Sunday, July 22, 2018

Cara Mengambil Screenshot Layar Monitor Laptop Atau Komputer Windows Dengan Mudah

Cara Mengambil Screenshot Layar Monitor Laptop Atau Komputer Windows Dengan Mudah




Cara Mengambil Screenshot Layar Monitor Laptop Atau Komputer Windows Dengan Mudah - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat pastinya sudah tidak asing dengan istilah screenshot atau SS bukan ? namun kebanyakan mereka kebingungan ataupun belum mengetahui tentang cara screenshot layar monitor komputer dengan mudah dan benar. Sehingga bergerak keinginan hati saya untuk membuat tutorial cara screenshot layar monitor laptop atau komputer dengan mudah dan tujuan dari artikel ini tentunya agar seseorang yang awam atau belum mengetahuinya dapat melakukannya secara mudah.

Karena mempertimbangkan bahwa screenshot dapat digunakan sebagai bukti apabila mereka membutuhkannya,

Lalu, seperti apakah cara Screenshot yang benar pada PC ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

Screenshot - Adalah salah satu metode menjiplak ataupun merekam aktivitas layer dan dicetak dalam bentuk gambar seperti (Jpeg, Jpg dan PNG). Kebanyakan dari mereka yang membutuhkan screenshot layar biasanya digunakan untuk barang bukti sebuah transaksi ataupun sebagai kenang-kenangan, hal ini karena ada bagian tertentu yang harus disampaikan kepada orang lain melalui media gambar. Selain itu media gambar juga sangat terjangkau dan hemat kuota karna file berbentuk gambar tidak memerlukan ukuran file yang besar seperti halnya bukti video.

Selain sebagai bukti, screenshot juga dimanfaatkan untuk mencetak sebuah momen yang tidak boleh dilupakan seperti saat kita sedang bermain game dan pada saat itu juga kita memiliki skill atau kemampuan yang tinggi, tentunya kita memiliki hasrat untuk menyimpannya agar dijadikan kenang-kenangan ataupun sekedar dibagikan kepada banyak teman.

Maka jalan pintas tercepat adalah menggunakan metode screenshot, dan di sini saya akan memberikan dua cara screenshot yang mudah dan cepat pada komputer yang memiliki sistem operasi windows.

Untuk melakukan Screenshot Layar Monitor Laptop Atau Komputer Windows maka berikut ini adalah tutorialnya :


Menggunakan Keyboard


Cara pertama yang paling mudah adalah menggunakan keyboard, karena kita hanya perlu melakukannya satu kali tekan maka layar sudah terjiplak dengan baik. Biasanya cara ini paling cocok digunakan apabila anda bermain game dan dalam keadaan bermain tersebut tidak bisa digunakan untuk membuka aplikasi lain seperti aplikasi penangkap layar. Berikut ini merupakan caranya :
  • Pertama, pastikan layar sudah dalam kondisi gambar yang ingin diambil sesuai, kemudian jika dirasa sudah cocok maka tekan keyboard "PrtSc" yang ada di bagian pojok atas kanan pada keyboard.

  • Kedua, jika anda menginginkan nya untuk mengirim gambar tersebut kepada orang lain secara online, maka arahkan cursor ke kolom chat dan tekan tombol pada keyboard yaitu "CTRL + V" atau tempel/paste. Maka tunggu beberapa saat agar gambar ter upload dengan baik, jangan lupa tekan enter untuk mengirim kepada orang lain tersebut.
  • Ketiga, jika anda menginginkan untuk menyimpannya menjadi berupa file gambar maka bukalah aplikasi pengolah gambar misalkan Paint dengan cara : Start > All Programs > Accessories > Paint. Setelah itu tempel atau paste pada program tersebut dengan cara tekan kombinasi keyboard "CTRL + V". Jika sudah maka simpan lah gambar kemudian save menjadi file gambar sesuai keinginan.

Menggunakan Aplikasi


Cara kedua ini juga cukup mudah, selain itu juga dapat digunakan untuk menangkap bagian tertentu pada layar monitor komputer yang tentunya tidak dapat dilakukan pada cara pertama. Biasanya aplikasi ini difungsikan untuk menangkap bagian tertentu yang dirasa penting oleh pengguna misalkan saldo atau sebuah kapasitas yang tidak mencakup semua layar alias bagian tertentu saja. Untuk melakukannya maka berikut ini adalah caranya :
  • Pertama, bukalah aplikasi khusus untuk screenshot layar dengan cara : Start > All Programs > Accessories > Snipping Tool.
  • Kedua, apabila aplikasi sudah terbuka maka tahan klik kiri pada mouse dan arahkan mana yang ingin di screenshot pada layar seperti halnya drag mouse.
  • Ketiga, setelah gambar sudah sukses tertangkap maka simpan lah gambar kemudian save menjadi file sesuai keinginan.


Cukup mudah bukan ?
Apabila gambar monitor sudah tertangkap dengan baik maka hasilnya biasanya tidak melebihi ukuran megabyte, sehingga gambar hasilnya tidak terlalu memberatkan bagi semua user.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Mengambil Screenshot Layar Monitor Laptop Atau Komputer Windows Dengan Mudah.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Cara Mengambil Screenshot Pada Komputer.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments