atau kerusakan, maka DOS bertindak untuk memeriksa kerusakan dan memberikan akses pada drive. Akses drive sangat kita butuhkan apabila kita ingin mengubah sistem operasi yang rusak tersebut dengan yang baru.


Fungsi Sistem Operasi DOS


Fungsinya tidak hanya diatas itu saja, karena sebenarnya sistem operasi ini memiliki beberapa fungsi lain. Berikut ini merupakan fungsi lain dari sistem operasi DOS :
  • Mengatur alokasi memori.
  • Mampu mengorganisasi dan mengendalikan task pada sistem komputer.
  • Mengatur proses input output data.
  • Memeriksa hardware dan memfungsikannya.
  • Dapat melakukan management file & directory.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Sistem Operasi DOS : Pengertian Dan Fungsinya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Sistem Operasi DOS.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments