Wednesday, June 20, 2018

Pembelajaran Struktur Dasar Bahasa Pemrograman HTML

Pembelajaran Struktur Dasar Bahasa Pemrograman HTML




Pembelajaran Struktur Dasar Bahasa Pemrograman HTML - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Asingkah sobat dengan yang namanya pemrograman HTML ? bagi sobat yang tidak mendalami tentang pemrograman komputer pastinya sangat asing, namun bagi sobat yang mengetahuinya pastinya tidak terlalu bingung dengan istilah tersebut. Nah, di sini saya akan menjelaskan dan juga memberikan pengertian tentang dasar pemrograman HTML. Artikel ini paling cocok bagi sobat yang ingin terjun di dunia pemrograman dan desain website.

Lalu apa sajakah dasar dari pemrograman ini ?

Simak ulasan saya di bawah ini untuk mengetahuinya.

HTML - memiliki kepanjangan yakni Hyper Text Markup Language, adalah pemrograman yang digunakan untuk membentuk sebuah website atau halaman sebuah situs agar dapat bekerja secara normal dan juga lebih menarik, pemrograman ini memang tampak sangat mudah untuk dilakukan namun apabila kita membuatnya pastinya harus memiliki berbagai pengalaman sebelumnya karena dalam pemrograman sebuah kegagalan itu adalah lumrah dan anda bisa mencobanya terus-menerus sampai anda benar-benar ahli.

Pemrograman ini biasanya digunakan untuk mendesain website agar dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh si pembuat website dengan tampilan gambar, teks ataupun video. Pada umumnya pemrograman ini dapat diakses oleh pengunjung melalui web browser mereka misalnya Chrome, Mozilla dan Opera dengan menggunakan port browser yang pada umumnya adalah 80 dan 8080.

Oke, langsung saja kita memasuki materi pembelajaran dasar HTML. Berikut ini merupakan contoh dasar penulisan HTML :


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Nama Tab Halaman</title>
</head>
<body>
<h1>Ini Judul</h1>
<p>Ini paragraf pertama.</p>
<p>Ini paragraf kedua...</p>
</body>
</html>

Seperti layaknya organ fisik manusia, pemrograman html memiliki dasar demikian. Yaitu memiliki kepala dan juga badan yang berguna untuk men deklarasi pada saat pemrograman dibuat. Biasanya untuk deklarasi fungsi dapat anda terapkan atau tempatkan di dalam kepala sedangkan untuk deklarasi konten dapat anda tempatkan di dalam badan. Untuk lebih lengkapnya berikut ini merupakan keterangan dari tag-tag koding diatas :

Keterangan :<!DOCTYPE html> = memiliki peran sebagai identifikasi bahwa dokumen ini berjenis kan pemrograman html, akan tetapi hal ini tidaklah wajib bagi anda sehingga apabila anda tidak menyertakan nya maka pemrograman anda juga dapat berjalan dengan baik. Akan tetapi untuk penulisan html5 hal ini sangatlah penting untuk deklarasiannya.
<html> = adalah sebuah tagging yang berfungsi untuk men deklarasi kan bahwa pemrograman ini adalah jenis pemrograman html, sehingga kode ini penting untuk digunakan agar server dan juga search engine mudah mengenali situs anda. Sebagian orang juga menganggap bahwa kode ini mewakili root dalam pemrograman website.
<head> = kode ini berfungsi untuk menyimpan fungsi dan juga meta informasi lainnya yang digunakan pada dokumen jenis pemrograman ini.
<title> = kode ini berfungsi untuk memberi nama pada tab yang akan dibuka oleh pengunjung di browser mereka.
<body> = adalah sebuah kode yang berguna untuk menyimpan konten halaman website yang akan dimaksudkan untuk diperlihatkan pada pengunjung.
<h1> = kode ini adalah jenis dari pengkodean konten yang berguna untuk memberi tulisan judul yang besar pada halaman.
<p> = kode ini juga merupakan jenis dari pengkodean konten yang berguna untuk memberi paragraf tulisan di dalam sebuah website.
</html>,</body>,</title>,</head> = adalah kode yang berguna untuk menutup 3 fungsi utama di atas yaitu kepala<head>, badan<body> dan root<html>.


Ingin mencobanya ?
Klik disini : JALANKAN CODE


Atribut Terkait

Atribut
Fungsi
<a>
  Addressing Tag



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Pembelajaran Struktur Dasar Bahasa Pemrograman HTML.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Struktur Dasar Pemrograman HTML.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments