Wednesday, August 15, 2018

7 Tips Agar Baterai Tanam Atau Non-Removable Battery Pada Smartphone Menjadi Awet

7 Tips Agar Baterai Tanam Atau Non-Removable Battery Pada Smartphone Menjadi Awet




7 Tips Agar Baterai Tanam Atau Non-Removable Battery Pada Smartphone Menjadi Awet - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - sobat ingin mencari tentang cara agar Baterai Tanam atau Non-Removable battery pada smartphone supaya awet ? maka sobat tidak salah tempat. Karena di sini saya akan memberitahukan tentang apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga performa baterai supaya menjadi lebih awet dan tahan lama, karena pastinya akan sangat merepotkan kita apabila baterai kita memiliki kinerja yang buruk karena sudah hampir rusak seperti halnya mengecas berulang kali.

Nah, apabila anda memiliki handphone yang masih memiliki performa yang baik maka hal ini tentunya perlu kalian terapkan agar performa tersebut tetap terjaga sampai waktu yang panjang.

Lalu, seperti apakah cara supaya baterai tanam handphone kita menjadi awet ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

Battery Non-Removable - Adalah sebuah komponen yang penting bagi handphone karena tanpa adanya baterai maka handphone kita tidak akan bisa bekerja secara semestinya. Pada era sekarang ini pabrik seluler sudah menerapkan baterai tanam pada produk mereka dikarenakan ini merupakan sebuah trend terbaru yang khusus untuk diterapkan pada baterai yang memiliki kapasitas yang besar, selain itu dengan adanya konektor antara motherboard handphone dengan baterai tersebut maka konektivitas diantara keduanya bisa terjaga tanpa adanya gangguan sedikitpun. Namun kekurangan dari metode ini membuat pengguna tidak bebas memasang dan mencopot baterai dari komponen handphone. Akan tetapi, hal ini bukanlah masalah bagi anda karena yang penting kan baterai bisa mengisi tugasnya sebagai penyuplai daya untuk seluler tersebut.

Merek dagang berbagai handphone yang sudah menerapkan jenis baterai tanam adalah : Samsung, Asus, Lenovo, Xiaomi, Vivo, Oppo dan Huawei.

Namun yang dijadikan masalah adalah banyak pengguna yang tidak memperhatikan faktor yang dapat menjadikan baterai handphone mereka menjadi awet dan kebanyakan hal ini tidak disadari oleh berbagai pengguna. Sehingga apabila baterai mereka sudah rusak maka pilihan terakhir yang harus mereka ambil adalah dengan cara membeli komponen baterai yang baru untuk dipasangkan kepada gadget mereka.

Sebenarnya hal tersebut diperuntukkan bagi mereka yang sudah mengalami kerusakan pada baterai, akan tetapi bagi anda yang memiliki komponen yang masih bagus dan kinerja yang normal ak sobat sangat perlu dan harus menjaga performa tersebut dengan beberapa cara yang saya berikan di bawah ini :


1). Tidak Mengecash Saat Digunakan



Cara ini merupakan cara yang simpel akan tetapi tidak mudah untuk dilakukan bagi seseorang yang pada saat itu sedang sangat membutuhkan handphone mereka, biasanya mereka membutuhkannya untuk bermain game ataupun chatting dengan seseorang tertentu yang harus dilanjutkan padahal keadaan pada saat itu handphone sudah dalam keadaan lowbat atau baterai lemah karena kehabisan daya.

Apabila anda ingin baterai anda menjadi awet, maka tentunya anda harus menerapkan ini pada sikap anda apabila menjumpai baterai smartphone anda dalam keadaan lowbat. Yaitu dengan melakukan pengisian ulang serta tidak menggunakannya sampai keadaan baterai handphone sudah benar-benar terisi. Lakukan hal ini maka niscaya baterai anda akan bertahan lama, akan tetapi alangkah lebih baiknya agar sobat tidak menggunakan handphone sampai sampai menyentuh kondisi baterai lemah. Caranya yaitu dengan melakukan pengisian pada saat indikator kuning dan jangan sampai terlewatkan hingga indikator menjadi merah, karena indikator merah merupakan hal yang sangat buruk untuk performa baterai kedepannya.


2). Jangan Terlewat Full



Melakukan pengisian ulang sampai baterai kondisi full merupakan budaya yang tidak dapat dihindari oleh masyarakat pada umumnya, padahal ini sangatlah tidak menyehatkan bagi baterai dikarenakan daya listrik akan tetap masuk meskipun sudah dalam keadaan full atau penuh.

Biasanya mereka melakukannya pada saat waktu malam hari ingin tidur, padahal waktu tidur di malam hari itu sangatlah lama sekitar 5 sampai 6 jam. Nah, padahal waktu pengisian yang sehat untuk baterai yang tidak bermasalah adalah sekitar 3 jam pada kondisi baterai lemah, jika indikator sudah mengindikasikan baterai full akan tetapi belum juga konektor dicabut maka daya akan terus mengalir.

Cara yang tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara menentukan waktu yang tepat 3 sampai 4 jam pengisian sesuai ketentuan anda, jadi hilangkan kegemaran anda untuk melakukan pengisian di malam hari sebelum tidur karena hal ini berdampak pada kemampuan baterai dalam menyimpan daya.


3). Matikan Fitur Tidak Perlu


Kebanyakan orang tidak sadar bahwa handphone mereka masih beraktivitas meskipun dalam keadaan stand by, hal ini diakibatkan oleh fitur-fitur yang memang pada dasarnya tidak dipakai oleh si pengguna akan tetapi fitur tersebut masih menyala secara 24 jam. Fitur yang tidak terpakai yang dimaksud misalnya adalah GPS, Mail, Phone Updates, Apps Social Media dan lain sebagainya. Yang mana ke semua aplikasi yang tidak dipakai tersebut akan bekerja ekstra keras pada saat mereka mendeteksi ada sebuah konektivitas sehingga mereka bisa menghubungi server masing-masing maka hal ini memberatkan kinerja yang seharusnya tidak dipakai untuk hal yang tidak penting dan tidak terpakai tersebut.

Cara jitu untuk mengatasinya yaitu dengan cara mematikan ataupun meng-uninstall aplikasi yang dikiranya memakan banyak daya dan tidak anda butuhkan pada pengaturan handphone.


4). Tidak Menggunakan Antivirus Dan Baterai Apps



Banyak berbagai aplikasi yang dibuat seakan-akan dapat menyelamatkan ponsel kita dari berbagai ancaman dan juga kesalahan kita, akan tetapi apabila kita tinjau lebih dalam bahwasanya aplikasi-aplikasi tersebut malahan lebih banyak menghabiskan resources handphone kita seperti RAM dan CPU daripada aplikasi yang lainnya. Sehingga, apabila pengguna bijak dalam memilih maka apabila mereka sudah mengetahui tentang kinerja aplikasi yang mereka gunakan seperti demikian maka pastinya mereka langsung meng-uninstall ataupun menghapus aplikasi dari dalam gadget atau ponsel mereka.

Pada dasarnya handphone kita memiliki jenis operasi sistem buatan linux mobile sehingga pastinya sangat aman untuk digunakan, sedangkan untuk performa baterai tersebut terletak pada pengguna itu sendiri dan cara mereka memelihara penggunaan handphone dan jika memperlakukan penggunaan baterai dengan semena-mena maka daya dan kinerja baterai akan buruk pastinya.


5). Meletakan Handphone Pada Tempat Aman


Adapun tempat yang aman tersebut meliputi beberapa aspek diantaranya adalah terhindar dari suhu yang tinggi dan juga berpotensi mengalami kerusakan karena medan magnetik. Terlebih lagi tempat di yang memiliki kecenderungan bahaya yang tinggi seperti ketinggian ataupun medan ekstrim. Sedangkan suhu yang panas dapat mempengaruhi elemen utama dari komponen baterai yang pada dasarnya adalah elemen kimia.

Tempat yang ideal untuk meletakkan handphone adalah tempat yang sejuk aman dan nyaman.


6). Menggunakan Charging Original



Charging ori, merupakan komponen yang penting karena mempengaruhi daya yang sudah ditetapkan oleh pabrik dengan ketentuan yang berlaku dan apabila tidak sesuai maka hal tersebut dapat merusak komponen terutama baterai. Karena cara kerja charging original dengan imitasi atau palsu tersebut tentunya sangatlah berbeda.

Meskipun harga charging original lebih mahal ketimbang yang palsu akan tetapi jika anda menginginkan baterai yang awet maka hal ini bukan masalah lagi untuk diri anda.


7). Menghentikan Pemakaian Saat Suhu Tinggi


Hal ini pastinya sering dialami oleh gamers atau pengguna yang gemar bermain game, karena pada umumnya game di desain oleh developer aplikasi game tersebut dengan kinerja yang cukup rumit sehingga hal ini cukup banyak membebankan kinerja yang tinggi pada selulerr. Maka tak heran apabila sedang atau setelah digunakan untuk bermain game maka handphone akan terasa memiliki suhu yang panas ataupun hangat.

Langka yang bijak ketika mengalami hal ini adalah dengan cara menghentikan aktivitas dan meletakkan handphone ke tempat yang sejuk agar suhu menjadi normal kembali, karena suhu yang tinggi bisa mengakibatkan terganggunya elemen yang ada di dalam baterai yang mengandung kimia.


Apabila ke 7 kebiasaan di atas anda terapkan pada saat menggunakan handphone maka niscaya baterai handphone anda menjadi panjang umur(lama).
Karena, apabila sudah mengalami kerusakan tersebut yang susah juga diri kita sendiri agar melakukan pengisian ulang secara bertubi-tubi untuk memenuhi kebutuhan handphone padahal baterai sudah hampir rusak karena tidak sanggup menampung daya lebih berlimpah lagi seperti sebelumnya.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan 7 Tips Agar Baterai Tanam Atau Non-Removable Battery Pada Smartphone Menjadi Awet.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang 7 Tips Baterai Tanam Atau Non-Removable Battery Menjadi Lebih Awet.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments