Saturday, June 2, 2018

SMTP : Pengertian, Keunggulan, Kinerja Dan Protocol Pendukungnya

SMTP : Pengertian, Keunggulan, Kinerja Dan Protocol Pendukungnya




SMTP : Pengertian, Keunggulan, Kinerja Dan Protocol Pendukungnya - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat mestinya kalian pernah menggunakan email pada saat kalian ingin mengirim tugas kepada guru ataupun berkomunikasi pada teman jauh bukan ? Email juga diperlukan untuk kebutuhan pendaftaran seperti facebook, twitter dan sosial media lain sebagainya. Karena email merupakan teknologi yang dapat menampung sebuah pesan pribadi milik kita sehingga hal ini dijadikan acuan sebagai verifikasi data pengguna. Dengan adanya teknologi pengiriman pesan secara kilat ini bisa mengurangi biaya pengiriman sebuah pesan.

Dahulu kala kita tentu tahu bahwa teknologi belum se maju saat sekarang ini, pada kala itu pengiriman surat masih menggunakan hewan berupa burung pengantar surat. Dengan adanya email maka kita dapat terhubung pada saudara, teman atau kerabat yang jauh tanpa adanya Delay(jangka waktu) yang panjang.

Pada era tahun 90-an, orang yang pertama kali menggunakan pesan email adalah ratu inggris.

Seperti apakah peran penting SMTP untuk pengiriman surat ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

SMTP - Memiliki kepanjangan yakni Simple Mail Transfer Protocol. Adalah sebuah protokol yang melakukan proses pengiriman dan penerimaan sebuah pesan elektronik yang dimasukkan oleh pengirim. Protokol ini bekerja secara online di dalam jaringan internet, sedangkan pada penerapannya protokol ini hanya digunakan untuk membantu pengguna saat mengirim surat elektronik atau pun menerima surat elektronik. Isi pesan elektronik dapat dimuat dengan menggunakan berbagai konten seperti tulisan, gambar, video, musik atau bahkan aplikasi.

SMTP sendiri pertama kali mulai didefinisikan oleh RCF pada tahun 1982, yang juga dikenal dengan nama STD 10. Hingga saat ini, protocol SMTP ini sudah diperbaharui, dan perbaharuan terakhirnya adalah pada tahun 2008, yang dilakukan oleh RFC 5321. Sama seperti beberapa protocol aplikasi internet lainnya yang banyak digunakan, seperti HTTP misalnya, SMTP juga menggunakan protocol TCP dalam internet untuk dapat bekerja, dengan spesialisasi sebagai pengirim surat elektronik atau email.


Keunggulan Email


Pesan elektronik ini banyak disukai masyarakat karena memiliki keunggulan sebagai berikut ini :
  • Cepat dalam proses pengiriman surat
  • Tidak membutuhkan biaya perangko
  • Mempermudah komunikasi yang berjarak sangat jauh
  • Privasi terjaga
  • Mudah untuk digunakan semua orang
  • Bisa dilakukan dimana saja
  • Sudah banyak vendor maupun aplikasi yang memberikan layanan email
Berbagai keunggulan di atas mungkin terbilang sangat remeh bagi anda yang belum mengetahui proses yang panjang sebelum pesan diterima atau dikirim oleh pengirim, namun proses yang panjang tersebut tidak sepanjang apabila kita mengirim pesan melalui kantor pos.


Kinerja SMTP


Kinerja dari protokol ini sebenarnya sangatlah sederhana sehingga mudah dipahami, kinerja protokol ini memiliki prinsip dasar yaitu bahwa terdapat sebuah email server yang bertugas sebagai penampung pesan dan pesan tersebut ditunda sebelum dapat dikirim ke alamat email penerima.

Sehingga, apabila mengirim sudah selesai mengedit atau membuat isi konten dari pesan elektronik maka pengirim akan mengirim pesan kepada alamat email tertentu yang dituju. Pada saat itu juga pesan akan berjalan menuju ke dalam server mail dan dicocokan dengan alamat email tujuan. Apabila email tujuan sudah ditemukan maka tugas SMTP sebagai pengirim dapat dilaksanakan pada saat itu juga, selain itu protokol ini akan memberitahukan apabila pesan sudah disampaikan ataupun ada kendala di dalam pengiriman. Semuanya akan disampaikan secara transparan kepada pengirim tentang laporan pengiriman.

Pada saat kita menggunakan nya kita harus memiliki sebuah koneksi internet untuk menggerakkan protokol yang dimaksud pada sebuah jaringan, tanpa adanya fasilitas tersebut maka pengiriman pesan sangat mustahil untuk terkirim ataupun diterima. Karena memang pada dasarnya protokol ini digunakan untuk umum maka ditempatkan lah pada jaringan online agar dapat dimanfaatkan oleh banyak orang di seluruh dunia.


Protokol Pendukung SMTP


Setelah kita sudah membahas tentang protocol SMTP di atas beserta kinerja nya, meski demikian sebenarnya untuk menjalankan sebuah kinerja email membutuhkan hal lain bukan hanya sekedar menerima maupun mengirim surat elektronik. Di sini kinerja SMTP akan dilengkapi dengan 2 protokol pembantunya yakni IMAP dan POP3.

Protokol IMAP dan POP3 sejatinya sama juga bekerja untuk menangani proses pesan elektronik, IMAP memiliki kepanjangan yaitu Instant Message Access Protocol. Protokol ini memungkinkan pengguna untuk memilah surat mana yang akan diambil dan juga dihapus apabila tidak dibutuhkan lagi.

Sedangkan POP3 memiliki kepanjangan Post Office Protocol yang memiliki kemampuan untuk mendownload pesan yang akan dibaca, pesan umum biasanya terkandung didalamnya berisi tentang teks, gambar, video, musik maupun aplikasi.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan SMTP : Pengertian, Keunggulan, Kinerja Dan Protocol Pendukungnya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Protokol SMTP.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments