Friday, September 7, 2018

Kurs Rupiah Menyentuh 15.000, Pabrik Produsen Ponsel Lokal Ketar-Ketir

Kurs Rupiah Menyentuh 15.000, Pabrik Produsen Ponsel Lokal Ketar-Ketir




Kurs Rupiah Menyentuh 15.000, Pabrik Produsen Ponsel Lokal Ketar-Ketir - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Kurs IDR(Indonesian Dollar Rupiyah) sudah mencapai keterpurukan harga yang merosot jauh, hal ini bukan berarti tidak mempengaruhi tentang bisnis dan perdagangan di negara indonesia. Terutama pada sektor produsen smartphone lokal indonesia(Evercoss). Karena sekarang harga nilai tukar United State Dollar (USD) terhadap rupiah semakin melonjak hingga terpantau melewati angka Rp. 15.000,- Rupiah, hal ini tentu saja memberatkan para pelaku perdagangan yang bertindak sebagai produsen lokal tak terkecuali handphone seluler.

Fenomena ini terjadi mulai dari awal februari 2018 lalu, hingga kini sudah mencapai titik yang terpuruk karena jauh melampaui nilai wajar tukar mata uang indonesia yang tak lebih dari 2.000 rupiah penurunan.

Kurs Rupiah - Sebelumnya kurs stabil indonesia pada tahun 2016 pada nilai Rp. 13.000,-. Sedangkan nilai tukar adalah sebuah peraturan internasional yang menetapkan harga setiap nilai terhadap mata uang seluruh dunia kepada USD(Titik utama), apabila nilai tukar mata uang sebuah negara mengalami kemrosotan maka hal tersebut harus diteliti oleh badan menteri ataupun pemerintahan karena ekonomi sebuah negara salah satu dampak dari nilai tukar juga adalah para pelaku bisnis akan mengalami kerugian yang tidak sedikit jika kemrosotan terus terjadi dan sangat tajam.

Head of Marketing Communication Evercoss, Suryadi Willim mengaku bahwa :
" Lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar berpengaruh terhadap harga ponsel yang akan keluar berikutnya, hal ini terjadi karena suku cadang yang kita gunakan masih bergantung dari vendor luar dan itu menggunakan sistem tukar mata uang dolar, suku cadang tersebut adalah chipset dan juga baterai. " Ujar Suryadi pada SINDOnews, Sabtu 1 September 2018.

Hal ini juga turut bersaing dengan produk vendor luar yang berasal dari tiongkok dan juga eropa, karena mereka terus melakukan banting harga pada produk masing-masing mereka untuk mendapatkan minat para pembeli. Sedangkan indonesia masih dihantui oleh nilai tukar mata uang yang turut menjadi alasan produk yang mereka buat tidak dapat bersaing secara penuh seperti biasanya dengan vendor yang lain.

"Keadaan ini juga menjepit sistem perdagangan indonesia karena di satu sisi harga komponen slender luar negeri naik harga sedangkan produksi kita tidak mampu menaikkan harga lebih dari perkiraan." Pungkas Suryadi.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani turut menanggapi melemahnya rupiah terhadap dolar di bulan ini yang mengalami pelemahan hingga mencapai level terpuruknya yakni Rp. 15.000,- (per-USD).

Ketika dimintai keterangan, Sri Mulyani menanggapi :
" Kami terus mengawasi perkembangan maupun pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar, kami juga tetap waspada pelemahan nilai tukar tersebut." Ujar Menkeu di Jakarta.


Baca juga lainnya :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Kurs Rupiah Menyentuh 15.000, Pabrik Produsen Ponsel Lokal Ketar-Ketir.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Kurs Rupiah Rp. 15.000, Pabrik Produsen Ponsel Lokal Ketar-Ketir.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments