Saturday, June 23, 2018

Tagging a Hreflang Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML

Tagging <a> Hreflang Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML




Tagging <a> Hreflang Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sebelumnya sobat tentunya sudah pernah mempelajari tentang salah satu tag content yang digunakan pada pemrograman HTML yaitu <a>, yang mana ia dapat difungsikan sebagai addressing tag dan dapat mengarahkan seorang pengunjung yang sudah mengklik tulisan untuk memproses atau mengarahkan pengunjung ke halaman yang lainnya.

Memang pada dasarnya fungsi ini tidak sangat berguna apabila anda membuat website yang sangat kecil, namun apabila anda ingin tujuan dari website anda bisa dikenal oleh berbagai negara maka anda wajib menyertakan fungsi dari atribut ini. Apabila anda menyertakan atribut ini pada sebuah website khusus misalkan website anda yang memiliki 3 bahasa yakni Inggris, Arab dan Indonesia. Maka ketika anda tidak menyertakan atribut ini kemungkinan situs anda terdeteksi memiliki bahasa yang sama semuanya oleh sistem pencarian seperti google. Namun apabila anda menyertakan atribut ini kemungkinan website yang anda miliki akan diprioritaskan untuk negara yang memiliki bahasa yang mendukung konten bahasa anda.

Attribute ini bernama Hreflang dan bekerjasama dengan <a> dalam menentukan sebuah jenis konten bahasa agar sistem pencarian memprioritaskannya pada negara yang berkaitan.

Jadi, seperti apakah bentuk dari Hreflang itu ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya,

Hreflang - adalah sebuah atribut yang dapat mendeklarasikan jenis konten yang ada pada halaman yang akan dikaitkan. Setiap negara pastinya memiliki kode yang berbeda-beda, kode tersebut biasanya memiliki jumlah 2 digit huruf yang mewakili nama dari negara tersebut. Misalkan Indonesia adalah ID, Amerika Serikan adalah US, China adalah CN dan Arab adalah AR. Apabila anda ingin mengetahui kode negara maka anda dapat membacanya di sini Kode Hreflang Berbagai Negara.

Fungsinya pun cukup unik yaitu sistem pencarian online akan memprioritaskan halaman website anda yang mendukung bahasa tersebut kepada negara yang bersangkutan, sehingga dapat dikatakan saat mereka (calon pengunjung asal luar negeri) itu sedang mencari segala sesuatu yang mungkin konten yang anda miliki dapat membantu mereka maka website anda akan lebih disarankan untuk mereka kunjungi melalui search engine seperti google, yahoo, yandex maupun bing.

Namun peraturan yang harus diketahui bahwa agar halaman anda valid yang support bahasa negara tertentu maka anda harus memiliki halaman tertentu pula serta tidak memanfaatkan translate atau penerjemah online, sehingga konten yang anda miliki murni mendukung bahasa tersebut tanpa manipulasi.

Halaman yang dimaksud adalah :
  • www.Situs_anda.com/bahasa inggris/
  • www.Situs_anda.com/bahasa arabic/
  • www.Situs_anda.com/bahasa china/
  • www.Situs_anda.com/bahasa indonesia/
Dari halaman di atas dapat disimpulkan bahwa anda harus membuat direktori khusus bagi bahasa untuk konten anda, bahasa berbeda tidak boleh disatukan menjadi satu halaman karena itu dapat mempengaruhi kinerja hreflang sebenarnya yang membuat website anda lebih terpercaya untuk negara tertentu.

Nah, untuk melakukannya dan menerapkannya pada website anda adalah sebagai berikut,

Tambahan :
Atribut ini bekerja bersamaan dengan atribut href, hingga anda harus mencantumkan atribut href pada satu set <a> tagging.
Efek memerlukan beberapa atau banyak waktu untuk menyesuaikan dengan server search engine online agar dapat ter-terapkan.


Syntax :

<a href="https://www.situs_anda.com/bahasa_direktory/" hreflang="kode_negara">


Penerapan Syntax :

  • English Language

<a href="https://www.jokam-informatika.com/EN/" hreflang="EN">


  • Indonesian Language

<a href="https://www.jokam-informatika.com/" hreflang="ID">


  • China Language

<a href="https://www.jokam-informatika.com/CN/" hreflang="CN">


  • Arabic Language

<a href="https://www.jokam-informatika.com/AR/" hreflang="AR">


Keterangan :
Kenapa yang indonesia tidak saya beri direktory ? karena konten original saya adalah indonesia sehingga tidak membutuhkan bahasa direktory juga tidak masalah.

NB :
Perlu diingat bahwa setiap negara berbeda direktory, harap teliti supaya tidak terjadi bentrok karena kesamaan dapat menyebabkan Search Engine justru akan kebingungan dengan maksud dari website anda.



Ingin mencobanya ?
Klik disini : JALANKAN CODE


Ingin Kembali ke <a> Tagging ?
Klik disini : Tagging <a> HTML



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Tagging <a> Hreflang Attribute Pada Bahasa Pemrograman HTML.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Tagging <a> Hreflang HTML.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments