Saturday, June 2, 2018

WLAN : Pengertian, Komponen, Kelebihan Dan Kekurangannya

WLAN : Pengertian, Komponen, Kelebihan Dan Kekurangannya




WLAN : Pengertian, Komponen, Kelebihan Dan Kekurangannya - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat yang pertama kali mengenal android pastinya sangat kebingungan dengan fitur ini ? saya waktu dahulu juga kebingungan mengenai apa kegunaan dari fungsi ini di dalam handphone. Karena saya mencari di dalam sebuah website maka saya menemukan istilahnya yang membuat saya mengerti. WLAN adalah sebuah teknologi jaringan yang berguna untuk memancarkan sebuah paket internet ke dalam banyak atau beberapa perangkat keras seperti handphone dan laptop.

Bagi seorang administrator pastinya harus mengetahui tentang kebutuhan langganan paket internet kepada ISP(Internet Service Provider), namun apabila anda hanyalah seorang pengguna maka hal tersebut tidak berlaku bagi anda.

Seperti apakah WLAN itu ?

Berikut ini merupakan penjelasannya,

WLAN - memiliki kepanjangan dari wireless local area network. Yaitu sebuah jenis jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio maupun udara sebagai alat media transmisi data. Sinyal disampaikan atau dipancarkan biasanya melalui sebuah router ataupun akses point, yang kemudian akan diterima oleh perangkat keras seperti laptop dan komputer untuk digunakan sebagai komunikasi di dalam internet. Dengan tanpa kabel tersebut maka WLAN juga disebut dan dijuluki dengan jaringan tanpa kabel ataupun jaringan nirkabel.

Hal ini merupakan salah satu kemajuan zaman yang membuat orang pengguna internet bisa cepat menikmati fasilitas internet tanpa menyambungkan dengan menggunakan kangen atau mengatur secara manual pada perangkat keras mereka.


Komponen WLAN


  • Mobile/Desktop PC - adalah perangkat pengguna yang biasa digunakan pada saat ingin terkoneksi pada wifi, kedua perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur port PCMCIA oleh pabrik. Akan tetapi untuk perangkat komputer biasanya harus ditambahkan wireless adapter pada PCI Card, kemajuan zaman sekarang juga sudah menuntut pabrik untuk memproduksi perangkat wireless adapter yang menggunakan UBS.
  • Access Point - adalah sebuah perangkat yang dijadikan sebagai titik akses point oleh para pengguna, kinerja utama dari access point adalah memancarkan sinyal yang sudah dialirkan oleh ISP. Kemudian dipancarkan lah pada pengguna internet, perangkat ini dapat mengkonversi kan sinyal frekuensi radio menjadi sinyal digital yang akan disalurkan kepada pengguna tanpa melalui kabel.
  • WLAN Interface - Peralatan yang dipasangkan di Mobile atau desktop PC (Personal Computer), peralatan yang dikembangkan secara massal yaitu dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) card, PCI card maupun melalui port USB.
  • Antena - adalah hardware pendukung yang berguna untuk memperkuat sinyal agar dapat menjangkau pengguna yang lebih jauh dalam area tersebut.


Kelebihan WLAN


Metode ini sudah banyak digunakan berbagai pihak untuk menunjang bisnis mereka, mulai dari cafe, restoran, hotel, tempat futsal dan lain sebagainya. Dengan adanya wifi maka pelanggan pun akan lebih nyaman ketika berada pada sektor bisnis kita. Berikut ini merupakan kelebihan dari WLAN :
  • Mibilitas Tinggi - hal ini memungkinkan para pengguna dapat berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya yang tentunya masih terjangkau dalam area koneksi. Sehingga tidak terpaku pada tempat yang sama seperti halnya metode LAN, sehingga dengan adanya mobilitas yang tinggi tentunya bisa meningkatkan kualitas pelayanan dan produktivitas bisnis.
  • Mudah Dan Cepat - untuk instalasi metode WLAN terbilang sangat mudah daripada metode pengkabelan yang lebih ribet. Dengan kemudahan tersebut kita bisa hanya memakan beberapa waktu yang singkat saja untuk memasang nya.
  • Minim Biaya - pada umumnya banyak orang yang mencari sebuah metode yang lebih murah dan juga efisien, dengan penerapan WLAN teknologi maka biaya instalasi bisa lebih murah. Karena perangkat ini biasanya dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal, selain itu perangkat ini juga tidak membutuhkan kabel yang tentunya apabila ada membelinya bisa menambah pengeluaran anda lebih banyak.
  • Scalable - dapat diterapkan pada berbagai macam topologi jaringan sesuai dengan kebutuhan yang anda butuhkan, selain itu juga dapat diterapkan pada area yang tidak terlalu lebar karena teknologi ini memanfaatkan pancaran radio yang dibawa oleh udara.


Kekurangan WLAN


Dibalik kelebihan sebuah teknologi masa depan pastinya memiliki beberapa kekurangan atau bahkan lebih, di atas sudah kita bahas berbagai kelebihan yang dapat kita peroleh apabila kita memakai metode ini. Jadi, berikut ini merupakan kekurangan dari metode WLAN :
  • Kerahasiaan informasi dan keamanan data kurang terjamin karena dapat disadap oleh pengguna yang berada di jaringan yang sama.
  • Adanya masalah sinyal radio seperti halnya terhalang, terpantul dan banyak sumber yang dapat mencegah lancar nya arus data beredar.
  • Harus dibekali perangkat tambahan yaitu sinyal penguat apabila anda menghendaki agar agar lebih jauh.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan WLAN : Pengertian, Komponen, Kelebihan Dan Kekurangannya.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Teknologi WLAN.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments