Monday, November 5, 2018

Cara Import Assets Kedalam Unity, Meletakan Kedalam Editor Dan Mengatur Posisi Object

Cara Import Assets Kedalam Unity, Meletakan Kedalam Editor Dan Mengatur Posisi Object




Cara Import Assets Kedalam Unity, Meletakan Kedalam Editor Dan Mengatur Posisi Object - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sebelumnya sobat pastinya sudah membaca dan mempelajari tentang cara untuk mengoperasikan aplikasi unity dan juga membuat project baru yang akan kita kerjakan nantinya hingga sampai menjadi sebuah game.

Sebelum kita memproses Assets dan juga objek yang akan ditempatkan pada sebuah game maka alangkah baiknya kita mempelajari terlebih dahulu apa itu yang disebut Assets dan juga object.

Seperti apakah itu bentuk Assets dan juga Object ?

Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya lebih banyak,

Assets - Adalah sebuah perkakas ataupun peralatan yang digunakan di dalam proyek guna membentuk sebuah objek tertentu yang akan kita gunakan untuk menghias desain game, biasanya assets berbentuk mentahan gambar yang dapat anda susun ke dalam editor untuk anda design sesuai dengan keinginan pembuatnya. Apabila anda tidak ingin bersusah payah membuat assets biasanya anda dapat menggunakan assets secara gratis dengan cara mendapatkannya secara online, namun asset yang didapatkan secara online dan gratis biasanya berbentuk umum dan sudah cukup familiar oleh semua orang misalkan zombie, burung, robot dan juga dinosaurus. Sehingga apabila anda ingin memiliki karakter atau desain tertentu sesuai keinginan maka anda dapat menggunakan aplikasi photoshop guna membuat desain sesuai dengan keinginan.

Untuk Assets versi gratis dapat anda peroleh dengan mengunjungi website dibawah ini secara gratis 100% :

Free Assets 2D Game Object : KLIK DISINI

Setelah sobat mendapatkan perkakas yang sobat inginkan maka proses selanjutnya adalah memasukkan kaset tersebut kedalam editor ataupun project, berikut ini adalah cara mengimpor assets ke dalam project :


1. Import Assets Kedalam Unity


  • Pertama, Klik pada toolbar "Assets" yang memiliki kumpulan alat untuk mengatur tentang keperluan asset.
  • Kedua, Klik "Import New Assets" yang memiliki fungsi untuk memasukkan aset baru ke dalam project, kemudian pilihlah gambar satu atau lebih yang nantinya akan anda masukkan sesuai dengan keinginan anda sebelumnya.
  • Ketiga, Jika sudah maka akan terpampang berbagai gambar yang sudah anda masukkan seperti pada nomor ketiga.


2. Meletakan Kedalam Editor


Cara ini sebenarnya cukup simpel yakni dengan cara hanya menge-drag(klik kiri tahan) dari gambar asep menuju ke tap editor. Berikut ini adalah gambar penjelasnya :


Setelah gambar masuk kedalam editor maka secara otomatis akan masuk ke dalam tap hirarki project di bagian kiri.

Berikut ini adalah langkahnya sesuai dengan gambar diatas :
  • Pertama, Drag gambar kedalam editor.
  • Kedua, Maka Assets akan sampai kedalam editor dan menempati posisi yang diinginkan oleh anda.
  • Ketiga, Secara otomatis tanpa anda lakukan maka objek yang sudah anda drag tersebut akan terbackup secara otomatis kedalam hirarki. Jika anda menghapus objek maka hirarki juga menghilang, begitu juga dengan hirarki maka objek akan menghilang. Sehingga kedua komponen ini saling ketergantungan dan berkaitan satu sama lain.


3. Mengatur Posisi Object


Pada step ini sobat akan dihadapkan pada tools yang memiliki fungsi untuk menggerakkan atau mengubah ukuran dari pada objek itu sendiri sehingga dapat berubah posisi ataupun ukuran objek, hal ini sangat penting bagi anda guna merubah ukuran objek dan juga menempatkan objek ke sebuah posisi tertentu adat tab editor. Berikut adalah cara, keterangan beserta gambarnya :

  • Pertama, adalah sebuah alat yang berbentuk seperti telapak tangan yang memiliki fungsi untuk menggerkkan posisi editor sehingga pemandangan anda ke dalam editor menjadi lebih enak karena sesuai dengan keinginan anda.
  • Kedua, adalah sebuah alat yang berbentuk simbol pergeseran pada umumnya yang memiliki fungsi untuk menggeser objek ke posisi tertentu baik itu atas, bawah, samping kiri dan samping kanan.
  • Ketiga, adalah sebuah alat yang memiliki simbol seperti perputaran anak panah yang memiliki fungsi untuk mengubah posisi rotasi perputaran lokal pada objek yang diseleksi.
  • Keempat, adalah sebuah alat yang memiliki simbol seperti memperluas sebuah bangun yang memiliki fungsi untuk memperbesar ataupun memperkecil sebuah objek.
  • Kelima, adalah sebuah alat yang memiliki simbol persegi dengan memiliki lingkaran kecil di tengahnya yang memiliki fungsi untuk memperlihatkan titik tengah pada sebuah objek yang diseleksi.


Tambahan : Pada setiap objek atau bangun pastinya akan memiliki transform yang memiliki informasi posisi, rotasi dan sekala luas yang dimiliki pada objek tersebut. Transform secara default berada di sisi kanan tab editor yang memiliki fungsi untuk mengetahui informasi tata letak sebuah objek yang anda seleksi.



Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Import Assets Kedalam Unity, Meletakan Kedalam Editor Dan Mengatur Posisi Object.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Import Assets Kedalam Unity, Meletakan Kedalam Editor Dan Mengatur Posisi Object.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments