Wednesday, September 5, 2018

Inilah Enam Alasan Penyebab Kuota Data Internet Smartphone Cepat Habis

Inilah Enam Alasan Penyebab Kuota Data Internet Smartphone Cepat Habis




Inilah Enam Alasan Penyebab Kuota Data Internet Smartphone Cepat Habis - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat pastinya sudah pernah merasakan bahwa baru saja 3 hari yang lalu kita membeli kuota tapi kenapa kok sekarang sudah habis padahal pemakaiannya terkesan biasa saja dan tidak terlalu berlebihan seperti halnya menonton video streaming ataupun video call. Memang social media pada hakekatnya tidak terlalu menyerap banyak kuota akan tetapi hal berikut ini yang mungkin saja anda lakukan sehingga kuota anda cepat habis.

Namun, kebanyakan dari mereka biasanya tidak teliti apa yang mereka lakukan dan selalu menyalahkan pihak operator yang terlalu banyak menyedot kuota data pengguna. Akan tetapi alangkah baiknya kita meneliti apa yang salah pada diri kita yang menyebabkan kuota kita cepat habis sebelum menyalahkan pihak lain.

Apa sajakah yang menjadi penyebab kuota kita cepat terkuras habis ?

Berikut ini ada beberapa alasan penyebab yang bisa menyebabkan kota anda cepat terkuras,


1). Aplikasi Background Data



Adalah sebuah kondisi dimana aplikasi tidak bisa berhenti secara otomatis, hal ini pada dasarnya memang tidak diketahui oleh pengguna padahal mereka sudah menutup aplikasi saat mereka selesai menggunakannya. Karena aplikasi tersebut didesain selalu berjalan pada perangkat seluler untuk memenuhi kebutuhan notifikasi, aplikasi ini biasanya bertindak sebagai social media ataupun games sehingga anda akan mendapatkan pembaruan notifikasi. Contoh aplikasi tersebut adalah : Facebook, Twitter, Snapchat, Instagram, Clash Of Clans, Mobile Legend dan lain sebagainya.

Tak hanya aplikasi social media dan juga games, kuota anda juga dapat terserap oleh aplikasi bawaan seperti halnya gmail, aplikasi cuaca dan juga aplikasi lainnya yang mengeluarkan notifikasi setiap ada pembaruan kondisi.

Untuk mengantisipasi maka sobat sesaat sudah menggunakan aplikasi diharapkan dapat menghentikan aplikasi dengan cara fungsi "Force Stop" atau "Paksa Berhenti". Anda bisa melakukannya dengan cara menuju ke pengaturan smartphone atau dengan cara mengetuk "Recent Apps Button" yang menjadi tombol ciri khas handphone android yakni tombol garis 3 atau 4 dan biasanya terletak pada bagian bawah layar, kemudian tahan ketukan pada aplikasi yang ingin anda hentikan maka anda akan disuguhkan tombol paksa berhenti atau force stop.


2). Tethering Hotspot



Tethering hotspot pada saat ini memang cukup lumrah tidur ini pada handphone smartphone masa kini, akan tetapi sobat harus memahami terlebih dahulu bahwa perangkat kita saat sedang menyalakan hotspot maka perangkat kita tentu bekerja membagi data anda kepada perangkat lain. Kita juga tidak tahu apakah perangkat yang kita bagi koneksi tersebut memiliki suatu kondisi background aplikasi data pada penyebab ke-1 diatas atau tidak. Jika perangkat yang kita bagi koneksi memiliki berbagai macam background aplikasi data yang berjalan maka, hal ini menjadi masalah yang dapat menyerap kuota anda lebih banyak dari biasanya bahkan 10 kali lipat.

Jika memang hal ini sudah jalan untuk berbagai kuota pada teman, pacar, saudara ataupun sahabat maka langkah yang baik adalah batasi maksimal jumlah pengguna hotspot untuk orang yang akan anda bagi internet data via hotspot tersebut, jika anda tidak paham mengenai hal ini maka cara yang paling mudah adalah memberi keamanan password pada hotspot sehingga hanya orang tertentu saja yang dapat terkoneksi pada hotspot anda.


3). Download Media Otomatis



Mungkin ada sebagian dari sobat yang tidak sering otak-atik pengaturan pada whatsapp atau aplikasi lainnya sehingga tidak mengetahui tentang fitur ini, fitur ini didesain oleh pembuatnya yang berguna untuk mengunduh secara otomatis media yang ada pada aplikasi baik itu gambar, video maupun animasi. Tetapi yang pasti fitur ini selalu otomatis mengunduh media secara otomatis ketika program aplikasi dijalankan oleh pengguna.

Maka untuk mengantisipasi unduhan secara otomatis kepada berkas yang dirasa memang tidak dibutuhkan atau tidak terlalu penting tersebut dengan cara mematikan fitur tersebut, akan tetapi jangan khawatir karena anda bisa melakukan secara manual ketika anda ingin mendownload data. Selain itu fitur ini juga mengantisipasi penumpukan berkas pada memori kita yang dapat menyebabkan memori penuh karena fitur download data berkas secara otomatis.

Disable fitur download media otomatis dapat anda lakukan pada menu setting yang disediakan oleh whatsapp pada aplikasinya.


4). Telepon Dan Video Call



Aplikasi yang didesai dapat melakukan telepon maupun video call pada pengguna aplikasi yang lain tersebut sebenarnya menyedot banyak kuota, karena untuk melakukan hal ini aplikasi dituntut untuk merender grafik dari kamera depan aplikasi lawan bicara. Sehingga hal ini sama saja kita dengan melakukan streaming video pada website ataupun sebuah aplikasi, kuota yang disedot pun tidak main-main bisa sampai puluhan bahkan ratusan killo byte perdetiknya.

Apabila anda tidak menginginkan kuota anda ludes ataupun habis maka sobat harus menahan agar tidak melakukan atau menggunakan fitur ini secara berlebihan setiap hari dalam jangka waktu penggunaan yang lama.


5). Fitur Pembaruan Aplikasi



Selain itu, pembaruan sistem aplikasi untuk mengupgrade versi lama menjadi baru melalui play store juga menjadi penyebab cepatnya tersedot kuota kita. Hal ini terjadi karena pada saat ada pemberitahuan tentang upgrade aplikasi maka kita dituntut untuk mengunduh versi yang terbaru oleh play store secara otomatis tanpa kita harus menuju ke play store, sehingga upgrade aplikasi ini bisa berjalan secara otomatis ketika data kita terdeteksi oleh play store. Maka ketika kita menggunakan smartphone dan tidak melihat notifikasi yang ada secara otomatis handphone dipaksa untuk mengunduh pembaruan aplikasi yang tentunya tidak memakan sedikit kuota.

Untuk menonaktifkan fitur ini maka sobat dapat melakukannya pada settingan pada aplikasi playstore agar menolak pembaruan pada semua aplikasi.


6). Video Streaming



Semua orang sudah tahu tentang vitur yang kerap menjadi hiburan pengguna perangkat handphone maupun PC ini, hiburan ini memang digemari oleh berbagai kalangan baik muda sampai kalangan tua. Karena fitur ini menyuguhkan berbagai hiburan yang bisa dinikmati oleh mata pengguna, melihat video merupakan sebuah dokumen yang besar maka penggunaan video streaming tentunya memakan banyak data untuk memproses request vidio.

Akan tetapi, video player streaming biasanya menyediakan fitur untuk memilih jenis video apa yang diinginkan oleh pengguna. Fitur tersebut memiliki fungsi untuk mengatur kualitas gambar yang akan ditonton, anda dapat memilih kualitas gambar video yang rendah agar data anda tidak tersedot berlebihan. Sehingga kuota sobat tidak cepat terkuras habis dan masih tetap bisa menikmati konten layanan streaming, akan tetapi kekurangannya yaitu kualitas gambar yang rendah mengurangi tingkat kerapatan gambar pada video(tingkat kejelasan) dan anda harus memahami hal ini.

Alternatif yang bisa anda tempuh apabila memang sobat benar-benar ingin menonton video streaming atau drama video yang berdurasi hingga berjam-jam tersebut sobat bisa memanfaatkan warnet yang memiliki koneksi stabil dan juga tanpa batas kuota, setelah video streaming terdownload maka sobat bisa menikmatinya di rumah pada lain waktu.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Inilah Enam Alasan Penyebab Kuota Data Internet Smartphone Cepat Habis.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Enam Penyebab Kuota Data Internet Smartphone Cepat Habis.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments