Sunday, September 23, 2018

4 Cara Mengantisipasi Agar Tidak Terinfeksi Malware 61.000 Virus Trojan Smartphone

4 Cara Mengantisipasi Agar Tidak Terinfeksi Malware 61.000 Virus Trojan Smartphone




4 Cara Mengantisipasi Agar Tidak Terinfeksi Malware 61.000 Virus Trojan Smartphone - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Virus atau malware sangatlah ditakuti oleh semua orang karena dapat mengganggu kinerja perangkat dan membahayakan nya. Selain itu bagi anda yang mempunyai aset berupa keuangan yang berada di smartphone atau pun berangkat elektronik maka hal ini patut di perhatikan agar anda tidak terinfeksi sehingga dapat membahayakan keuangan anda. Pada media internet beredar berbagai jenis virus yang sudah disebar oleh hacker maupun non hacker, dengan membuat program yang berbahaya yang berkemampuan menyadap perangkat para korban yang menginstal aplikasi buatan mereka.

Pada laporan Kaspersky Lab melaporkan kuartal grafik meningkat pada tahun 2018 mengenai laporan korban tindak kejahatan cyber crime. Malware virus trojan bisa memata-matai perangkat dan menguras saldo perbankan milik nasabah yang menjadi korban.

Para pelaku biasanya ahli dalam hal manipulasi data aplikasi sehingga mirip dengan aslinya yang membuat calon korban tidak bisa membedakan antara asli dengan palsu sehingga menyebabkan korban menginstal aplikasi dan terinfeksi lah perangkat mereka. Saat virus sudah tersisipkan pelaku dengan mudah menguras uang korban melalui media jaringan ketika korban menggunakan perangkat.

Kini data yang sudah terkumpul virus yang dilaporkan sudah mencapai 61.045 buah dan masih berjalan setiap harinya.

Sedangkan negara yang sering diserang oleh virus ini diantaranya adalah :
  • Amerika Serikat
  • Rusia
  • Polandia
Sedangkan kasus yang ada di indonesia terdapat 218 kasus dalam hal yang sama.

Berikut ini adalah cara untuk menghindari supaya tidak terkena infeksi virus trojan malware pada perangkat adalah :


1. Update Secara Berkala



System android ataupun komputer memang tidak terlepas dari yang namanya istilah celah ataupun bug, karena setiap bulan, tahun maupun hari banyak orang yang berbondong-bondong untuk mencari celah guna membuat aplikasi yang dapat membahayakan perangkat tersebut. Jika anda tidak mengupgrade ataupun mengupdate sistem android ataupun komputer maka dapat dipastikan perangkat anda mudah untuk disusupi virus ataupun trojan.

Pihak pengembang sistem operasi akan memberikan anda pertahanan ataupun kekuatan extra setiap beberapa pekan untuk menjaga agar penggunanya tetap aman dan juga nyaman menggunakan perangkat mereka. Maka, pastikan anda untuk cek apakah operasi sistem perangkat anda sudah aptudet atau belum. Biasanya untuk melakukan pembaruan dibutuhkan koneksi internet yang stabil karena pembaruan akan memakan kota yang tidak sedikit mengingat ukuran sistem operasi yang sangat besar.


2. Hindari Download Sembarangan



Download adalah salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, karena pada umumnya aplikasi yang dapat didownload memang mudah dan gratis sehingga banyak orang yang gemar melakukan download. Namun, hal ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk tindak kejahatan seperti pemalsuan aplikasi asli secara tidak sah. Meski bersumber pada penyedia layanan aplikasi google play store bukan berarti aplikasi yang ada di dalamnya 100% terbukti asli.

Karena ada beberapa aplikasi yang di desain mirip sehingga mudah untuk mengelabui calon korban.

Apalagi bagi anda yang mengunduh konten aplikasi di luaran google play, anda harus tetap berhati-hati di dalam melakukannya atau tidak anda akan di mata-mata dan disadap oleh orang lain melalui aplikasi yang tidak resmi dan mengandung virus trojan.


3. Jangan Root Perangkat



Meski cara ini masih terbilang kurang efektif namun dengan cara tidak membuka root sistem maka perangkat anda tidak mudah untuk dikendalikan lebih mendalam. Karena sistem yang tidak memiliki hak akses untuk mengakses sistem maka apabila ada request yang berpotensi mengancam mobilitas sistem maka perangkat akan menolak akses tersebut.


4. Hindari Klik Sembarangan Sana Sini



Selain aplikasi, metode ini sangatlah tua akan tetapi masih terbukti cukup efektif untuk menjerat korban memasuki dunia virus buatan mereka di dalam server. Kinerjanya pun cukup unik, saat korban mengklik alamat yang diberikan oleh pelaku maka secara otomatis korban akan terarah ke dalam server yang sudah di desain oleh pelaku untuk menjerat korban. Nah, saat korban sudah berada di dalamnya maka script buatan pelaku akan secara otomatis mengidentifikasi perangkat yang digunakan oleh korban dan menginfeksi nya tanpa akses tertentu.

Cukup remeh namun menyeramkan memang, tapi hal ini benar adanya dan banyak sudah pengguna internet yang terinfeksi karena mereka lalai saat berselancar di dalam internet dengan cara klik sana sini.

Penyebaran metode ini paling umum dilakukan melalui email ataupun halaman website.



Pakar keamanan Kaspersky Lab bernama Victor Chebyshev mengatakan :
"Seiring dengan berkembangnya teknologi maka pengguna harus lebih berhati-hati agar bisa terhindar dari malware mobile yang berbentuk aplikasi installer yang mengandung virus trojan, tujuan utama para pelaku yaitu berpusat pada para nasabah keuangan yang menjadikan permasalahan cyber ini sangat serius". Ungkap Victor.


Harapan kami, dengan adanya artikel ini diharapkan banyak pengguna menjadi lebih cerdas saat menggunakan media internet agar tidak menjadi korban salah satu tindak pidana cyber crime sehingga menyebabkan kerugian yang sangat besar dari pihak korban.


Kata kunci terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan 4 Cara Mengantisipasi Agar Tidak Terinfeksi Malware 61.000 Virus Trojan Smartphone.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang 4 Cara Mengantisipasi Agar Tidak Terinfeksi Virus Trojan Smartphone.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments