Tuesday, August 21, 2018

Cara Cepat Dan Mudah Mengurutkan Nomor Ranking Atau Peringkat Di Microsoft Office Excel

Cara Cepat Dan Mudah Mengurutkan Nomor Ranking Atau Peringkat Di Microsoft Office Excel




Cara Cepat Dan Mudah Mengurutkan Nomor Ranking Atau Peringkat Di Microsoft Office Excel - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Pada saat semasa kalian sekolah pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya istilah ranking atau peringkat kelas bukan ? Peringkat ini sebenarnya didapat secara tidak urut dari hasil yang diperoleh oleh setiap siswa, sehingga hal ini harus terlebih dahulu diurutkan oleh seorang pengolah data misalkan guru. Akan tetapi tidak jarang juga seorang guru ada yang belum pernah melakukannya sehingga tentunya tidak mengetahui cara untuk melakukannya yaitu mengurutkan setiap ranking siswa dari yang tertinggi sampai yang terendah. Selain guru, hal ini juga dapat kita jumpai pada sebuah kompetisi misalkan perlombaan kemerdekaan dan juga kompetisi lainnya yang memiliki ranking ataupun penilaian digit angka.

Apabila sobat belum pernah melakukan hal ini sebelumnya akan tetapi sekarang sobat memiliki tuntutan untuk membuat sebuah daftar ranking maka sobat bisa melakukan tutorial yang akan saya berikan di artikel ini.

Lalu, bagaimanakah caranya ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya,

Microsoft Excel - Adalah sebuah aplikasi yang dipelopori oleh operasi sistem windows dan difungsikan untuk mengolah data angka agar nantinya bisa di print out atau dipublikasikan di dunia nyata. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa mengurutkan berbagai angka ataupun huruf dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar tanpa mengharuskan kita memindahkan satu per satu nilai ataupun data. Meskipun hal ini terbilang sangat remeh akan tetapi hal ini merupakan dasar atau skill yang harus dimiliki sebelum anda benar-benar menguasai aplikasi pengolah angka ini.

Berikut ini merupakan caranya :
  • Pertama, anda harus membuka aplikasi Microsoft Office Excel.
  • Kedua, pada kondisi ini saya memiliki data contoh saja seperti gambar dibawah ini yang masih memiliki posisi data yang belum diproses atau belum diurutkan, berikut ini adalah gambarnya :

  • Ketiga, (1). Seleksi angka yang ingin di urutkan, Klik kanan pada mouse didalam seleksian. (2). Pilih "Sort". (3). Pilih "Sort Largest to Smallest". Seperti gambar berikut ini :

  • Keempat, setelah itu anda akan disuguhkan pemberitahuan maka (1). Pilih "Expand the selection". (2). Klik "Sort". Seperti gambar dibawah ini :

  • Kelima, data anda pun sudah urut akan tetapi harus diberi nomor urut tentunya untuk melakukannya adalah Masukan minimal 2 angka pertama yaitu "satu" dan "dua" di kolom paling atas sebagai nomor terkecil, kemudian seleksi keduanya dan lihat pada titik kanan bawah pada seleksi seperti gambar berikut ini :

  • Terakhir, kemudian tariklah titik tersebut sampai memenuhi data yang ada disini saya ada 10 data. Seperti gambar berikut ini :

Apabila sudah jadi maka akan seperti gambar berikut ini :



Bagaimana, sangat mudah bukan ?
Tentu saja, akan tetapi dasar harus dikuasai sebelum anda benar-benar ingin menguasainya agar pondasi yang anda miliki menjadi kuat maka akan lebih baiknya menguatkan teknik dasar terlebih dahulu.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Cepat Dan Mudah Mengurutkan Nomor Ranking Atau Peringkat Di Microsoft Office Excel.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Cara Cepat Mengurutkan Nomor Ranking Atau Peringkat Excel.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments