Monday, June 4, 2018

IMAP : Pengertian, Kinerja Dan Keunggulannya

IMAP : Pengertian, Kinerja Dan Keunggulannya




IMAP : Pengertian, Kinerja Dan Keunggulannya - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Tahukah kalian salah satu protokol yang bekerja pada saat pengiriman pesan internet atau imail di dalam sebuah internet ? dengan adanya protokol ini maka hal ini memungkinkan anda untuk berkomunikasi pada orang lain secara gratis menggunakan media internet di dalam komputer atau seluler. Protokol ini pada saat bekerja memiliki dua teman protokol yang tentunya melengkapi kinerjanya yaitu SMTP dan juga PoP3. Sedangkan protocol IMAP lebih dominan melayani pengguna dalam hal memilih pesan ataupun menghapus pesan yang dikehendaki.

Seperti apakah itu IMAP di dalam Elektronik Mail ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

IMAP - memiliki kepanjangan yaitu Instant Message Access Protocol. Protokol ini memungkinkan pengguna untuk memilah surat mana yang akan diambil dan juga dihapus apabila tidak dibutuhkan lagi. Selain itu dengan adanya protokol ini juga dapat memudahkan pengguna pada saat membuat folder di dalam server atau pun mencari pesan tertentu di dalam server. Kemampuan ini jauh lebih banyak daripada protokol yang lain, akan tetapi bukan berarti protokol yang lain tidak dibutuhkan oleh protokol ini karena semua protokol saling memiliki ketergantungan masing-masing.

Pada awalnya protokol ini dijuluki dengan kepanjangan Interim Mail Access Protocol, akan tetapi karena protokol ini sudah menjalani berbagai revisi maka di ubahlah kepanjangan tersebut menjadi Instant Message Access Protocol. Selain itu juga protokol ini mampu menampung pesan yang memiliki konten dengan mekanisme MIME.



Kinerja IMAP


Protocol IMAP bekerja untuk melayani pemanagement-an pesan yang dilakukan oleh user pada sebuah internet. Maka kinerja protokol ini adalah sebagai berikut :
  • Koneksikan diri kepada server.
  • Mengambil konten yang diinginkan oleh user, dibutuhkan, membuat dan menyimpan cache pesan secara local.
  • Memproses user edit, misalnya menandakan email yang sudah dibaca, menghapus email dan lain sebagainya.
  • Memutuskan koneksi dengan server.


Keunggulan IMAP


Protocol IMAP memungkinkan pengguna agar dapat mengakses pesan yang sudah tersimpan di dalam server email, akses yang dapat diberikan oleh protokol ini yaitu menandai, menghapus ataupun membaca pesan yang ada di dalam server. Dengan adanya kelebihan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa protokol tersebut memiliki keunggulan sebagaimana berikut :
  • Email disimpan didalam server, maka email dapat diakses secara bersamaan didalam server satu-persatu.
  • Hanya koneksi internet saja yang dibutuhkan untuk mengakses email, berbeda dengan SMS dan Telepon yang membebankan biaya pulsa elektrik.
  • Untuk meload email tidak memerlukan internet yang besar layaknya streaming karena email di desain sangat sederhana dan dapat menyampaikan pesan dengan sangat baik.
  • Tidak terlalu memakan kapasitas memori lokal komputer atau seluler.
  • Sudah mendukung pemrograman HTML sehingga tampil lebih modis, karena tuntutan ini dibutuhkan oleh para jasa IM(internet marketing).
  • Dapat memindai virus dan juga link mencurigakan. Namun anda tetap harus berhati-hati apabila anda menggunakannya.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan IMAP : Pengertian, Kinerja Dan Keunggulannya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang IMAP.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments