Wednesday, July 25, 2018

Dasar Atribut Tagging button Pada Bahasa Pemrograman HTML

Dasar Atribut Tagging <button> Pada Bahasa Pemrograman HTML




Dasar Atribut Tagging &lt;button&gt; Pada Bahasa Pemrograman HTML - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat pasti sudah tidak asing dengan yang namanya tombol pada sebuah halaman atau disebut dengan istilah "Button" dalam bahasa inggris maupun bahasa pemrograman html. Fungsi penombolan ini banyak dimanfaatkan berbagai website demi menunjang kemampuan website mereka dalam hal saling berhubungan atau pun saling berkaitan antara halaman 1 dengan halaman yang lainnya. Karena apabila tombol ini ditekan maka akan memproses sebuah proses untuk melakukan segala sesuatu ataupun berpindah halaman.

Ada banyak sekali website besar yang menerapkan fungsi tombol sangat modern yang dibekali dengan script modern pula dan menyebabkan sebuah kinerja yang sangat memukau, akan tetapi bagi seseorang yang awam pastinya ingin mempelajarinya secara tahap demi bertahap. Maka dari itu disini saya akan membagikan kepada anda tentang dasar dari pemrograman html khususnya Tag Button.

Seperti apakah fungsi dari Tagging Button pada HTML ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya,

Button - Adalah salah satu bahasa pemrograman html yang berfungsi untuk melakukan sebuah kinerja yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman yang lainnya ataupun melakukan sebuah kinerja tertentu lainnya. Pada umumnya fungsi ini memudahkan penggunanya agar mereka tahu tempat mana yang harus mereka klik untuk dikunjungi, selain itu dengan adanya fungsi ini maka navigasi website akan lebih terlihat dan memudahkan.

Akan tetapi pada dasarnya jenis tombol yang diberikan sangatlah sederhana, yaitu berbentuk persegi ataupun persegi panjang dan miliki warna dasar abu-abu. Akan tetapi anda bisa mempercantik tampilan tombol sehingga terkesan lebih menarik dan menonjol dengan cara memberikan css ataupun stylish pada halaman. Namun, sebelum kita melangkah ke tahap yang lebih memukau serta sulit maka alangkah baiknya kita mempelajarinya dari dasar terlebih dahulu.

Apabila sobat ingin menerapkannya pada website kalian maka sobat dapat mempelajari cara pengkodean di bawah ini :


Syntax :

<button> Teks </button>

Penerapan Syntax :


<button type="button"><b>KLIK DISINI</b></button>


Button Attribute :

No.

Attribute

Value

Fungsi

1
autofocus
Berfungsi untuk mendeklarasikan bahwa tombol harus mendapatkan perhatian fokus saat halaman pertama kali dimuat.
2
disabled
Berfungsi untuk menonaktifkan tombol sehingga tidak dapat diklik oleh pengunjung, akan tetapi tombol masih terlihat(tidak menghilang).
3
id_form
Berfungsi untuk menentukan form kepemilikan pada tombol lebih dari satu.
4
URL
Berfungsi untuk menentukan kemana data akan dikirim, khusus untuk tombol kirim memiliki type="submit".
5

application/x-www-form-urlencoded

multipart/form-data

text/plain

Berfungsi untuk menentukan bagaimana agar kode di enkripsi terlebih dahulu sebelum dikirim kedalam server, khusus untuk pengguna type="submit".
6

get

post

Berfungsi untuk menerapkan metode yang akan dijalankan oleh tombol, khusus untuk penggunaan type="submit".
7
formnovalidate
Berfungsi untuk menerapkan pada tombol bahwa data yang akan di proses tidak akan di validasi terlebih dahulu, khusus untuk penggunaan type="submit".
8

_blank

_self

_parent

_top

framename

Berfungsi untuk menentukan dimana respon halaman akan dilakukan saat tombol di klik oleh pengunjung, khusus untuk penggunaan type="submit".
9
name
Berfungsi untuk menentukan nama dari button.
10

button

reset

submit

Berfungsi untuk menentukan type dari button.
11
text
Berfungsi untuk menentukan ID atau Inisial value dari button.


Ingin mencobanya ?
Klik disini : JALANKAN CODE



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Dasar Atribut Tagging <button> Pada Bahasa Pemrograman HTML.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Tagging <button> pada HTML.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments