Saturday, June 9, 2018

Tak Ingin Diretas Hacker ? Lakukan Hal Ini Untuk Mengantisipasinya

Tak Ingin Diretas Hacker ? Lakukan Hal Ini Untuk Mengantisipasinya




Tak Ingin Diretas Hacker ? Lakukan Hal Ini Untuk Mengantisipasinya - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Pada era digital yang sangat pesat dan modern ini, akan tercipta teknologi ataupun terobosan terbaru yang memungkinkan semua orang dapat mengakses apapun yang mereka inginkan baik itu pengetahuan, hiburan maupun kinerja yang memudahkan pembayaran serta transportasi atau jual beli antara satu manusia dengan yang lainnya. Namun tahukah anda bahwa dengan adanya banyak sekali kemudahan tersebut tak jarang dari segelintir orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata dalam bidang teknologi memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan diri mereka sendiri dan juga merugikan pengguna yang bersangkutan.

Biasanya mereka menargetkan korban yang memiliki banyak materi seperti para pejabat ataupun pengusaha perusahaan besar, untuk menghindari tingkat pendeteksian dari pihak berwajib biasanya mereka menyewa tempat seperti hotel dengan memiliki jaringan yang akan mereka fungsi kan untuk melancarkan kejahatan nya. Hacker seperti ini biasanya memiliki komunikasi dengan para pemain yang lain dengan skala internasional.

Lalu, bagaimanakah cara mengantisipasinya supaya kita tidak terkena hal tersebut ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

Hacking - adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang ahli dalam bidang teknologi ataupun komunikasi jaringan. Mereka biasanya membenahi sebuah sistematik komputer ataupun server yang memiliki sebuah celah ataupun bug, mereka dapat mengenali apa yang sedang dimaksud oleh sistem jaringan dengan menggunakan kode yang mereka kuasai. Namun apa jadinya apabila tehnik ataupun kemampuan tersebut digunakan untuk keperluan tertentu yang tergolong sebagai penyalahgunaan, pastinya hal tersebut sangat disayangkan oleh kebanyakan orang pengguna internet. Akan tetapi di satu sisi kita tidak dapat mencegahnya karena hal tersebut dilakukan oleh berbagai pihak didalam jaringan yang luas, akan tetapi kita dapat melakukan sebuah antisipasi untuk mencegah diri kita menjadi korban para pelaku kejahatan cyber tersebut.

Berikut ini adalah cara untuk mengantisipasinya :


1). Gunakan Password Yang Aman



Seorang hacker pastinya mengincar sebuah akun tertentu yang memiliki harga yang tidak sedikit, minimal nya akun tersebut dapat dimanfaatkan ulang oleh si hacker. Maka dari itu untuk mengamankan sebuah akun pastinya anda harus memilih berbagai password yang aman untuk akun anda, sedangkan password yang aman memiliki kombinasi yang cukup rumit dan tidak mudah diketahui oleh orang lain ketika kita memasukkan sebuah password di keyboard komputer, handphone atau laptop kita.

Salah satu hal yang tidak boleh anda lupakan selain membuat password anda tampak lebih aman adalah anda harus mengingat password tersebut. Password jenis apapun dan serumit apapun itu anda harus tetap mengingatnya, karena akan sangat percuma apabila kita mempertahankan akun kita untuk tetap aman padahal kita sendiri yang berpotensi untuk melenyapkan nya. Maka ingat password sangatlah penting bagi pemilik akun karena kasus lenyapnya akun paling banyak adalah pemiliknya yang lupa password yang terakhir dipakai selain dari hacking.


2). Pastikan Tidak Ada Program Ilegal Berjalan



Seorang hacker akan mem mata-mata hai korbannya sebelum ia mendapatkan semuanya, mereka bisa membuat berbagai aplikasi yang dapat berguna untuk mata-matai sistem dan kinerja nya sehingga apabila kita melakukan sebuah kegiatan akan terpantau dengan jelas oleh sia hacker. Meskipun demikian, hacker dapat memanipulasi sistem akan tetapi apabila ia bertemu dengan pengguna yang bijak dan cerdik maka kemungkinan besar apa yang hacker rencanakan bisa saja gagal total karena sudah ketahuan oleh calon korban.

Yang anda lakukan hanyalah cukup mengawasi program apa yang sedang berjalan dengan cara (CTRL+Shift+Esc). Awasilah semua program yang sedang berjalan apabila anda tidak mengenali sebuah proses atau program maka yang anda lakukan haruslah menemukannya dan mencegahnya menggunakan antivirus ataupun aplikasi pelenyap file asing. Kebanyakan dari mereka sulit dihapus maka dari itu anda membutuhkan aplikasi khusus.


3). Jangan Sembarangan Menggunakan Wifi



Sebuah wifi ternyata juga dapat digunakan untuk menjadi media sebelum melumpuhkan berbagai banyak korban, karena wifi bekerja menyatukan berbagai perbedaan perangkat menjadi satu jaringan yang menyebabkan semua perangkat yang terhubung bisa berkomunikasi dengan perangkat yang lainnya dalam jaringan yang sama. Dengan keadaan seperti itu maka hal tersebut menjadikan anda sebagai sasaran empuk oleh si hacker.

Kita tidak akan tahu siapa saja yang terhubung pada wifi yang kita gunakan, kita juga tidak mengetahui para pengguna dalam jaringan yang sama tersebut semuanya orang yang awam ataupun ada beberapa kelompok hacker yang sama terhubung. Untuk itulah anda harus berhati-hati apabila ada wifi yang tidak memakai password dan mengizinkan berbagai orang untuk mengakses nya maka hal tersebut patut anda curigai.

Namun untuk mengantisipasi nya anda dapat menggunakan aplikasi VPN(Virtual Private Network) untuk meng enkripsi transmisi data keluar masuk dari perangkat anda sehingga pastinya hacker akan lebih kesulitan. Namun teknik tersebut tidak menjamin 100% anda bisa terhindar dari jeratan peretasan seorang hacker.


4). Rutin Melakukan Pembaruan System



Sebuah sistem yang usang ataupun lawas pastinya sudah pernah ditesting oleh seorang hacker, pastinya juga ia sudah mengkaji bagaimana cara melumpuhkan nya, bagaimana cara menghindari, bagaimana cara menyusup secara tidak diketahui dan lain sebagainya. Nah, hal tersebut akan sangat berdampak apabila anda bertemu seorang hacker tersebut. Anda hanya menunggu waktu sebelum seorang hacker tersebut merasuki sistem anda.

Berbeda apabila anda selalu melakukan pembaruan sistem setiap saat sehingga hal ini akan memberatkan seorang hacker karena belum mengetahui seluk beluk nya terlebih dahulu akan tetapi sudah anda pasang. Pembaruan sistem pada dasarnya sudah disediakan oleh berbagai sistem operasi bahkan sampai merujuk pada seluler, hal ini ditujukan bukan lain dan bukan tidak adalah sebagai sarana memperbaiki kinerja sistem operasi dan juga menghindarkan pengguna dari serangan dunia cyber.


5). Backup Data Penting Ke Penyimpanan Awan



Salah satu terobosan terbaru adalah teknologi penyimpanan berbasis awan atau cloud, penyimpanan ini memungkinkan anda menyimpan data pribadi milik anda tanpa harus terkena virus ataupun rusak. Akan tetapi ada suatu keharusan yang patut anda ingat bahwasanya untuk mengakses penyimpanan awan anda harus memiliki sebuah akun khusus untuk mengakses file-file anda, maka hal ini berarti anda tidak perlu menjaga server ataupun menjaga perangkat keras penyimpanan tersebut, yang perlu anda lakukan hanyalah mengingat username atau imel dan juga password akun anda sehingga ketika anda membutukan file anda kembali maka anda dapat mengunduh nya dan mempergunakan ulang file yang sudah anda simpan.

Untuk melakukannya anda membutuhkan sebuah koneksi yang mampu untuk mengunggah file ataupun mengunduh file ketika dibutuhkan, hal tersebut pastinya bukanlah masalah yang besar bagi anda mengingat dokumen atau file yang anda miliki jauh lebih penting daripada materi.


6). Selalu Curiga Dengan Link(Alamat Website)



Pada era modern ini ternyata bukan hanya di jaringan saja sebuah kejahatan cyber bisa terjadi, karena pasalnya sekarang sebuah website ternyata dapat disalahgunakan dengan cara menyisipi virus didalamnya, menyelaraskan tampilan aseli website(mirip), dan lain sebagainya. Maka yang anda lakukan adalah harus tetap berhati-hati ketika berinternet. Meski anda menggunakan jaringan anda sendiri apabila anda terlalu percaya dengan sembarang link atau alamat website yang diberikan orang lain untuk anda maka bukan mustahil bahwa hal itu merupakan salah satu trik hacker dalam mengelabuhi anda.

Kasus terbanyak pencurian akun, rekening, dan barang berharga lainnya ternyata bermula karena terlenanya seorang calon korban karena website yang ia akses mirip dengan website yang biasa ia akses sehari-harinya. Ia tak sadar bahwa alamat website jelas berbeda dari kenyataannya. Jadi anda harus lebih berhati-hati didalam menggunakan internet agar anda tak menjadi korban berikutnya.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Tak Ingin Diretas Hacker ? Lakukan Hal Ini Untuk Mengantisipasinya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Antisipasi Hacking.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments