Thursday, September 6, 2018

Inilah 5 Manfaat Jika Pengguna Menggunakan VPN Saat Internetan

Inilah 5 Manfaat Jika Pengguna Menggunakan VPN Saat Internetan




Inilah 5 Manfaat Jika Pengguna Menggunakan VPN Saat Internetan - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Bagi sobat yang tidak pernah menggunakannya mungkin sangat awam dengan istilah VPN, akan tetapi bagi anda yang sudah tidak asing dengan hal ini maka sobat juga tentunya sudah mengetahui kegunaannya untuk apa saja. Meski demikian, ternyata masih banyak orang yang belum berkenalan dengan salah satu fungsi sebuah layanan internet ini.

Layanan ini ditujukan bagi mereka yang membutuhkan akses internet melalui jaringan dimanapun dengan tingkat keamanan yang tinggi, maka dengan keamanan yang tinggi tersebut pengguna tidak perlu khawatir tentang data yang mereka proses di dalam internet kecuali berhubungan langsung dengan halaman palsu yang dibuat oleh seorang hacker kemudian anda memasukkan data sensitif milik anda seperti Email, Password dan Nomor kartu kredit. Maka hal ini bukan salah satu tanggung jawab dari layanan VPN apabila anda hakikatnya sudah tertipu oleh halaman palsu dari awalnya. Namun, VPN hanya menjadi perantara media internet agar koneksi anda tidak dapat di sadap siapapun dan anda juga bisa menikmati kebebasan berinternet.

Seperti apa sajakah manfaat dari VPN ini ?

Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya secara lengkap,

VPN - Adalah sebuah layanan internet yang mana memiliki fungsi untuk melindungi pengguna atau pun memberi kebebasan penggunanya agar mereka dapat mengakses situs manapun tanpa adanya hambatan seperti pemblokiran dimanapun dan kapanpun asalkan mereka memiliki koneksi internet yang stabil untuk menjangkau sistem server dari VPN. VPN sendiri adalah kependekan dari "Virtual Private Server", sesuai dengan kepanjangannya maka layanan ini memiliki server utama yang terletak pada sebuah negara tertentu sesuai pilihan pengguna VPN tersebut.

Kata private sendiri melambangkan bahwa server dari layanan vpn tidak terikat oleh badan hukum ataupun aturan sebuah negara, maka tidak heran jika server dari vpn mampu mengakses beberapa situs tanpa terikat aturan ISP dari User atau pengguna.

Di dalam internet, banyak sekali layanan yang disuguhkan kepada banyak netizen mulai dari yang paling mahal sampai dengan yang paling murah. Akan tetapi tak jarang pula ada sebuah layanan vpn yang membebaskan penggunanya dari pembayaran alias gratis, biasanya juga di dalamnya terdapat sebuah iklan atau lebih yang dapat memberikan timbal balik kepada pemilik layanan.

Jika memang pada dasarnya kita membutuhkan layanan ini maka hal ini mungkin saja tidak berlaku bagi anda apabila sangat membutuhkan. Banyaknya layanan yang tersedia di dalam internet baik itu gratis sampai berbayar ini menandakan bahwa layanan ini sangat serius dan juga memberikan banyak timbal balik dari pengguna kepada pemilik, bahkan berbagai perusahaan juga sudah menerapkan jenis koneksi layanan ini kepada para pekerja nya agar terhindar dari penyalahgunaan internet(sadap).

Berikut ini merupakan manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita menggunakan VPN saat sedang berinternetan :


1). Mengakses Sumber Daya Dari Jarak Jauh


Pada sebuah jaringan pribadi maupun jaringan publik tersebut belum tentu bisa mengakses sebuah server yang ada pada sebuah negara ataupun lembaga perusahaan, biasanya untuk bisa mengakses sebuah server maka kita membutuhkan server yang lain untuk saling berkomunikasi. Maka, VPN ini memberikan anda akses tersebut pada jaringan jenis apapun dan dimanapun anda berada.

Sehingga, meskipun anda berada di luar kota atau pun sedang di dalam kantor maka anda bisa mengakses situs, perangkat rumah tangga secara online, server pabrik, perangkat pabrik secara online dan lain sebagainya. Siapa yang tidak menginginkan kemudahan akses dimanapun dan kapanpun ? oleh karena itu bpn masih tetap digunakan oleh para pengguna layanan ini sampai kapanpun karena memiliki kemudahan untuk mengakses jaringan secara aman.


2). Melindungi Privacy Penggunanya


Bagi anda yang sering sekali mengalami kebobolan data ataupun akun yang terhack, mungkin anda menggunakan jaringan public yang tidak aman serta rentan terjadinya serangan perangkat. Jika hal ini adalah permasalahannya ? maka, yang perlu sobat lakukan adalah mencoba layanan ini agar data yang mengalir di dalam jaringan yang anda pakai meskipun jaringan umum maka data yang terkoneksi dienkripsi(diamankan) oleh server VPN dengan mengkombinasikan dengan kode yang sukar di tebak atau di acak-acak oleh seorang peretas dalam jaringan.

Terutama bagi anda yang memiliki banyak asset baik itu keuangan perbankan, maupun dokumen yang memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini biasanya yang menjadi incaran orang yang tak bertanggung jawab. So, pilihan ada ditangan anda.


3). Mengatasi Geolocation Blocking


pada sebuah negara tertentu, tidak jarang ada yang melakukan pemblokiran secara sepihak karena kurang harmonis nya hubungan antara negara tersebut. Biasanya terjadi peperangan ideologi, kepercayaan, politik, kebijakan dan lain sebagainya. Maka, yang menjadi korban adalah pengguna internet yang biasanya memiliki akses kepada situs negara lain tersebut menjadi terblokir ataupun tidak bisa diakses. Hal inilah yang dinamakan ketidak bebas-an akses internet.

Jika anda menyayangkan hal ini dan sungguh ingin mengaksesnya, dengan VPN anda bisa melewatinya sehingga kebebasan akses masih anda nikmati meskipun negara anda menolak akses warga negaranya untuk mengunjungi situs yang berada pada negara tertentu. Yang jelas, saat kita sudah terkoneksi pada layanan server VPN yang ada di di luar negeri maka pada hakekatnya kita sedang menggunakan jaringan luar sehingga tak heran apabila kita bebas mengakses situs negara yang terblokir tersebut.


4). Berguna Untuk Mengakses Situs Dan Jaringan Yang Diblokir


Pernahkah sobat mengunjungi sebuah website milik negara sendiri akan tetapi tidak diberikan akses untuk mengunjungi nya ? pasti pernah dong, biasanya anda akan dialihkan pada sebuah halaman peringatan bahwa konten tidak diizinkan. Akan tetapi hal ini tidak berlaku lagi apabila anda menggunakan layanan server VPN.

Kebanyakan diantara mereka menggunakannya untuk bermain game server luar negeri, mengunjungi situs dewasa, judi, situs departemen negara, situs sarang hacker dan lain sebagainya. Kebebasan memang nyata, akan tetapi pengguna itu sendirilah yang seharusnya tahu tentang batas penggunaan secara baik. Sehingga layanan ini bisa digunakan dengan tujuan dan etikat yang baik dengan kebebasan akses penuh kendali oleh user.


5). Menghindarkan Pengguna Dari Tindak Kejahatan Cyber Crime


Pada poin manfaat ini sangatlah penting, karena apabila kita memiliki kebebasan akan tetapi privasi kita dilanggar oleh orang lain maka hal ini merupakan kekurangan yang sangat signifikan. Dengan keamanan yang tinggi, data yang anda gunakan akan dilindungi oleh server dengan tingkat enkripsi yang tinggi untuk menjaga privacy data pengguna layanan.

Sehingga, isu yang menerangkan bahwa jaringan umum adalah jaringan yang menyeramkan itu adalah mitos. Dengan kombinasi kita menggunakan jaringan layanan VPN ini menambah kekuatan keamanan penggunaan data kita sehingga data menjadi lebih terprotect dengan baik, peretas pun akan berfikir ulang mau apa saat melihat lalu lintas data kita secara acak serta adanya enkripsi yang sulit dibaca dan diartikan oleh teknologi yang ecek-ecek.


Namun, anda perlu berhati-hati dengan Serangan Aplikasi Trojan(Spyware) maupun Remote desktop controll administrator yang sangat ampuh meski kita menggunakan internet dengan lapisan jaringan VPN, biasanya virus ini disebar melalui penyimpan awan yang disuguhkan secara instant yakni 1 klik download dan run. Jadi, harap hati-hati apabila ingin mendownload file jenis apapun meski kita memakai VPN. Karena VPN melindungi lalu lintas data bukan melindungi sistem komputer dari aplikasi yang anda jadikan administrator system.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Inilah Enam Alasan Penyebab Kuota Data Internet Smartphone Cepat Habis.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Lima Penyebab Kuota Data Internet Smartphone Cepat Habis.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments