Tuesday, November 6, 2018

Cara Memberi Efek Gravitasi Dan Tabrakan Objek Karakter Pada Game Di Unity 3D

Cara Memberi Efek Gravitasi Dan Tabrakan Objek Karakter Pada Game Di Unity 3D





Jokam-Informatika.com - Sobat mungkin sudah tidak asing dengan istilah gravitasi terutama pada bumi di waktu pelajaran sekolah bangku dasar, lebih tepatnya massa sebuah benda mempengaruhi jatuhnya objek tertentu menuju ke bawah yaitu tanah dengan melawan arus daripada massa udara itu sendiri.

Nah, metode ini juga diterapkan pada aplikasi ini untuk membentuk sebuah fungsi kepada karakter atau benda objek lainnya yang ada di dalam game agar bisa jatuh layaknya gravitasi yang ada di bumi terhadap benda padat.

Lalu, bagaimanakah cara memberikan efek gravitasi terhadap karakter didalam game ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih banyak,

RigidBoody 2D - Adalah salah satu fungsi tools yang ada di dalam aplikasi unity 3D untuk memberikan efek gravitasi pada objek yang diseleksi dan diberi option ini. Pada dasarnya semua objek tidak memiliki option ini dan hanya memiliki option dasar posisi dan juga bentuk dari komponen, maka apabila anda ingin menambahkan opsi ini agar objek yang anda kehendaki bisa jatuh ketika game sedang dimainkan terutama untuk karakter utama pada game yang biasanya makhluk hidup dan memiliki gravitasi pada tubuhnya.

Sedangkan tabrakan sendiri bukan berarti dua atau lebih kendaraan yang saling beradu kepala, akan tetapi dua atau lebih objek yang saling bertabrakan sehingga menimbulkan tolakan pada kedua atau lebih objek tersebut dan hal ini biasanya menggunakan metode tools "Collider". Tanpa adanya Collider maka dua atau lebih objek tidak dapat melakukan tabrakan dan biasanya akan menembus ketika akan terjadi tabrakan, sedangkan bentuk dari collider sendiri beraneka ragam mulai dari persegi, lingkaran, kapsul dan juga lain sebagainya.

Untuk menerapkannya metode ini ke dalam project kalian maka sobat bisa melakukannya seperti berikut ini :


1. Memberi RigidBoody 2D Pada Objek Karakter 2 Dimensi


Apabila sobat sebelumnya sudah mengimpor asset ke dalam project dan menge-drag assets kedalam editor tab sehingga menjadi objek maka sobat bisa menerapkan opsi ini ke dalam objek karakter yang sobat miliki. Berikut ini merupakan caranya :
  • Pertama, Pastikan sahabat sudah menyeleksi karakter yang sobat inginkan misalkan pemeran utama ataupun musuh dari karakter dan juga benda-benda yang membutuhkan gravitasi tentunya.
  • Kedua, Pilihlah "Add Component".

  • Ketiga, Jika sudah maka pilihlah "Physics 2D".

  • Keempat, Kemudian pilih "RigidBoody 2D".

  • Kelima, Maka nantinya opsi atau komponen RigidBoody akan masuk ke dalam karakter atau objek yang sobat seleksi. Jangan lupa untuk mencentang posisi sumbu "Z" agar posisi RigidBoody dari karakter tetap stabil tegak(freeze) dan tidak menggelinding ketika dijalankan.


Menembus objek tanah dan menghilang alias jatuh kebawah ?

Sebenarnya ada komponen yang harus dimiliki agar posisi daripada karakter atau objek benda jatuh tertahan atau tertabrak pada objek lain seperti tanah. Maka untuk menerapkannya anda harus menambahkan komponen berikut ini kedalam karakter juga objek tanah pula.


2. Collider Objek


Seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya di atas bahwa fungsi komponen ini diperlukan untuk menangani tabrakan atau penahanan sebuah objek agar tidak menembus objek lainnya seperti halnya gravitasi ataupun tabrakan. berikut ini adalah caranya :
  • Pertama, Pastikan sahabat sudah menyeleksi karakter yang sobat inginkan misalkan pemeran utama ataupun musuh dari karakter dan juga benda-benda yang mengalami tabrakan dengan berbagai objek.
  • Kedua, Pilihlah "Add Component".

  • Ketiga, Jika sudah maka pilihlah "Physics 2D".

  • Keempat, Kemudian sobat akan disuguhkan dengan berbagai komponen collider yang saya beri kotak merah dibawah ini, kemudian pilihlah sesuai dengan karakteristik objek yang sobat miliki misalkan apabila bentuk objek sobat lingkaran maka penggunaan yang cocok adalah circle(lingkaran), persegi cocok dengan box dan lain sebagainya.

  • Kelima, Maka nantinya objek akan masuk ke komponen dan terpampang pada inspector di bagian kanan editor seperti halnya RigidBoody sebelumnya.


Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Memberi Efek Gravitasi Dan Tabrakan Objek Karakter Pada Game Di Unity 3D.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Memberi Efek Gravitasi Dan Tabrakan Objek Karakter Di Unity 3D.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments