Friday, May 25, 2018

Web Hosting : Pengertian, Fungsi, Jenis, Kinerja, Cara Dan Tipsnya

Web Hosting : Pengertian, Fungsi, Jenis, Kinerja, Cara Dan Tipsnya




Web Hosting : Pengertian, Fungsi, Jenis, Kinerja, Cara Dan Tipsnya - JOKAM INFORMATIKA

Bagi sobat Jokam Informatika yang bekerja ataupun menjadi teknisi yang berkaitan dengan blog atau website pastinya sering mendengar istilah hosting bukan ? apalagi pada saat ini banyak sekali diskon diskon yang menawarkan paket murah pada hosting penyedia layanan mereka.

Lantas apa sajakah pengertian, fungsi dan jenis dari hosting ?

Berikut ini saya akan mengulas tentang pembahasan tersebut,

Hosting - Adalah sebuah layanan penyedia ruang website untuk digunakan para pengguna untuk keperluan mereka di dalam dunia online, pada umumnya hosting memiliki ciri fisik khusus yakni memiliki ukuran fisik khusus dan juga jenis sistem operasi yang digunakan. Akan tetapi kita hanya diberi akses pada sebuah akun yang merujuk pada komputer server di layanan yang anda ikuti, sehingga kita tidak perlu datang pada komputer ataupun server guna mengakses keperluan kita karena sudah disediakan akun untuk difungsikan terhubung pada komputer server. Fungsi dari hosting beraneka ragam mulai dari digunakan untuk penyimpanan data aplikasi, penyimpanan media website, file server, email server dan lain sebagainya yang berguna untuk menyimpan data internet.

Perlu anda ketahui bahwa untuk membuat sebuah server sendiri secara real time membutuhkan perangkat yang cukup handal karena akan digunakan pada waktu 24 jam nonstop. Maka alangkah simpel apabila kita tinggal memesan nya pada sebuah layanan penyedia hosting online, sehinga kita langsung dapat menggunakannya tanpa harus melakukan perawatan dikarenakan pihak penyedia sudah merawat perangkat maupun komponen dari server. Selain itu kita juga tidak dipusingkan dengan adanya koneksi yang buruk apabila kita membuat server sendiri karena kebanyakan koneksi internet pada penyedia layanan sangat tepat dan handal. Hal ini akan membuat lebih responsivenya website anda.


Fungsi Web Hosting


Sebelumnya sudah dijelaskan tentang apa itu yang dimaksud hosting, dan dapat disimpulkan bahwa hosting berguna untuk media penyimpanan data file. Dan hal tersebut juga dapat kita publikasi kan menjadi sebuah website apabila file kita memiliki fungsi untuk menampilkan sebuah tampilan website seperti HTML ataupun PHP. Dari fungsi tersebut dapat kita manfaatkan sebagai media atau ladang penghasilan kita, misalkan untuk membuat sebuah website ataupun server aplikasi kita.

Apa benar website ataupun aplikasi dapat membayar kita ? jawabnya tentu saja bisa. Apabila kita dapat membuat konten yang menyebabkan banyak orang tertarik ataupun mempelajarinya, dan apabila seseorang tersebut mengunjungi website ataupun menggunakan aplikasi kita maka ia akan melihat iklan dari google di layar mereka. Semakin ramai sebuah website atau aplikasi maka semakin besar pula peluang anda menghasilkan lebih banyak pundi-pundi uang, untuk cara mendapatkan iklan dan pengiklan kanya pada website atau aplikasi anda maka, anda dapat mencari caranya di google.

Nah, pengunjung yang banyak setiap harinya pastinya membutuhkan sebuah server yang baik dan mumpuni untuk menampung kunjungan para visitor. Maka sebelum anda membeli sebuah hosting pastikan spesifikasi tersebut cocok dengan kebutuhan anda.


Jenis Hosting


Penyedia layanan hosting kini membagi layanan mereka untuk dijadikan beberapa servis yang dikategorikan sesuai dengan harga masing-masing. Ibaratkan penyedia layanan adalah pemilik area pasar dan jalan penjual atau penyewa adalah pengguna, makan mereka harus menyewa tempat untuk berjualan di dalam(dalam artian website mereka di internet). Sedangkan pihak layanan hosting atau pemilik pasar bertugas sebagai penjaga dan manajemen agar dapat digunakan seperti pada umumnya.
Berikut ini merupakan jenis dari posting :

  • Shared Hosting
Adalah layanan hosting yang termurah, ini cocok bagi anda yang memiliki dana yang minim akan tetapi berkeinginan untuk memiliki server sendiri. Kinerja dari jenis layanan ini adalah menempatkan layanan beberapa pengguna pada server yang sama sehingga mereka harus berbagi RAM maupun CPU server untuk digunakan secara bersama-sama dalam satu server. Alasan inilah kenapa harga server jenis ini lebih murah daripada service lain. Namun hal tersebut tidak masalah bagi anda apabila website anda masih memiliki pengunjung yang tidak terlalu membludak maka pilihan ini sangat cocok untuk membantu menghemat keuangan anda.

  • Virtual Private Server(VPS)
Ini merupakan servis yang lebih tinggi kualitasnya daripada Shared hosting, karena klien bisa menggunakan seluruh sumber sekaligus untuk dikelola pada server miliknya tanpa harus membagi nya pada klien yang lain. Maka service layanan ini lebih cocok bagi anda yang memiliki pengunjung banyak per harinya.

Namun kekurangan dari jenis layanan ini adalah bahwa untuk mengatur atau mengelola server, harus dilakukan oleh pengguna secara manual. Bagi anda yang suka sekali dengan tantangan maka hal ini cocok bagi anda, akan tetapi apabila anda ingin layanan yang siap pakai dan tidak memakan banyak waktu ataupun pikiran maka anda lebih cocok untuk menggunakan dedicated server.

Akan tetapi keunggulan dari service ini lebih murah meskipun manual, daripada dedicated server yang lebih mahal tetapi instan.

  • Dedicated Server
Kinerja dari layanan ini mirip dengan virtual private server(VPS) di atas. Yakni menggunakan sumber server tanpa harus membagi nya pada pengguna yang lain, sehingga website ataupun server anda menjadi kuat, lebih responsif, dan tentunya dapat diakses ribuan atau bahkan puluhan ribu orang setiap harinya karena memiliki sumber server yang cukup besar dan terlebih lagi tidak dibagi dengan pengguna yang lain.

Kelebihan dari jenis layanan ini adalah kita tidak perlu sibuk memikirkan atau menyeting bagaimana cara pengoperasian nya, karena hal ini sudah disediakan oleh pihak layanan sehingga kita dapat menggunakannya secara langsung tanpa ribet.

Kekurangannya adalah harganya yang lebih sedikit mahal ketimbang virtual private server dikarenakan adanya fitur langsung pakai.

  • Cloud Hosting
Adalah jenis layanan yang lebih besar yakni menggunakan beberapa server untuk mendukung kinerja nya, masing-masing server digunakan untuk bertujuan sebagai pembantu apabila server utama membutuhkan server yang lain. Jenis layanan ini paling cocok digunakan bagi website yang sangat besar dan memiliki intensitas pengunjung yang ekstrim.


Kinerja Hosting


Server hosting pada dasarnya adalah sebuah perangkat seperti komputer akan tetapi memiliki shio spesifikasi yang lebih kuat dan besar sehingga hal ini dijuluki sebagai server. Untuk sistem operasi umumnya menggunakan sistem operasi yang diputuskan untuk server seperti windows server. Lalu data pengguna akan disimpan pada sebuah hardisk di dalamnya yang menjadi penampung seperti informasi pengguna, gambar, post artikel dan lain sebagainya.


Cara Memilih Hosting


Agar tidak salah pilih ketika di dalam memilih layanan maka anda harus mempertimbangkan kemampuan daya beli anda. Karena apabila anda salah beli bisa bisa dapat menyebabkan website atau layanan anda menjadi buruk atau lemot apabila anda memilih spesifikasi yang lebih bawah daripada kebutuhan anda, selain itu akan terasa mubazir apabila kita membeli spesifikasi yang tinggi padahal kebutuhan kita tidak terlalu muluk maka hal ini sama saja membuang uang untuk kebutuhan yang tidak perlu.
Maka tentukan berikut sebelum memilih :
  • Kebutuhan
  • Daya Beli


Tips Memilih Hosting


  • Storage
Pertimbangkan ukuran penyimpanan yang anda butuhkan cocok dengan kebutuhan anda. Hal ini meliputi media penyimpanan hardisk, fitur, bandwidth, RAM dan CPU.

  • Harga Wajar
Harga juga menentukan kualitas dari hosting tersebut, kita jangan sampai terlena dengan harga yang murah karena harga yang murah belum tentu memiliki kualitas yang baik. Maka disarankan untuk memilih jenis hosting yang memiliki bandrol harga yang wajar.

  • Testimonial
Bukti konsumen ataupun para pengguna tentunya sangat penting, lihat dan amati komentar dari berbagai pengguna yang menggunakan service tersebut. Pastikan bahwa layanan tersebut memiliki lebih banyak komentar positif ketimbang negatifnya.

  • Pelayanan
Tips terakhir adalah pastikan bahwa pelayanannya sangat ramah dan baik, karena hal ini sangat penting bagi anda apabila suatu saat anda mengalami sebuah kendala atau masalah saat menggunakan layanan.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Web Hosting : Pengertian, Fungsi, Jenis, Kinerja, Cara Dan Tipsnya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Web Hosting.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments