Tuesday, July 31, 2018

Cara Menghubungkan Handphone Ke Android Studio Melalui Wifi Tanpa Kabel USB Menggunakan Terminal

Cara Menghubungkan Handphone Ke Android Studio Melalui Wifi Tanpa Kabel USB Menggunakan Terminal




Cara Menghubungkan Handphone Ke Android Studio Melalui Wifi Tanpa Kabel USB Menggunakan Terminal - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Bagi sobat yang seorang programmer pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya aplikasi android studio bukan ? salah satu keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah dapat menjalankan program yang sedang kita buat langsung melalui android smartphone kita dengan cara menghubungkan nya ke dalam aplikasi ini melalui kabel usb. Sehingga program dapat berjalan di android dengan perantara Kabel USB, namun ada juga teknik lain yang tidak memanfaatkan kabel yakni dengan menggunakan wifi. Baik itu hotspot dari komputer tersebut ataupun dari gadget, yang pasti keduanya menjadi suatu jaringan atau pun bisa saling terhubung satu sama lain.

Untuk media yang digunakan adalah interaksi PC dengan handphone yang nantinya akan diberi port transfer protocol melalui Terminal pada Android Studio, sehingga hal ini pastinya tidak akan merepotkan anda.

Android Studio - Adalah sebuah aplikasi yang difungsikan untuk membuat sebuah aplikasi berbasis android pada Komputer, selain itu juga aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan juga memiliki tampilan apik karena kita juga bisa melihat hasil dari tampilan yang kita buat pada aplikasi secara visual.

Perlu diketahui, untuk menjalankan aplikasi ini maka anda membutuhkan setidaknya RAM 2GB agar aplikasi ini dapat berjalan dan beroperasi dengan lancar.

Cara yang saya sampaikan ini murni 100% tidak menggunakan kuota ataupun internet agar dapat beroperasi, karena hakikatnya keduanya menggunakan fungsi jaringan untuk saling berhubungan termasuk menjalankan aplikasi program yang sedang kita buat.

Untuk melakukannya maka lakukan seperti berikut ini :
  • Pertama, Pastinya sobat sudah didalam aplikasi Android studio dan sobat sudah menyelesaikan perancangan aplikasi sobat yang nantinya tinggal menjalankan saja.
  • Kedua, Tancapkan gadget sobat ke komputer dengan menggunakan kabel usb, syarat utama supaya Handphone terdeteksi maka sobat harus menghidupkan fitur (Developer, USB Debuging dan Install Via USB).
Baca selengkapnya Cara Menyalakan Fitur Developer Option Dan USB Debuging Pada Android
  • Ketiga, Jika sudah maka pastikan gadget sobat sudah terdeteksi pada AVD Device dengan cara klik "Run App" yaitu icon segitiga hijau yang ada di bar atas pada android studio. Seperti gambar berikut ini :

  • Keempat, Apabila handphone sobat sudah terdeteksi maka akan tampak gambar tab baru seperti berikut ini :

Setelah itu close saja tab tersebut karena hanya untuk memeriksa apakah seluler kita sudah terdeteksi atau belum, Jika belum nampak maka pastikan perlengkapan seperti driver dan juga kabel USB dalam keadaan baik. Terus teliti sampai handphone benar-benar terdeteksi.
  • Kelima, Setelah itu anda klik pada bagian bawah kiri yang bertuliskan "Terminal". Seperti gambar berikut ini :

  • Keenam, Maka akan terbuka tab seperti CMD. Selanjutnya kita harus berada di direktory tempat Adb Android stuio berada yaitu di "platform-tools". Ketikan perintah berikut ini :

cd C:\Users\Hostname_PC\Appdata\Local\Android\Sdk\platform-tools\
Maka akan tampak seperti gambar berikut ini :


  • Ketujuh, Jika sudah berada didalam direktory maka langsung saja eksekusi. Berikut ini adalah perintahnya :

adb tcpip 5555
Maka seperti tampak gambar berikut ini :


  • Kedelapan, Apabila sudah maka silahkan hotspot handphone kepada PC atau PC hotspot ke android anda(bebas). Saya memakai aplikasi "Baidu Hotspot" maka saya mendapati IP handphonya adalah sebagai berikut ini :

  • Kesembilan, Jika sudah menemukan IP_Addressnya maka ketikan perintah :

adb connect IP_Address
Seperti tampak pada gambar berikut ini :


  • Terakhir, Untuk memeriksa apakah gadget kita sudah tersambung dengan baik dengan Android Studio maka lakukan perintah berikut ini :

adb devices
Seperti tampak gambar berikut ini :



Setelah semua sudah anda lakukan diatas dengan benar, Maka sobat bisa mencabut kabel USB yang sudah terhubung pada seluler sebelumnya dan sehingga sobat sekarang bisa menjalankan project sobat secara wireless.

NB : Jika aplikasi Android Studio ditutup dan anda ingin menjalankan kembali maka anda harus melakukannya lagi mulai dari cara pertama kembali. Hal ini karena Daemon adb akan di stop oleh aplikasi saat tidak digunakan, dan akan direstart saat digunakan kembali.


Mengatasi error saat setting ditengah tutorial


Sobat ataupun saya pastinya juga pernah mengalami kesalahan pada saat menjalankan tutorial, terlebih lagi kita saat melakukan kesalahan terjadi pada pertengahan tutorial. Sehingga untuk melanjutkan nya biasanya "daemon adb" akan terjadi error yang biasanya mendeteksi bahwa perangkat tidak ditemukan, kebanyakan terjadi karena pada saat belum selesai instalasi koneksi akan tetapi kabel sudah dilepas sehingga terjadilah error pada konektivitas TCP IP.

Namun, sobat tidak usah bingung karena untuk mengatasinya cukuplah mudah yakni dengan perintah :

adb kill-server
Setelah itu, barulah sobat mengulangi tutorial dari langkah yang pertama.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Menghubungkan Handphone Ke Android Studio Melalui Wifi Tanpa Kabel USB Menggunakan Terminal.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Cara Hubungkan Gadget Dengan Android Studio Via Wireless.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments