Sunday, June 3, 2018

8 Ciri-Ciri Dan Tips Apabila Akun Facebook Kamu Sedang Dihack Orang Lain

8 Ciri-Ciri Dan Tips Apabila Akun Facebook Kamu Sedang Dihack Orang Lain




8 Ciri-Ciri Dan Tips Apabila Akun Facebook Kamu Sedang Dihack Orang Lain - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Di dunia jagad maya banyak sekali beredar tentang pembajakan akun secara besar-besaran. Dan salah satu pengguna terbanyak adalah social media facebook, biasanya seorang hacker akan membajak akun pengguna facebook secara random atau acak. Meskipun ini melanggar, akan tetapi kebanyakan hacker tidak perduli akan hal itu sehingga mereka bebas mengeksploitasi akun yang mereka retas untuk kepentingan mereka sendiri. Untuk mendeteksi keberadaan mereka maka hal tersebut sangatlah sulit, perlu tindakan khusus yang bisa mendapatkan informasi siapa dan asal dari mana si pengakses akun anda. Namun cara ini tentunya akan memakan waktu lama dan juga biaya yang tak sedikit untuk menghubungi pihak facebook.

Maka dari itu saya disini akan membahas tentang apa saja ciri-ciri apabila akun kamu akan dihack atau sedang dihack. Karena apabila hal ini terjadi pada akun anda maka bisa saja dapat merusak citra diri anda maupun mempermalukan orang lain, tentu saja anda ingin menghindari hal ini bukan ?

Seperti apakah ciri-ciri apabila akun kita diretas ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

Facebook - Adalah sebuah situs social media yang populer di berbagai kalangan, kepopuleran nya membuat semua orang banyak yang menggunakannya sehingga membuat keberadaan kita tak jauh dari hacker yang sama menggunakan social media tersebut. Namun populer dan besar perusahaan facebook bukan berarti menandakan website tersebut tangguh serta aman dari serangan pencurian data facebook. Pihak facebook sudah menghimbau kepada pengguna agar lebih menjaga datanya supaya disebar dan dimanfaatkan orang lain untuk kepentingan mereka. Oleh karena itu sangatlah penting memiliki pengetahuan tentang ciri-ciri apabila akun facebook kita sedang dalam keadaan status berbahaya.

Tips : Untuk menjaga keamanan sebelum terjadi hacking akun, alangkah baiknya anda rutin mengganti kata sandi secara rutin 1 atau 2 bulan sekali untuk menghindari hal tersebut terjadi pada akun anda.

Berikut ini merupakan ciri-ciri apabila akun facebook kita akan atau sedang diretas :

Diakses Oleh Perangkat Atau Tempat Yang Tidak Dikenal


Salah satu ciri-ciri pertama yang menandakan akun kita sedang dihack dengan cara diakses oleh orang yang tidak memiliki hak pada akun anda. Apabila hal ini terjadi maka segeralah untuk mengganti password, imel ataupun nomor handphone agar si hacker tidak masuk untuk mengakses kembali.
Tips : Segera lakukan ganti data masuk seperti (Email, Password, Nomor HP, dll) selain itu beri keamanan pihak kedua seperti meminta bantuan teman apabila suatu saat terjadi masalah akan dapat teratasi dengan baik.

Nama Profil Akun Diubah


Salah satu teknik hacker untuk menghilangkan jejak adalah dengan cara mengganti nama profil atau nama akun, sebelum dilakukannya penggantian password. Karena dengan cara tergantinya nama akun maka pemilik akun asli akan lebih kesulitan pada saat mencari akun yang sudah diganti passwordnya tersebut.
Tips : Harap selalu ingat alamat facebook akun anda, karena meski di ganti dalam bentuk apapun nama profil tidak akan membohongi apabila kita sudah mengakses alamat address akun fecebook kita.

Foto Profil Dirubah


Selain itu si peretas juga akan merubah foto profil beserta nama untuk menyulitkan penggunaan asli pada saat melakukan pencarian. Apabila foto profil akun anda sudah terganti maka dapat dipastikan akun dalam keadaan diretas. Maka dari itu sebelum anda menggunakan facebook, pastikan terlebih dahulu memeriksa profil anda setiap menggunakannya agar bisa mengetahui saat akun sedang dihack.
Tips : Selain mengingat alamat website akun facebook sobat juga dapat memanfaatkan hashtag pada status anda yang terdahulu dengan cara mencari nya pada kolom searching yang ada di facebook. Maka anda akan diperlihatkan hashtag yang cocok pada inputan anda.

Mengunggah Foto Dan Video Porno


Salah satu tujuan hacker jahat adalah menurunkan harga diri anda dengan cara mengunggah foto maupun video yang tidak layak ditonton oleh masyarakat umum. Apabila hal ini terjadi pada akun anda maka bisa saja anda akan dicap jelek dan tidak baik oleh teman, saudara dan kerabat anda.
Tips : Harap jangan gunakan berbagai sumber yang memanfaatkan info penting facebook seperti halnya email dan password meskipun itu untuk kepentingan yang sangat anda butuhkan misalnya auto like, auto comment, auto like Fanspage dan lain sebagainya.

Membuat Status Tanpa Anda Sadari


Salah satu tujuan hacker adalah untuk promosi produk miliknya dengan cara memanfaatkan akun facebook orang lain, namun ada pula yang mereka sengaja membikin status yang berisi konten sangat sensitif sehingga dapat menjatuhkan harga diri anda di mata banyak orang atau teman anda.
Tips : Cara mengatasinya yaitu menghapus status yang sudah dibuat dan mengganti password atau informasi penting yang ada pada akun facebook anda, kemudian hapus atau ganti dengan postingan anda sendiri yang berisi konten klarifikasi bahwa yang membuat status sebelumnya bukalah diri anda melainkan orang lain.

Spam Komentar Di Status Orang Lain


Tujuannya hampir sama dengan membuat status sebelumnya, biasanya mereka memberikan komentar produk mereka kepada semua orang tanpa henti sehingga hal ini akan menyebabkan facebook mendeteksi akun anda sebagai spam.
Tips : apabila anda sedang mempergoki atau mengetahui mereka melakukan promosi secara besar-besaran dengan cara berkomentar pada status orang lain maka segeralah ganti password dan hilangkan komentar tersebut sebelum pemilik postingan mengetahui komentar anda.

Mengirim Chat Sembarangan Pada Banyak Orang


Pada ciri-ciri kali ini biasanya memang sering terjadi yaitu melakukan inbox kepada banyak orang secara bersamaan untuk melakukan promosi produk mereka seperti kedua hal ciri-ciri diatas. Tidak masalah memang apabila yang sedang akun kita chatting kerabat atau teman kita maka bisa dapat lebih mengerti apabila dilakukan klarifikasi. Akan terasa sangat parah apabila yang sedang dichat oleh si hacker merupakan guru ataupun orang tua yang harus kita hormati. Tentunya hal ini akan sangat memalukan namun anda jangan takut apabila anda tidak bersalah.
Tips : untuk cara mengatasinya hampir sama dengan tips diatas yaitu menggantinya password dan informasi penting akun anda kemudian melakukan klarifikasi terhadap masalah tersebut.

Akun Dalam Keadaan Online Saat Tidak Digunakan


Untuk mengetahuinya hal ini memerlukan satu akun lagi yang berguna memeriksa status online atau offline nya akun kita pada saat itu. Kita bisa memanfaatkan akun kedua milik kita dengan cara membuat akun baru ataupun meminjam kepada teman hanya sekedar melihat informasi online atau offline nya. Jika aku nanda dilihat dari akun lain sedang dalam keadaan offline maka hal tersebut sangatlah lumrah, namun apabila saat ditinjau dalam keadaan online maka anda harus waspada dan bergegas masuk ke dalam akun anda untuk mengubah informasi penting yang ada di dalam akun pribadi facebook milik anda.
Tips : buatlah akun lebih dari satu atau bekerja sama dengan teman untuk mengamankan akun anda dengan cara verifikasi dua langkah. Verifikasi ini akan meminta kode yang sudah terkirim pada teman yang ada jadikan verifikator, hal ini biasanya akan sangat dibutuhkan dan terasa sangat berguna apabila anda menjumpai masalah pembobolan facebook di akun anda.


Itulah ciri-ciri yang patut kita perhatikan agar kita bisa mengantisipasi apabila akun kita sedang di ganggu oleh orang yang tidak berwenang, apabila ini terjadi maka bukan tidak mungkin bisa saja menyebabkan pertikaian antara anda sendiri dengan pihak keluarga atau teman yang anda kenal. Ditambah orang asing yang tidak anda kenal akan ilfil berteman dengan anda hehe... Padahal jelas-jelas bukan kita lah yang melakukannya melainkan orang lain. Semoga dapat memberikan manfaat bagi sobat semua.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan 8 Ciri-Ciri Dan Tips Apabila Akun Facebook Kamu Sedang Dihack Orang Lain.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Ciri-Ciri Facebook Kita Dihack.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments