Friday, September 7, 2018

Inilah Berbagai Jajaran Merk Handphone Yang Mudah Untuk Disusupi Malware, Apakah Smartphonemu Termasuk ?

Inilah Berbagai Jajaran Merk Handphone Yang Mudah Untuk Disusupi Malware, Apakah Smartphonemu Termasuk ?




Inilah Berbagai Jajaran Merk Handphone Yang Mudah Untuk Disusupi Malware, Apakah Smartphonemu Termasuk ? - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Pada zaman ini banyak sekali handphone yang beredar di pasaran, mulai dari harga yang termurah sampai harga yang paling mahal. Akan tetapi, tahukah bahwa ada berbagai merk handphone yang mudah sekali untuk disusupi malware terutama bagi mereka yang memiliki kerentanan yang tinggi sehingga sangat mudah untuk dipasang program tertentu yang berbahaya. Dampak yang akan terjadi apabila kita menggunakan smartphone yang sudah memiliki malware di dalamnya diantaranya adalah pencurian password, pencurian akun, pencurian rekening dan nomor kartu kredit, rendahnya privasi dan lain sebagainya.

Dikutip dari The Hacker News tentang data valid Kryptowire bahwa ada banyak sekali smartphone yang memiliki tingkat celah yang tinggi karena gampang sekali di susupi program sehingga sangat mudah untuk disadap oleh orang yang tidak dikenal.

Lihat disini, apakah smartphone anda masuk dalam daftar ?

Berikut ini merupakan daftar perangkat smartphone yang mudah untuk disadap dan disusupi malware :


1). Xiaomi


Merk handphone ini paling membawa banyak aplikasi bawaan saat dijual, permasalahan yang banyak dihadapi bahwa aplikasi bawaan tidak bisa langsung dihapus ataupun dia uninstall. Agar anda terbebas dari hacking atau spionase maka pastikan handphone anda benar-benar bersih entah anda menyuruh orang yang lebih ahli untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak terpakai.

Jika anda melihat pada smartphone anda memiliki banyak aplikasi bawaan maka sobat harus lebih hati-hati ketika menggunakan smartphone jenis ini.


2). Oppo


Ternyata vendor jenis ini juga memiliki banyak aplikasi malware pada aplikasi bawaan yang sudah terinstall, anda akan merasakan apabila ketika menggunakan smartphone sobat melihat berbagai konten yang tidak ingin sobat lihat. Berhati-hatilah karena di situ kita sedang di intai, untuk pengguna smartphone oppo ini musti berhati-hati mengenai aktivitas mencurigakan pada saat kita menggunakan nya.

Lebih aman nya kita menghapus saja aplikasi bawaan dan membersihkannya agar saat kita menggunakan nya bisa lebih nyaman dan tentram.


3). LG


Pada penelitian Kryptowire mengenai vendor ini, mereka menerapkannya pada LG G6 dan membuktikan apakah smartphone ini termasuk didalamnya memiliki kerentanan terhadap serangan sadap yang tinggi atau tidak ? Uji coba menghasilkan bahwa peretas bisa melihat logcat pada smartphone dan bisa mengontrol kunci jarak jauh sehingga pengguna tidak bisa menggunakan smartphone mereka dikarenakan telah terkunci.

Jika anda pemilik dari handphone ini maka sobat harus lebih berhati-hati tentang penggunaannya terutama pada data penting yang anda miliki, tetaplah waspada pada aktivitas yang mencurigakan.


4). Samsung


The Check Point Mobile Security Team juga melaporkan daftar merk handphone yang memiliki malware pada aplikasi bawaan, aplikasi tersebut bisa memantau dan juga menghabiskan banyak sisa ruang saat ia bekerja. Sangat disayangkan memang, padahal vendor ini merupakan salah satu produsen ponsel terbesar di dunia. Karena hal itu, ponsel ini juga termasuk memiliki potensi yang tinggi terhadap sadap dan pencurian data.


5). Asus


Asus ZenFone V Live digunakan Kryptowire untuk dilakukan pengujian tentang keberadaan aplikasi malware didalamnya, hasilnya cukup mencengangkan bahwa tak sedikit dari aplikasi bawaan yang diduga malware terdeteksi mulai dari hak akses kepada orang lain diluar seperti hacker, akses protocol, akses kamera, akses video dan pengiriman pesan.

Apabila anda pengguna dari seluler ini maka patut mencurigai apabila ada gerak-gerik yang tidak anda lakukan, apabila ada yang perlu anda lakukan segera format ulang aplikasi dan pastikan tidak ada aplikasi bawaan yang memiliki akses yang full pada perangkat.


6). Huawei


Ponsel asal tiongkok memang sedang naik daun dan digemari oleh semua banyak kalangan, mengingat harganya yang murah dan berkualitas tidak mengecewakan. Akan tetapi tahukah anda bahwa beberapa aplikasi bawaan sudah terindikasi sebagai virus malware yang tidak terdeteksi oleh smartphone itu sendiri. Apabila sobat pengguna dari ponsel ini maka anda harus berhati-hati ketika menggunakannya, tak jarang ada beberapa orang yang melaporkan telah kehilangan akun social media mereka.


7). Vivo


Ponsel ini adalah partner dari Oppo dan tak terlepas dari malware pada aplikasi bawaannya, tak sedikit juga aplikasi bawaan yang di-install(sematkan) pada smartphone ini. Yang pasti bahwa ponsel ini bukan salah satu seluler yang tangguh dari serangan spyonase jarak jauh.

Solusi terbaik adalah memastikan bagi anda untuk menghapus berbagai aplikasi yang tidak sobat butuhkan. Cara jitu tersebut mungkin bisa menghambat 50% dari tingkat kerentanan yang bisa saja datang dari orang lain yang menggunakan jaringan atau menyusup pada smartphone kita suatu saat.


8). Essential Phone


Perangkat ponsel ini yang dibesut oleh sang bapak android bernama Andy Rubin juga tak terlepas dari perangkat bawaan yang sudah terinstall pada saat mereka sedang diperjual belikan, ponsel ini dapat berpotensi menghapus secara otomatis tanpa kita yang memotori proses tersebut, sehingga data anda yang ada didalamnya akan hilang seketika tanpa harus di klik terlebih dahulu.


9). Honor


Vendor anak didikan Huawei ini juga mengandung malware berbahaya pada aplikasi bawaan yang terpasang didalamnya, menginstall aplikasi antivirus ataupun menghapus berbagai aplikasi bawaan mungkin cara yang terbaik untuk mengantisipasi data anda tersadap oleh orang lain.


10). ZTE


Kryptowire menggunakan smartphone jenis ZTE Blade Spark dan ZTE Blade Vantage untuk menguji tingkat rentan ponsel ini, dan lagi-lagi ditemukan adanya bug yang berpotensi bisa melihat data penting seperti gmail, password dan juga letak geologis handphone tersebut. Logcat loga juga dapat dilihat dengan mudah oleh peretas pada saat mereka menjalankan aksinya melalui berbagai aplikasi bawaan yang dapat mereka install pada ponsel jenis ini melalui jaringan yang sama.

Apabila anda pemilik dari smartphone ini anda patut berhati-hati ketika menggunakannya. Tidak jarang juga pengguna dari handphone ini yang menyalahgunakannya dan tertangkap oleh badan cyber karena celah pada smartphone mereka sendiri yang dapat dengan mudah dilacak oleh peretas.


11). GIONEE


Gionee merupakan salah satu produksi smartphone asal negara tiongkok yang belum begitu familiar di kalangan indonesia, akan tetapi perangkat smartphone ini juga ditengarai memiliki beragam aplikasi bawaan yang cukup berbahaya karena mengandung malware di dalamnya. Apabila anda memilikinya pastikan bahwa aplikasi bawaan tersebut tidak mengganggu anda dan memiliki hak akses lebih dari root.

Meski demikian, anda harus terus berhati-hati agar data anda tidak disalahgunakan oleh orang lain melalui aplikasi yang memang pada dasarnya ditujukan untuk kejahatan secara sengaja.


Itulah daftar berbagai handphone yang dapat disusupi oleh malware berbahaya pada smartphone nya sehingga data kita mudah sekali untuk disadap, data ini dirangkum dari berbagai sumber yang menyatakan berbagai vendor yang memiliki potensi-potensi kejahatan tersebut.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Inilah Berbagai Jajaran Merk Handphone Yang Mudah Untuk Disusupi Malware, Apakah Smartphonemu Termasuk ?.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Berbagai Jenis Merk Handphone Yang Mudah Untuk Disusupi Malware.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments