Friday, August 10, 2018

BIOS : Apa Kelebihan UEFI Ketimbang EFI Atau Legacy BIOS ?

BIOS : Apa Kelebihan UEFI Ketimbang EFI Atau Legacy BIOS ?




BIOS : Apa Kelebihan UEFI Ketimbang EFI Atau Legacy BIOS ? - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat sering kah kalian membenahi sistem komputer kalian dengan tangan sendiri ? kalaupun sering, mestinya kalian sudah tidak asing dengan yang namanya UEFI, Legacy Dan EFI bios bukan ? ketiganya hakekatnya sama bekerja untuk menjalankan sebuah perintah user kepada sistem komputer untuk bekerja. Akan tetapi ketiga teknologi tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok apabila kita pernah menggunakannya. Metode ini sangat dibutuhkan komputer untuk mengakses berbagai hardware ataupun komponen yang terhubung kepadanya tak terkecuali operasi sistem komputer. Dalam beberapa kasus yang berbeda setiap motherboard ataupun merk laptop memiliki cara masing-masing untuk memasuki metode bios pada perangkatnya. Dan kebanyakan dilakukan saat komputer pertama kali dinyalakan dalam hitungan detik secepatnya untuk melakukan kombinasi tombol keyboard masing-masing komputer.

Setiap komputer memiliki kombinasi yang berbeda maka apabila anda tidak mengetahui kombinasi apa yang khusus untuk laptop anda maka anda dapat membaca ulasan di samping ini : Kombinasi Tombol Keyboard Untuk Memasuki BIOS Lengkap

Kemudian saat anda berhasil memasuki bios maka anda akan disuguhkan beberapa informasi diantaranya adalah waktu tanggal jenis hardware dan juga driver lainnya, selain itu di metode bios anda akan melihat informasi jenis bios yang anda gunakan tersebut apakah UEFI atau legacy ketika anda lihat.

Akan tetapi, apakah anda sudah tahu tentang kelebihan dan fungsi dari bios tersebut ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya,

BIOS - Adalah sebuah metode dari komputer yang sudah dipasang oleh pembuat atau pabrik laptop pada saat perangkat diproduksi, pada dasarnya jenis metode ini bisa kita anggap sebagai firmware komputer ataupun laptop karena mengingat letaknya yang diletakkan ke dalam ROM agar tidak dapat terhapus ketika komputer sedang dalam keadaan bermasalah pada sistem operasinya. Selain difungsikan untuk melakukan pengaturan perangkat juga dapat memimpin jalannya kinerja perangkat seperti yang kita inginkan.


Pengertian UEFI BIOS


UEFI pada awalnya mulai diproduksi dan dikembangkan oleh intel pada tahun 1990-an dan diberi julukan atau nama sebagai EFI. Akan tetapi 140 perusahaan mengambil alih pengembangannya dan memberi nama sebagai Unified EFI atau istilah singkatnya UEFI.

UEFI didesain juga berfungsi sebagai perantara antara Hardware, Display, Firmware dan Operasi sistem pada komputer. Akan tetapi fungsi dari UEFI tentunya lebih baik daripada bios legacy. BIOS UEFI ini memiliki kecepatan akses yang tinggi atau diatas rata-rata bios biasa karena tidak perlu melakukan verifikasi pada Master Boot Record(MBR) yang berada pada harddisk, sehingga ia langsung menuju ke kernel dengan boot loader miliknya sendiri yang tersimpan pada ROM.

Sebelumnya interface UEFI diciptakan hanya untuk keperluan komputer server agar kinerja nya lebih baik pada saat itu, lalu dengan berjalannya waktu maka teknologi semakin mudah didapat dan dibuat maka teknologi ini mulai diterapkan pada komputer dan juga laptop yang memiliki spesifikasi kelas menengah ke atas. Dan dengan menggunakannya interface ini maka komputer bisa beroperasi dengan lebih cepat dan dibekali berbagai fitur yang menarik serta pemrosesan kecanggihan kode bit yang tinggi.

Kalau UEFI lebih canggih, lalu apa fungsi dan perbedaan UEFI daripada EFI ?


Perbedaan UEFI Dan Legacy BIOS


Pada dasarnya interface UEFI lebih muda ketimbang EFI sehingga diharapkan UEFI mampu mengatasi kelemahan pendahulunya yang kurang begitu produktif dalam hal menangani perangkat komputer, berikut ini merupakan perbedaan dari keduanya :

  • Fungsi Legacy BIOS(EFI)


Interface ini menggunakan metode 16 bit kode, padahal komputer pada zaman ini sudah mencapai processor hingga 64-bit tentunya hal ini kurang berbanding lurus dengan kemajuan zaman. Selain itu legacy juga memiliki keterbatasan dalam hal mensupport teknologi hardware yang sudah terpasang pada komputer masa kini.

Maka tak heran apabila bios anda kurang support dengan perangkat pada laptop anda maka bukan jarang kita dihantui oleh permasalahan komputer, hal ini terjadi apabila bagi kalian yang gemar sekali mengupgrade spesifikasi hardware pada komputer milik kalian agar bisa digunakan untuk bermain game yang lebih tinggi.


  • Fungsi Unified BIOS(EFI)




Jika kita bandingkan dengan teknologi legacy BIOS maka jenis BIOS ini tentunya memiliki kelebihan baik itu dari segi fitur tampilan, bahasa pemrograman, kecepatan akses, kecanggihan, kapasitas maksimal dan ukuran proses bit code. Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah fungsi dan kelebihan dari UEFI BIOS :
  • Memiliki tampilan interface GUI yang lebih menarik dengan adanya aktivitas keyboard dan mouse.
  • Tidak memerlukan akses untuk menuju boot sektor sebelum mencapai operasi sistem.
  • Dapat menambahkan aplikasi dan juga driver pada bios.
  • Sistem sekuritas lebih kuat dan terlindungi dari serangan virus ataupun bot.
  • Dapat mendukung kapasitas harddisk yang lebih besar daripada 2,2 TB.
  • Dapat melakukan proses starup dengan cepat (reboot, shutdown, sleep dan hibernate).
  • Support format GPT harddrive yang lebih unggul dari legacy bios yang hanya menggunakan format MBR.
  • Mendukung driver ya sudah menggunakan teknologi 64-bit.


Akan tetapi, dengan keunggulan yang begitu signifikan namun masih terlahir sangat mudah dari Legacy maka jenis BIOS ini dapat mensupport OS tertentu saja. Belum semua sistem OS dapat diterapkan, bahkan Linux hampir semuanya masih memanfaatkan teknologi Legacy atau EFI untuk beroperasi jadi kita tunggu perkembangan dari UEFI semoga sudah dapat digunakan pada berbagai perangkat.

Windows 10 dan Windows 8 sudah dibekali UEFI, tak heran tampilannnya begitu menarik dan futuristik pada saat pengoperasiannya.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan BIOS : Apa Kelebihan UEFI Ketimbang EFI Atau Legacy BIOS ?.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Kelebihan UEFI Ketimbang EFI.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments