Friday, August 10, 2018

Cara Mengatasi No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key Pada Semua Laptop

Cara Mengatasi No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key Pada Semua Laptop




Cara Mengatasi No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key Pada Semua Laptop - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat pernahkah kalian mengalami error ketika sedang menyalakan komputer windows pada laptop kalian terutama teruntuk laptop merk acer ? Jika memang terjadi maka hal tersebut berarti komputer sobat tidak dapat mendeteksi sistem dari operasi sistem windows. Hal ini dapat terjadi pada komputer siapapun yang sudah mengalami korup pada bagian system karena suatu hal, dan biasanya terjadi karena mal-fungsi pada sistem atau karena sebuah virus dan bahkan oleh tangan kita sendiri karena meng otak-atik sistem dari laptop secara sengaja padahal kita tidak begitu ahli.

Dengan begitu, ketika laptop dinyalakan makan komputer mendeteksi tidak adanya sistem operasi pada penyimpanan yang dijadikan sistem. Memang, No Bootable Device ini sangat mengganggu pekerjaan kita apabila hal ini terjadi sewaktu-waktu ketika kita sedang membutuhkan laptop.



Bootable - Adalah sebuah area sistem dari komputer yang terletak pada disket dan digunakan untuk memuat nyawa dari komputer, nyawa tersebut disebut juga dengan "Booting Operating System". Booting ini otomatis terbentuk kedalam hardisk ketika kita pertama kali menginstal ulang PC kita.

Sehingga Bootable System memang sangat dibutuhkan oleh komputer agar dapat bekerja seperti halnya PC pada umumnya.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi No Bootable Device Pada Acer ?

Sebenarnya ada 4 langkah yang perlu kita lakukan untuk mengatasi masalah ini, jika pada langkah tertentu laptop anda sudah sembuh maka abaikan langkah selanjutnya karena memang laptop anda sudah dalam keadaan sehat. Selain itu, bukan hanya Laptop Merk Acer saja yang mengalaminya. Akan tetapi semua merk dagang laptop juga turut berpotensi mengalami hal yang sama seperti ini. Maka sebelum kita melakukannya kita harus memahami tentang konsekuensi yang akan kita hadapi saat kita menjalankan tutorial yang saya berikan dibawakan ini :


1. Cek Terbacanya Hardisk Pada Bios


Langkah pertama pastinya kita harus mengetahui apa penyebab utama sehingga terjadi hal ini pada laptop kita. Nah, salah satu tempat target yang dijadikan sistem oleh komputer yaitu hardisk milik kita saat pertama kali menginstal ulang sistem operasi pada komputer kita.

Diagnosa yang harus kita perhatikan adalah apakah benar Hardisk kita sudah terpasang dan terdeteksi dengan baik oleh komputer ? Maka, untuk memeriksa nya kita dapat menggunakan fitur bios pada komputer yang mana dapat memeriksa peripheral yang terhubung pada komputer terutama hardisk.

Berikut ini merupakan langkah atau tutorial langkah pertama :
  • Pertama, Pastikan laptop anda sudah dalam keadaan mati.
  • Kedua, Nyalakan komputer dan tekan tombol khusus pada saat detik pertama komputer anda menyala, hal ini difungsikan untuk memasuki Sistem BIOS pada komputer. Setiap komputer yang berbeda maka berbeda pula cara untuk mengakses atau memasuki BIOS pada laptop.
Tidak mengetahui caranya ?
  • Ketiga, Saat sudah berada di BIOS maka tempatkan tab pada "Boot". Periksalah apakah HDD(Harddisk) anda sudah terdeteksi serta memiliki nama bukannya "none".
Jika Terdeteksi maka, anda cukup melakukan geser posisi ke bagian atas sendiri untuk Harddisk anda namun Jika masih "No botable" maka ikuti langkah berikut ini yaitu "2. Install Ulang Komputer".
Jika Tidak Terdeteksi maka lakukan langkah "3. Memperbaiki Pheripheral Harddisk".


2. Install Ulang Komputer


Pada langkah ini difungsikan apabila hardisk kita sudah terdeteksi oleh bios dengan benar akan tetapi permasalahan masih belum terpecahkan ketika pertama kali menyalakan komputer masih saja mengeluarkan notif bahwa "No Bootable Device" pada layar monitor. Maka, Anda dapat menginstal ulang komputer dengan cara menggunakan USB Flashdisk ataupun menggunakan Kaset CD/DVD berisikan sistem operasi komputer.

Hal ini dapat terjadi ketika harus kita pada sistemnya mengalami korup data sehingga tidak terbaca nya dengan baik oleh komputer.


3. Memperbaiki Pheripheral Dan Melakukan Percobaan Harddisk


Pada langkah ini kita harus yakin dan juga paham konsekuensi yang akan terjadi apabila kita melakukannya tanpa adanya kemampuan dan faham akan sistem perangkat dan komponen komputer. Saran dari saya supaya anda menanyakan komponen pada ahlinya ketika anda sedang membongkar sehingga tidak akan ada kesalahan yang dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada hardware komputer anda karena ketidaktahuan anda pada fungsi dan komponen. Berikut ini adalah kiat untuk mengoprek harddisk kita :
  • Anda dapat mencoba harddisk milik anda kepada laptop lain apakah dapat terdeteksi dengan benar atau tidak ? Jangan lupa juga menggosok pada bagian konektor menggunakan kain bersih atau penghapus agar dapat menghilangkan kotoran pada permukaan yang mungkin itulah pengganggu koneksi antara Harddisk dengan Konektor Harddisk pada Motherboard PC. Jika pada laptop lain harddisk anda tidak terdeteksi maka harddisk anda lah yang mengalami masalah, anda dapat memperbaiki atau membeli Harddisk baru.
  • Anda juga dapat melakukan percobaan pada harddisk milik laptop orang lain yang berfungsi dan terdeteksi dengan benar pada laptop orang lain tersebut, dan anda lihat apakah pada perangkat anda terdeteksi pula atau tidak ? Jika tidak terdeteksi maka kemungkinan socket harddisk anda yang mengalami masalah. Untuk masalah socket maka anda dapat beralih ke langkah ke "4. Service Ke Ahli Service Elektronik Dan Komputer".
  • Selain Socket dan Konektor, periksa juga pada bagian kabel ataupun perangkat yang di sekitar hardisk karena siapa tahu hal tersebut dapat mengganggu aktivitas harddisk anda.

Jika kenyataanya juga tidak dapat terdeteksi maka mau tidak mau anda harus melakukan langkah ke-4 sebagai penutup dari tutorial saya dengan berikut ini.


4. Service Ke Ahli Service Elektronik Dan Komputer


Ini merupakan solusi terakhir yang dapat anda tempuh ketika semua diaknosa mengarah pada socket Harddisk anda yang bermasalah, petugas service akan memasangkan socket yang baru. Dan hardisk anda dapat dipasangkan kembali.

Atau memang kondisi socket tidak bermasalah dan yang memiliki masalah adalah harddisk maka petugas tentunya akan mengganti harddisk anda dengan yang baru.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Mengatasi No Bootable Device - Insert Boot Disk And Press Any Key Pada Laptop Acer.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Cara Mengatasi No Bootable Device Acer.
Sekian dan terimakasih.



Kata kunci terkait :
  • no bootable device acer
  • no bootable device acer laptop
  • no bootable devices dell
  • no bootable device found windows 10
  • no bootable device hp
  • no bootable device on toshiba laptop



PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments