Tuesday, August 14, 2018

Cara Mengganti Bahasa Indonesia CKEditor WYSIWYG Artikel Editor Ke Bahasa Inggris

Cara Mengganti Bahasa Indonesia CKEditor WYSIWYG Artikel Editor Ke Bahasa Inggris




Cara Mengganti Bahasa Indonesia CKEditor WYSIWYG Artikel Editor Ke Bahasa Inggris - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat sebelumnya pasti sudah mempelajari tentang apa itu yang di namakan CKEditor dan WYSIWYG yang digunakan untuk membuat sebuah halaman atau konten pada website, keunggulan yang dimilikinya adalah bahwasannya anda tidak memerlukan koneksi internet untuk mengedit halaman yang anda inginkan. Selain itu metode ini juga tidak memberatkan kinerja komputer karena pada dasarnya file atau kebutuhan untuk menjalankan metode ini sangatlah ringan jadi tidak membutuhkan banyak sumber daya dari komputer baik itu memori maupun spesifikasi dari komputer itu sendiri.

Konten editor ini mirip sekali dengan kinerja Microsoft Office Word yang dapat mengolah dokumen tulisan menjadi memiliki stylish atau gaya baru, akan tetapi editor ini jauh lebih berkelas karena bisa menghasilkan kode khusus untuk ditempatkan pada sebuah website sehingga menjadi sebuah halaman yang dapat dilihat oleh para pengunjung.

Jika anda menggunakan metode ini untuk menulis konten secara offline maka artikel ini sangat cocok bagi anda jika anda saat ini merasa kebingungan atau tidak nyaman dengan kondisi bahasa yang ada pada editor.

Lalu, seperti apakah cara mengganti bahasa pada CKEditor ini?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya,

Bahasa - Adalah sebuah media yang dapat digunakan manusia untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mereka sedang menghadap di depan monitor, namun apabila pengguna tidak terbiasa dengan bahasa yang sudah diterapkan maka biasanya pengguna akan merasa tidak nyaman dengan apa yang sudah dilihat olehnya. Salah satu cara yang tepat untuk memperbaiki hal ini adalah dengan cara mengganti bahasa pada editor, akan tetapi ternyata tombol untuk mengubah bahasa tidak dapat berfungsi dengan baik.

Tenang saja, karena ternyata bahasa yang ada pada editor bisa diganti secara manual dengan cara mengubah kode di dalam script yang ada pada package editor.

Bagaimanakah caranya mengganti bahasa CKEditor ?

Berikut ini merupakan tutorialnya :
  • Pertama, pastikan kondisi editor anda dalam keadaan bahasa selain inggris. Seperti gambar berikut ini :

  • Kedua, untuk mengubahnya maka bukalah "config.js" dengan menggunakan aplikasi peng-edit sumber tulisan file seperti yang saya gunakan yaitu notepad. Posisi filenya adalah sebagai gambar berikut ini :

  • Ketiga, Perhatikan code pada " CKEDITOR.editorConfig = function( config ) { } " lalu masukan script di dalam { DISINI } dengan code berikut ini :

config.language = 'en';
Ket : id adalah nama file sekaligus kode negara untuk bahasa Indonesia.
Seperti gambar berikut ini :


  • Keempat, setelah itu simpan dengan cara "Ctrl+S" untuk save. Terakhir, "Refresh" halaman editor CKEditor dan lihat perubahannya.


Mudah bukan ?
Itulah cara manual yang dapat saya sampaikan untuk keperluan dalam hal mengganti bahasa pada editor CKEditor.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Mengganti Bahasa Indonesia CKEditor WYSIWYG Artikel Editor Ke Bahasa Inggris.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Cara Mengganti Bahasa CKEditor WYSIWYG Ke Bahasa Inggris.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments