Wednesday, November 28, 2018

Cara Membuat Rotasi Object Koin Memutar Pada Aplikasi Unity 3D

Cara Membuat Rotasi Object Koin Memutar Pada Aplikasi Unity 3D




Cara Membuat Rotasi Object Koin Memutar Pada Aplikasi Unity 3D - JOKAM INFORMATIKA

Jokam-Informatika.com - Bagi sobat yang pernah memainkan permainan super mario pastinya sudah tidak asing dengan metode ini, metode rotasi objek dipakai untuk membuat efek objek berputar menjadi berputar 360 derajat.

Hal ini membuat tampilan permainan atau game akan semakin hidup. Selain itu penerapan coding dan pengimplementasian nya pada objek juga terbilang sangat mudah lho... karena tidak memanfaatkan banyak perintah coding. Bahkan anda dapat melakukannya kurang dari 1 menit.

Lalu, bagaimanakah cara membuat rotasi object koin ?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya tutorial beserta kodingnya.

Rotasi - Merupakan salah satu fungsi yang pernah kita pelajari pada saat bangku sekolah pada pelajaran ilmu pengetahuan alam, fungsi rotasi diimplementasikan pada bumi yang selalu berputar pada porosnya. Hal ini juga dipakai pada aplikasi unity dalam membuat sebuah objek dapat berputar dan berotasi layaknya seperti bumi. Perputaran rotasi dapat dikatakan sempurna apabila dapat berputar tidak kurang dari 360 derajat, sedangkan objek koin tentunya harus diam di tempat karena merupakan objek atau benda mati.

Berikut ini adalah tutorial beserta codingnya :
  • Pertama, pada saat anda pada project maka, (1). Klik kanan pada ruang yang kosong pada project. (2). Pilih "Create". (3). Kemudian pilih script jenis "C# Script".

  • Kedua, pada saat file sudah dibuat maka beri nama pada file dengan nama "Rotate_Coin".
  • Ketiga, kemudian dobel klik atau buka file untuk mengedit coding yang ada di dalamnya, lalu masukan koding yang ada dibawah ini kedalamnya :
  • 
    using System.Collections;
    using System.Collections.Generic;
    using UnityEngine;
    
    public class Rotate_Coin : MonoBehaviour {
    
     void Start () {
    
     }
    
     void Update () {
      transform.Rotate (
       0,
       4,
       0
      );
     }
    
    }
    
  • Keempat, jangan lupa untuk menyimpan coding dengan cara " CTRL + S " agar coding tersimpan dan terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.
  • Kelima, setelah semua langkah diatas sudah anda terapkan maka kembalilah ke dalam aplikasi unity lalu, (1). Pilih script yang sebelumnya sudah kita buat pada langkah di atas, (2). Kemudian drag pada bagian yang kosong bagian inspektor (kanan) atau pada objek koin (atas). Kedua cara ini pada hakikatnya tetap masuk ke dalam objek koin yang kita seleksi.


Apabila sudah, maka sobat bisa mencobanya dengan cara memainkan atau memutar game saat itu juga.


Cukup mudah bukan ?


Artikel terkait :



Mungkin itu yang dapat saya sampaikan didalam artikel saya yang berjudulkan Cara Membuat Rotasi Object Koin Memutar Pada Aplikasi Unity 3D.
Semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi anda maupun orang lain yang ingin mengetahui tentang Membuat Rotasi Object Koin Memutar Pada Aplikasi Unity 3D.
Sekian dan terimakasih.




PERLU DIKETAHUI


Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya sudah diatur oleh Pihak Google, kami hanya menyediakan tempat kosong khusus untuk iklan dari Google. Maka, apabila ada iklan yang dirasa kurang baik bagi anda sehingga tidak seharusnya ditampilkan, harap segera menginformasikan hal tersebut kepada kami dengan melalui Formulir Kontak yang ada di bagian bawah sendiri pada situs ini. Kemudian, kami akan segera menyampaikannya pada pihak Google terkait masalah tersebut.
Laporan dapat anda sertakan lampiran :
  • Nama Iklan
  • Alamat Screenshoot(Gambar) Iklan


Load Disqus Comments Hide Disqus Comments