Sunday, November 4, 2018

Cara Membuat Game 3D & 2D Dengan Mudah Untuk iOs, Android, Blackberry Dan Komputer Secara Gratis

Cara Membuat Game 3D & 2D Dengan Mudah Untuk iOs, Android, Blackberry Dan Komputer Secara Gratis




Cara Membuat Game 3D & 2D Dengan Mudah Untuk iOs, Android, Blackberry Dan Komputer Secara Gratis - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Sobat membaca judulnya saja mungkin sudah sangat penasaran bukan ? karena di sini saya akan menjelaskan dan juga memberikan tutorial cara mudah membuat sebuah permainan dengan mudah untuk berbagai perangkat yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk berkomunikasi. Selain untuk berkomunikasi, manfaat perangkat elektronik salah satunya yang paling banyak digunakan oleh kaum milenial adalah untuk digunakan sebagai media penghilang bosan yaitu dengan cara memainkan berbagai permainan yang mereka gemari.

Nah, pada umumnya banyak orang yang berfikiran bahwa untuk membuat beberapa permainan dibutuhkan skill pengkodean yang tinggi akan tetapi ternyata hal tersebut bisa dengan mudah kita patahkan karena di zaman yang modern ini semuanya serba dimudahkan bahkan sampai dalam hal pembuatan game. Namun, apabila anda ingin mempelajarinya lebih banyak maka saya memberikan bocoran bahwa agar kita bisa membuat sebuah game maka dibutuhkan kreativitas grafis yang tinggi dalam hal multimedia karena nantinya kita dituntut untuk membuat sebuah desain dan juga gerakan animator dari desain yang sudah kita buat.

Untuk logikanya memang memanfaatkan kode namun saya rasa hanya sedikit, sekitar 10% s/d 25% saja skill pengkodean dipakai apabila perbandingan jumlah package dan juga koding kita bandingkan karena tutorial saya berbeda dengan android studio yang hampir 85% sumber aktifitas aplikasinya Java coding.

Tahukah anda, sebuah permainan ternyata bisa menghasilkan profit yang besar. Salah satu contohnya adalah seorang kuli panggul mampu membuat sebuah permainan edukasi anak-anak, sedangkan omset yang didapatkan dari iklan Google AdMob yang ia pasangkan kedalam aplikasi bukan main-main dari puluhan juta hingga ratusan juta perbulannya.

Penasaran bagaimanakah cara membuat game kita sendiri dan meng-uploadnya kedalam playstore ?
Apa sajakah properti yang kita butuhkan ?

Simak ulasan berikut ini untuk mempelajarinya lebih banyak,

Permainan Game - Adalah hal yang tidak asing di telinga kita baik itu anak-anak, orang dewasa, ibu-ibu maupun orang yang sudah tua. Pastinya mengetahui dari kata permainan atau game tersebut mereka dapat mengambil kesimpulan bahwa hal tersebut adalah sebuah aplikasi yang dapat menyuguhkan sebuah hiburan kepada penggunanya ketika mereka sedang dalam keadaan bosan dan juga butuh hiburan. Didalam permainan ada berbagai fitur yang ditampilkan di antaranya adalah menu, tombol, suara, animasi, film dan juga trik-trik tertentu. Sedangkan game sendiri dibedakan menjadi berbagai jenis permainan diantaranya adalah game action, game FPS, game adventure, game arcade, ball game, quiz game dan lain sebagainya.

Game atau permainan sendiri juga sudah diterapkan dan juga digunakan oleh berbagai jenis perangkat elektronik seperti handphone/smartphone, notebook, laptop dan juga tv. Dukungan ini pastinya akan membuat aplikasi anda lebih menjangkau banyak orang di dunia mengingat banyak perangkat elektronik yang dijual bebas serta harga yang relatif murah ditawarkan oleh pasar. Maka kesempatan anda untuk mendapatkan banyak pengguna atau penikmat aplikasi milik anda akan semakin tinggi dan juga profit yang akan anda dapatkan juga berbanding lurus dengan jumlah pengguna yang menggunakan aplikasi milik anda.

Sebelum itu alangkah baiknya terlebih dahulu kita mempelajari tentang apa saja dasar yang harus diketahui sebelum kita membuat sebuah permainan, berikut ini adalah pengetahuan mendasar dan penting :


1. Scene


Adalah sebuah tempat dan juga ruang di dalam aplikasi yang berguna untuk mendesain apa saja yang kita gunakan pada saat ingin membuat bentuk atau tampilan dari permainan itu sendiri, di dalamnya kita akan dihadapkan oleh tiga sumbu yaitu sumbu (X, Y dan Z) untuk 3 Dimensi dan dua sumbu (X dan Y) untuk desain 2 Dimensi.

Fungsi sumbu 3D :
  • X untuk mewakili bentuk desain ke-kanan.
  • -X untuk mewakili bentuk desain ke-kiri.
  • Y untuk mewakili bentuk desain maju.
  • -Y untuk mewakili bentuk desain mundur.
  • Z untuk mewakili bentuk desain ke arah atas.
  • -Z untuk mewakili bentuk desain ke arah bawah.

Fungsi sumbu 2D :
  • X untuk mewakili bentuk desain kanan/panjang.
  • -X untuk mewakili bentuk desain kiri/pendek.
  • Y untuk mewakili bentuk desain atas/lebar.
  • -Y untuk mewakili bentuk desain bawah/ciut.

Scene sendiri memiliki berbagai bentuk yang dapat anda gunakan untuk membuat berbagai bentuk pola mulai dari kubus, bola, tabung, kapsul dan lain sebagainya untuk editor 3 dimensi. Sedangkan untuk editor 2 dimensi anda juga dapat menggunakan persegi, lingkaran, segitiga, pentagon dan lain sebagainya.


2. Project


Adalah sebuah perkakas atau sumber scene bisa terbentuk, perumpamaan yang cocok yakni apabila scene itu bakso yang kita olah sampai matang maka project adalah bumbu rempah-rempah, air dan juga tepung untuk mendukung pembuatan bakso tersebut. Maka sumber daya project di dalamnya berupa file gambar ataupun, script, folder dan lain sebagainya.

Dengan adanya fungsi ini maka, apabila anda sudah tidak memiliki waktu untuk melanjutkan proyek pembuatan aplikasi milik anda maka anda bisa melanjutkan nya di lain waktu dengan cara membuka project yang sebelumnya sudah kita rancang. Layaknya dokumen Office, yakni sebelum kita meninggalkan project yang sudah kita buat kita harus menyimpannya terlebih dahulu agar tahap editing terakhir kali yang kita lakukan tidak hilang dan dapat tersimpan dengan baik sehingga di lain waktu kita bisa melanjutkan nya kembali.


3. Koding


Pada sebuah permainan ataupun aplikasi apa saja pastinya membutuhkan logika untuk dapat bergerak dan juga beroperasi, dengan pemanfaatan coding maka kita bisa mengatur objek yang sudah kita buat ataupun desain bentuk agar dapat berjalan dan juga berkomunikasi dengan objek yang lain untuk melakukan sebuah fungsi dan juga aktivitas di dalam aplikasi permainan itu sendiri.

Software yang akan kita bahas ini memili dukungan koding 2 jenis yakni :
  1. C# (CSharp)
  2. Javascript

Namun tenang saja, untuk permainan yang tidak memiliki tingkat kesulitan yang tinggi atau permainan sederhana kita maka coding yang diterapkan juga tidak terlalu panjang dan sulit. Untuk berjalan saja kita membutuhkan tak lebih dari 15 baris perintah koding saja, sangat efisien bukan ?.


Itulah ke-tiga pengetahuan dasar yang dapat kita ketahui sebelum kita menuju ke dalam pembahasan untuk cara membuat game dengan mudah untuk iOs, Android, Blackberry Dan Komputer Secara Gratis.


Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Membuat Game 3D & 2D Dengan Mudah Untuk iOs, Android, Blackberry Dan Komputer Secara Gratis.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Membuat Game 3D & 2D Dengan Mudah Untuk iOs, Android, Blackberry Dan Komputer.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments