Tuesday, November 6, 2018

Cara Membuat Animasi Karakter Game Pada Aplikasi Unity 3D

Cara Membuat Animasi Karakter Game Pada Aplikasi Unity 3D




Cara Membuat Animasi Karakter Game Pada Aplikasi Unity 3D - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat mungkin sudah tidak asing dengan istilah animasi pada sebuah game, baik itu animasi karakter objek ataupun film dari sebuah game tersebut. Nah, pada game 2 dimensi animasi juga digunakan untuk keperluan pergerakan sebuah player ataupun pemain karena tanpa adanya pergerakan ataupun sebuah animasi maka game tersebut dapat dinilai sangat hambar atau begitu membosankan bagi penggunanya.

Animasi sendiri didesain untuk memberikan sebuah tampilan yang cukup menarik karena adanya pergerakan sebuah objek pada bagian tertentu hingga keseluruhan bagian komponen. Adapun pembuatannya memang terbilang cukup rumit karena harus menggabungkan beberapa frame ataupun objek gambar hingga terbentuklah sebuah gerakan atau kita lebih mengenalnya dengan istilah animasi.

Bagaimanakah cara membuat animasi karakter pada game 2D Aplikasi Unity 3D ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih banyak tentang cara pembuatannya,

Animator - Adalah sebuah editor khusus untuk pembuatan animasi yang bisa anda gunakan di dalam aplikasi Unity 3D, editor khusus ini juga dapat diterapkan untuk membentuk sebuah gerakan animasi pada game 3 dimensi. Animasi sangat dibutuhkan untuk menggerakan benda ataupun pemain ketika dalam keadaan tertentu baik itu musuh ataupun benda hidup, tak terkecuali pemain utama ataupun player itu sendiri.

Untuk tahap proses editing membutuhkan waktu yang tidak singkat karena membutuhkan kesabaran yang extra di dalam pembuatannya, namun bagi anda yang sudah cukup ahli biasanya hal ini tidak berlaku di dalam proses pengerjaan tersebut bisa sangat singkat bahkan cepat. Namun tenang saja karena banyak orang yang sudah ahli biasanya dimulai dari belajar terlebih dahulu sebelum mereka benar-benar menguasai nya, berikut ini merupakan tutorial dalam pembuatan animasi karakter pemain pada game 2 dimensi di aplikasi unity 3D :


Pembuatan Animasi Karakter 2D


Sebelum kita melakukan tutorial ini pastikan bahwa tanah ataupun dasar dari game sudah diberi "Collider" sehingga nantinya karakter bisa tertahan di atas tanah, begitu pula dengan karakternya. Namun, alangkah baiknya sobat sudah membuat jalan yang panjang dan juga keadaan lingkungan yang cukup bagus dengan memasukkan berbagai obyek yang mendukung agar suasana lingkungan lebih indah seperti pohon, batu ataupun kayu.

Jika hal diatas sudah sobat lakukan maka tutorial bisa sobat jalani berikut ini dengan baik :
  • Pertama, Siapkan gambar yang lebih dari 5 dan memiliki bentuk seperti karakter melompat(Saat ini kita fokus ntuk membuat animasi pocong melompat). Seperti gambar berikut ini :

  • Kedua, Jika gambar sudah siap maka drag bagian gambar dari windows explorer ke dalam project kita, nantinya kita akan menggunakan gambar tersebut untuk membuat animasi. Seperti gambar berikut ini :

  • Ketiga, Jika sudah maka (1). Klik toolbar "Windows" kemudian (2). Klik "Animation". Seperti gambar berikut ini :

  • Keempat, Kemudian anda akan disuguhi dengan tab animasi editor. Akan tetapi agar animasi editor dapat digunakan maka sobat harus (1). Menyeleksi objek atau karakter yang ingin diberi animasi. (2). Barulah kemudian klik "Create" untuk membuat fungsi animasi pada animasi editor. (3). Kemudian akan terbuka popup tap yang berguna untuk menentukan lokasi fungsi animasi disimpan dan berilah nama sesuai dengan keinginan anda. (4). Apabila dirasa sudah seperti yang anda inginkan maka klik "Save".

  • Kelima, Saat itu anda harus (1). Menge-drag gambar dari project sebelumnya yang sudah sobat isikan gambar lebih dari 5 untuk didrag kedalam animasi editor, untuk jarak dan waktu sesuai dengan keinginan sobat. (2). Adalah beberapa tools yang dapat anda gunakan untuk memutar atau pun menghentikan animasi yang sudah anda rancang di dalam animasi editor.



Mudah sekali bukan ?

Sebenarnya ada beberapa tutorial lagi yang harus anda persiapkan untuk mendukung pergerakan animasi karakter terhadap script yang nantinya akan kami bahas di tutorial selanjutnya. Pada tutorial selanjutnya akan kami bahas tentang penerapan tipe data Boolean yang berisi data hanya "true" dan "false", tentunya keduanya berperan penting dalam hal menghentikan atau menjalankan sebuah animasi yang sudah kita buat termasuk dalam hal delay ataupun tempo waktu pada pergerakan atau efek animasi.


Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Membuat Animasi Karakter Game Pada Aplikasi Unity 3D.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Membuat Animasi Karakter Game Pada Aplikasi Unity 3D.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments